Menghitung Rumus KVA Ke Watt dan Kilowatt (Kwh)

2 min read

1 KVA Berapa Watt?☑️ Pembahasan lengkap konversi satuan KVA ke watt, Kilowatt (kWh) dan sebaliknya + contoh soal cara menghitungnya☑️

KVA merupakan salah satu satuan yang digunakan untuk menghitung nilai listrik. Tidak banyak yang tahu soal KVA, sebab satuan nilai yang banyak digunakan adalah watt atau volt.

Namun bukan berarti KVA tidak layak dipelajari, berikut adalah rincian terkait dengan KVA dan perhitungannya dengan satuan kelistrikan watt.

Persamaan KVA dan Watt

konversi kva ke watt

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, 1 KVA sama dengan 1000 VA, namun tidak berarti jumlahnya seribu watt. Pemakaian berbagai peralatan elektronik akan menghasilkan induksi magnetic. Induksi ini nantinya akan menimbulkan daya reaktif, bisa juga malah menghilangkan dayanya.

Semakin banyak penggunaan komponen listrik yang menghasilkan induksi magnetic, maka semakin besar pula daya reaktif yang nantinya akan digunakan. Jadi melihat bahwa 1 KVA sama dengan seribu watt adalah salah, karena I KVA sama dengan 800 watt atau 0,8 kw.

Perlu anda ketahui juga bahwa selain persamaan KVA dan Watt, terdapat juga istilah yang sering digunakan dalam satuan listrik Genset yakni Kwn dan Kvar.

Meskipun sama sama merupakan nilai satuan, keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Untuk memudahkan Anda mempelajari Kwn dan Kvar, berikut adalah rincian pengertiannya.

  • Kwn, merupakan daya aktif, sebab merupakan besaran daya yang sebenarnya dalam total daya. 1 kwn sama dengan seribu watt, nilai yang dimiliki oleh daya listrik ini lebih kecil dan sudah mencukupi jika Anda ingin menggunakan satuan watt untuk alat alat listriknya.
  • Kvar, merupakan kependekan dari kilo volt ampere reaktif. Sayuan ini memiliki daya listrik yang kecil, kvar juga menggunakan satuan listrik jenis var. 1 kvar sama dengan seribu var, besaran ini termasuk reaktif karena dihasilkan dari berbagai rangkaian listrik.

1 KVA Berapa Watt ?

1 kva berapa watt

1 Kva memiliki nilai yang setara dengan 800 Watt atau 0,8 kW (KiloWatt). Konversi Kva ke watt ini juga bisa dihitung secara manual menggunakan rumus 1 KVa = 100 Watt dibagi dengan nilai faktor daya cos phi yang ada.

Untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya, perhatikan persamaan  dibawah ini :

“Watt = VA * Cos Phi” , Maka  “VA = Watt/ Cos phi”

Jika Anda memiliki 1 KVA, maka nilainya sama dengan 0,8 KW atau 800 watt. Sehingga jika Anda memiliki daya listrik dengan jumlah 2 KVA, maka nilai KW nya adalah 1,6, sedangkan nilai wattnya adalah 1600 watt.

Menggunakan cara ini jauh lebih akurat karena tidak semua KVA menggunakan nilai watt yang sama. Anda juga bisa menghitung KVA dengan jenis satuan lain dengan cara konversi. Sehingga tidak menyulitkan proses perhitungan.

Cara Menghitung KVA ke Watt

Menghitung KVA harus menggunakan rumus, rumus tersebut harus dihafalkan untuk membuat proses perhitungan sesuai dengan nilai pada objek. Salah memasukkan rumus, maka proses perhitungan juga sulit untuk dilakukan.

Untuk menghitung KVA ke Watt, Anda perlu mengalikan kVA, pf dan 1000. Karena daya nyata P(W) sama dengan 1000 kali daya semu S(kVA), dan faktor daya pf. P(W) = 9500 Watt. Dari situ didapatkan persamaan :

KVA = 0,21 X P X T

Dimana :

  • K, merupakan faktor dari konsumsi daya per kilowatt objek, dihitung per jam.
  • P, merupakan daya yang digunakan untuk genset, satuannya KVA.
  • Terakhir adalah t atau time, merupakan perubahan fungsi waktu dengan nilai jam.

Misalnya, Anda memiliki genset dengan daya 100 KVA, pemanasan dilakukan selama 1 jam, maka solar yang dihabiskan untuk pemanasan tersebut adalah?

KVA = 0,21 X 100 X 1 = 21

Dari rumus diatas, maka genset dengan daya 100 KVA akan menghabiskan bensin sebanyak 21 liter untuk satu jam pemanasan.

Jika sulit menghitung dengan rumus, kini sudah tersedia website atau aplikasi yang menyediakan konversi pada satuan KVA, Anda bisa mengubahnya menjadi watt atau ampere hanya dalam waktu yang singkat, tanpa rumus dan tanpa perhitungan.

Aplikasi dan website semacam ini mudah ditemukan dan bisa digunakan tanpa dipungut biaya. Salah satunya bisa anda coba menghitung Kva ke Watt menggunakan kalkulator online via www.generatorsource.com

KVA biasanya digunakan untuk menilai jumlah satuan yang terdapat didalam genset. Ada anggapan bahwa 1 KVA adalah 1000 watt, padahal anggapan tersebut tidak benar. Untuk menghitung KVA, Anda bisa mengganti KVA dengan KW. Sehingga perhitungan konversi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Contoh Cara Menghitung Daya Kapasitas KVA Genset

Untuk menghitung kapasitas genset, Anda bisa menggunakan rumus. Dengan rumus 1 KVA sama dengan 800 watt atau 0,8 kw, maka perbandingannya adalah:

  • Genset dengan 100 KVA, misalnya, memiliki kapasitas sekitar 80 kw, atau setara dengan 80 ribu watt. Jadi untuk menyalakan genset ini, Anda butuh daya listrik sebanyak 80 ribu watt yang bisa Anda dapatkan dari daya solar genset.
  • Sedangkan 100 kw, akan didapatkan hasil 125 kva.

Dari keterangan tersebut, dapat diketahui bahwa kva memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan kw.

Mengukur genset dengan menggunakan KW atau watt tidak jauh berbeda dengan cara diatas. Anda hanya perlu mengecek berapa keterangan KVA yang terdapat disana, kemudian konversikan menuju kw, lalu dikonversi lagi menjadi watt. Caranya memang agak panjang, namun cara ini akan menghasilkan data akhir nilai satuan listrik yang lebih akurat.

Baca Juga Macam Macam Alat Ukur Listrik :
Multimeter Avometer
Amperemeter Voltmeter

Demikianlah informasi 1 kva berapa watt dan bagaimana proses perhitungannya. Dengan informasi diatas, semoga Anda bisa mendapatkan informasi baru yang menambah pengetahuan.

Anda juga bisa belajar mengenai kva dan satuan listrik yang lain menggunakan buku, artikel, atau panduan dari tenaga pendidik serta kumpulan artikel yang ada pada situs wikielektronika.com ini.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

3 Replies to “Menghitung Rumus KVA Ke Watt dan Kilowatt (Kwh)”

  1. Tanya bang..saya ingin membeli mesin dengan daya tertulis 6kva..nah daya listrik drumah 900va.mampukah daya listrik rumah saya menghandle mesin tersebut.??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page