Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

7 min read

Alat Komunikasi Adalah ?☑️ Pengertian dan Contoh Macam macam alat komunikasi Tradisional (Zaman Dulu) dan Modern Disertai Gambar☑️

Setiap makhluk hidup pasti melakukan komunikasi, baik secara langsung atau tidak langsung. Apalagi manusia, tanpa komunikasi maka tidak akan terjalin sosialisasi yang menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Komunikasi secara tidak langsung bisa terjadi dengan bantuan alat komunikasi. Bahkan dewasa ini, alat komunikasi modern semakin berkembang dengan pesat dan semakin canggih. Lalu apa sebenarnya pengertian alat komunikasi itu ? Berikut kami ulas informasinya.

Pengertian Alat Komunikasi

alat komunikasi

Pengertian alat komunikasi adalah perangkat yang digunakan untuk menyampaikan informasi (berkomunikasi) dari komunikator kepada penerima informasi baik satu orang maupun kepada banyak orang. Secara umum alat komunikasi terbagi menjadi dua yakni alat komunikasi modern dan alat komunikasi tradisional.

Alat komunikasi ini sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan sebelum adanya alat komunikasi elektronik yang semakin canggih seperti pada era saat ini.

Pada jaman dahulu, alat komunikasi yang digunakan masih sangat sederhana, terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam atau bahan-bahan di sekitarnya. Sayangnya, alat komunikasi tradisional ini tidak bisa digunakan berkomunikasi jarak jauh dan tanpa ada fitur canggih seperti saat ini.

Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi dari Zaman Dulu Sampai Sekarang

Dilansir dari Wikipedia.org, Alat komunikasi sudah digunakan sejak peradaban manusia dimulai, tentunya alat yang digunakan adalah alat komunikasi tradisional. Saat ini, alat tersebut masih digunakan di beberapa tempat, walaupun alat komunikasi tipe modern sudah banyak digunakan.

Alat komunikasi jenis tradisional tentunya memiliki fungsi yang nyaris serupa dengan alat modern saat ini. Ia digunakan untuk berbagai keperluan, dari mengumpulkan orang, menarik atensi, atau sebagai alarm tanda bahaya dan peringatan.

Setelah periode penggunaan alat komunikasi tradisional seperti kentongan, teropong kaleng, asap, lonceng dan berbagai jenis alat komunikasi tradisional lainnya, media untuk berkomunikasi ini terus berkembang. Pada awal perkembangan alat komunikasi modern, teknologi yang digunakan juga masih belum secanggih sekarang.

Dimulai dengan munculnya telegraf, yaitu alat untuk mengirimkan dan menerima pesan jarak jauh dengan menggunakan sandi morse. Dilanjutkan dengan telepon kabel, telepon genggam hingga sekarang yang paling terkini adalah telepon pintar atau smartphone.

Tokoh Penemu Alat Komunikasi

Terdapat beberapa tokoh penemu alat komunikasi yang memiliki peran besar dalam perkembangan media komunikasi hingga saat ini, diantara tokoh tokoh tersebut bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

Alat Komunikasi Penemu Tahun
Telegraf Samuel Thomas von Sömmerring 1809
Telegram Samuel Finley Breese Morse 1837
Mesin Fax Alexander Bain 1843
Telepon Kabel Alexander Graham Bell 1876
Pembaruan Telepon Antonio Meucci 1849
Telepon Genggam Martin Cooper 1973
Radio Guglielmo Marconi 1896
Gelombang Radio FM Edward Howard Armstrong 1933
Televisi (TV) John Logie Baird 1927
Komputer Charles Babbage 1822
Internet Leonard Kleinrock 1969
Email Ray Tomlinson 1971
Smarphone Martin Cooper 1973
Sosial Media Karl Bunyan 1997

Dari daftar tahun para penemu diatas dapat kita lihat bahwa tokoh penemu alat komunikasi pertama kali adalah Samuel Thomas von Sommerring yang berhasil menciptakan alat komunikasi modern pertama di dunia bernama Telegraf pada tahun 1809.

Sedangkan untuk penemu alat komunikasi telepon adalah Alexander Graham Bell yang merupakan ilmuwan kelahiran Skotlandia tepatnya pada tahun 1876. Penemuan telepon ini bermula saat Bell meneliti telegraf harmonik yang ahirnya menemukan perangkat sederhana yang mampu mengubah daya listrik menjadi suara.

Macam Macam Alat Komunikasi

gambar alat komunikasi
Gambar alat komunikasi

Secara umum, alat komunikasi terbagi menjadi 2 macam yakni alat komunikasi modern dan juga alat komunikasi tradisional yang cukup populer pada jaman kuno.

Namun semakin berkembangnya jaman dan teknologi, alat komunikasi pun turut berkembang. Alat komunikasi tradisional sebagian mulai ditinggalkan mengingat alat komunikasi modern sudah mulai menggunakan teknologi canggih di dalamnya.

Fungsinya pun semakin bertambah, tidak hanya mengirim dan menyampaikan pesan text/ suara saja, Namun juga bisa saling berkirim gambar dan video secara live. Berikut macam macam alat komunikasi modern dan tradisional yang bisa anda simak :

No Contoh Alat Komunikasi Modern Contoh Alat Komunikasi Tradisional
1 Radio Surat Kertas
2 Surat Kabar (Koran) Prasasti
3 Televisi Merpati Pos
4 Telepon Kabel Kuda Pos
5 Telepon Genggam Bedug/ Jidur
6 Faksimili Kentongan
7 Email Terompet Kuno
8 Smartphone Lonceng
9 Jaringan Internet Daun Lontar
10 Sosial Media Terompet Kuno
12 Aplikasi Chat Multiplatform Anjing Polisi

Alat Komunikasi Tradisional

alat komunikasi tradisional
Gambar alat komunikasi tradisional

Alat komunikasi tradisional adalah perangkat atau media yang bisa digunakan untuk menyampaikan dan menerima informasi (berkomunikasi) secara konvensional tanpa harus menggunakan teknologi modern, seperti sinyal ataupun daya listrik.

Alat komunikasi tradisional bekerja menggunakan media sederhana atau alami untuk menggunakannya, seperti tenaga makhluk hidup, suara, atau tulisan sederhana sebagai media perantara.

Fungsi alat komunikasi tradisional sama dengan alat komunikasi modern, ia dibuat untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lain, atau satu orang dengan sekelompok orang.

Prinsip kerja yang digunakan untuk memakai alat komunikasi zaman dahulu ini merupakan cara manual atau konvensional. Berikut beberapa contoh alat komunikasi tradisional yang populer pada zaman dahulu :

Alat Komunikasi Tradisional Menggunakan Suara :

Ada banyak alat komunikasi tipe tradisional yang masih digunakan, salah satunya adalah tipe yang menggunakan suara. Jenis ini cukup terkenal dan masih sering ditemukan di era saat ini, diantaranya adalah:

  • Lonceng

"Gambar

Merupakan jenis alat komunikasi model tradisional yang dibunyikan dengan cara dipukul, sehingga mengeluarkan suara tertentu sebagai media komunikasi. Lonceng digunakan untuk memberitahukan sekelompok orang bahwa waktu untuk melakukan aktifitas sudah dimulai. Anda bisa menemukan lonceng di sekolah atau gereja hingga saat ini.

  • Kentongan

Gambar alat komunikasi tradisional kentongan

Jenis berikutnya dari alat komunikasi kuno adalah kentongan, yang merupakan jenis alat komunikasi yang dipakai dengan cara dipukul. Kentongan banyak ditemukan di desa-desa ketika pengeras suara belum ditemukan. Ia dibunyikan untuk menarik atensi masyarakat dan digunakan sebagai pengingat waktu tertentu.

  • Terompet Kuno

gambar alat komunikasi tradisional terompet

Di Indonesia, terompet juga pernah digunakan untuk media komunikasi, yakni untuk menyampaikan pesan penting. Serupa dengan terompet masa kini, ia digunakan dengan cara ditiup untuk mendapatkan atensi sekelompok orang.

  • Bedug/ Jidur

Gambar alat komunikasi tradisional bedug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *