Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

7 min read

Bedug merupakan salah satu alat komunikasi jaman dulu yang masih eksis sampai saat ini. Perangkat yang terbuat dari kayu dan kulit sapi ini masih sering digunakan pada masjid masjid untuk mengawali seruan Adzan sebagai media penanda akan tiba waktu sholat bagi umat muslim.

contoh alat komunikasi tradisional
Gambar contoh alat komunikasi tradisional

Salah satu alat komunikasi tradisional yang cukup populer digunakan sebagai mainan anak anak pada era 90-an adalah Kaleng dua buah yang disambungkan dengan tali.

Memiliki fungsi yang mirip dengan telepon yakni memanfaatkan media kaleng sebagai isolator suara dan tali memanjang sebagai perambat suara membuat mainan ini sangat populer dimainkan pada zaman dahulu.

Alat Komunikasi Tradisional Menggunakan Hewan

Hewan juga memiliki peran penting sebagai media untuk melakukan komunikasi antar komunitas atau personal. Dulunya hewan digunakan untuk menyampaikan pesan dengan jarak yang jauh, sehingga pesan lebih mudah sampai dibandingkan menggunakan suara atau tulisan semata, berikut adalah diantaranya:

  • Merpati Pos

gambar merpati pos
Gambar merpati pos

Alasan kenapa merpati menjadi simbol dari kantor pos di seluruh dunia adalah karena sejak dulu ia sudah digunakan sebagai alat komunikasi tradisional. Merpati dipakai untuk mengantarkan surat yang diikatkan dalam kakinya untuk dikirimkan ke orang dengan posisi yang cukup jauh.

  • Kuda Pos

kuda pos

Selain merpati, kuda juga digunakan untuk menyampaikan pesan, tentunya dengan seorang pengendara yang mengendalikannya. Pos dengan kuda terkenal di wilayah dengan medan yang cukup berat, seperti hutan atau sungai dataran rendah.

  • Anjing Polisi

alat komunikasi zaman kuno

Anjing dulunya juga pernah menjadi media untuk melakukan komunikasi, namun dengan tujuan yang berbeda. Ia sering dipakai oleh posisi untuk melakukan operasi tertentu atau menemukan seseorang dengan bau yang tercium oleh anjing.

Alat Komunikasi Tradisional Menggunakan Tulisan

Ada banyak gambar alat komunikasi zaman prasejarah dan sejarah yang bisa ditemukan hingga saat ini. Ia menjadi bukti bahwa di masa lalu pernah berlangsung peradaban yang memiliki tatanan pemerintahan yang teratur, berikut adalah alat komunikasi model tradisional dengan tulisan.

  • Daun Lontar

gambar alat komunikasi kuno

Untuk menuliskan kisah atau jenis kepentingan tertentu, banyak orang menggunakan daun lontar sebagai media untuk menulis. Nantinya daun tersebut akan dikirimkan ke orang lain atau disimpan dalam bentuk arsip sebagai catatan.

  • Surat Kertas

gambar alat komunikasi zaman dahulu
Gambar alat komunikasi zaman dahulu

Media lain yang sering dipakai untuk berkomunikasi di zaman dahulu adalah surat dengan model kertas. Dulu ketika perangkat komunikasi modern belum ditemukan, surat kertas menjadi media yang tepat untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lain dalam jarak yang jauh.

  • Prasasti

gambar prasasti
Gambar prasasti kuno

Secara teknis, prasasti memang bukan alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Jenis alat komunikasi tradisional ini memiliki makna untuk berkomunikasi bahwa dulu terdapat suatu kejadian penting yang terjadi, sehingga harus dicatat dalam batu pahatan.

Saat ini alat komunikasi jenis tradisional memang masih dapat ditemukan, namun fungsinya telah berubah dan digantikan dengan alat yang lebih modern. Beberapa media sepeti surat dengan merpati, kertas surat, bahkan prasasti sudah tidak digunakan lagi.

Alat Komunikasi Modern

alat komunikasi modern
Gambar alat komunikasi modern

Perkembangan alat komunikasi yang semakin modern tak bisa dipungkiri membawa berbagai kelebihan. Salah satunya adalah komunikasi yang semakin lebih mudah dengan pilihan komunikasi yang beragam.

Jika dahulu hanya bisa berkomunikasi dengan pesan tertulis, melalui kode-kode yang dikirimkan dari peralatan tertentu atau hanya bisa melalui suara saja, namun kini jadi lebih bervariasi.

Alat komunikasi masa kini memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan tertulis, suara, gambar hingga video. Alat komunikasi saat ini pun sudah memungkinkan berbagai jenis komunikasi tanpa perlu khawatir dengan jarak. Berikut contoh macam macam alat komunikasi modern yang populer digunakan :

  • Radio

gambar Radio
Gambar Radio

Radio merupakan sebuah alat komunikasi yang menyampaikan pesan dalam bentuk audio atau suara. Pengiriman pesan yang dilakukan ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Meskipun jaman semakin canggih, radio hingga kini masih eksis namun dengan berbagai modernisasi teknologi.

  • Televisi

gambar alat komunikasi modern tv
Gambar TV

Salah satu media komunikasi modern yang terus mengalami perkembangan adalah siaran televisi. Media komunikasi yang memanfaatkan sinyal frekuensi digital dan analog ini mampu bertahan cukup lama walaupun tergerus oleh media media digital modern lainnya.

  • Telepon Kabel

gambar telepon
Gambar telepon

Diantara beberapa jenis alat komunikasi modern yang menerima informasi dalam bentuk suara adalah telepon kabel. Alat komunikasi ini menggunakan jaringan kabel yang menghubungkan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya.

  • Faksimili/ Fax

gambar alat komunikasi modern Fax
Gambar mesin Fax

Fax adalah alat komunikasi yang berfungsi mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan dan tercetak langsung di atas kertas. Alat komunikasi ini sangat berperan penting untuk mengirimkan dokumen di perusahaan atau sekolah.

  • Surat Kabar (Koran)

Kalau radio menyampaikan pesan dalam bentuk audio, maka surat kabar ini berfungsi menyampaikan berita kepada khalayak dalam bentuk tulisan dan gambar.

Kumpulan lembaran kertas yang berisikan berita dan informasi informasi ini bahkan menjadi media penghubung komunikasi antara calon pembeli dan penjual yang mengiklankan produk/ jasa pada koran.

Perkembangan jaman juga turut mempengaruhi media komunikasi ini. Kini Koran tidak hanya berbentuk kertas, namun juga sudah merambah ke versi digital berupa website mapun blog.

  • Telepon Genggam

Jika sebelumnya ada telepon yang merupakan alat komunikasi penyampai pesan suara melalui jaringan kabel, maka telepon genggam ini tidak membutuhkan kabel. Telepon genggam bekerja dengan memanfaatkan satelit.

Alat komunikasi satu ini dianggap lebih efektif dibanding telepon kabel. Selain bisa dibawa kemana-mana karena tanpa menggunakan kabel, jangkauannya pun lebih luas. Telepon genggam generasi awal hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan saja.

  • Jaringan Internet

Salah satu media komunikasi penting di era industri 4.0 ini adalah jaringan internet. Perangkat yang dapat menghubungkan berbagai macam orang dari seluruh penjuru dunia ini seakan menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki masyarakat di era sekarang khususnya yang tinggal di kota kota besar.

  • Email

Bisa dibilang email merupakan bentuk modern/ digital dari platform surat menyurat pada jaman dahulu. Dengan fungsi dan juga karakter yang mirip dengan Surat, email menjadi salah satu media komunikasi yang cukup populer digunakana hingga saat ini.

  • Smartphone

Smarphone ini merupakan alat komunikasi masa kini yang merupakan pengembangan dari telepon genggam. Teknologi yang digunakan semakin canggih karena tidak hanya bisa menyampaikan pesan dalam bentuk suara atau pesan saja, namun juga dalam bentuk video hingga melakukan panggilan video langsung.

  • Social Media

Media komunikasi selanjutnya yang memiliki rating tinggi paling banyak digunakan adalah media sosial. Platform dengan bentuk aplikasi ini sekana menjadi hal pokok yang harus dimiliki oleh tiap tiap orang pada zaman seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *