Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

7 min read

Beberapa contoh alat komunikasi modern sosial media seperti platform Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Aplikasi Chat Multiplatform

alat kumunikasi modern aplikasi

Hampir mirip dengan sosial media, namun fitur yang tersedia pada aplikasi chat multiplatform ini lebih minim dan lebih dikhususkan untuk benar benar menjadi sarana komunikasi.

Diantara contoh contoh alat komunikasi modern berupa aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line Messengger, Kakao Talk, FB Messenger, Blackberry Messenger, Telegram, Google Meet, Zoom, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Info Materi Menarik Lainnya :
Alat Ukur Panjang Alat Ukur Massa
Alat Ukur Waktu Alat Ukur Suhu

Kesimpulan :

Bagai dua sisi mata pisau, selain membawa keuntungan teknologi komunikasi yang semakin canggih juga membawa kekurangan. Semakin canggih teknologi komunikasi, maka manusia sebagai pengguna semakin bisa melakukan segala hal dengan alat komunikasi tersebut.

Kemudahan sarana komunikasi ini justru membuat interaksi dan komunikasi manusia yang dilakukan secara langsung jadi semakin berkurang. Hal ini membuat manusia menjadi semakin kurang bersosialisasi.

Padahal manusia sebagai makhluk sosial tetap membutuhkan sosialisasi. Sebagai solusi, mengurangi intensitas komunikasi tak langsung melalui media komunikasi bisa kembali mempererat komunikasi langsung antar sesama.

Demikian tadi penjelasan tentang pengertian dan macam macam alat komunikasi modern dan tradisional, tokoh penemu beserta sejarah perkembangannya versi wikielektronika.com.

Adanya alat komunikasi yang sudah modern ini memang menjadikan komunikasi jadi semakin mudah. Namun jangan sampai hal tersebut mengurangi bahkan menghilangkan adab berkomunikasi kita secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *