13+ Rekomendasi Alat Penghemat Listrik Murah dan Efisien

Cari Alat penghemat listrik yang murah dan efisien? ☑️ Berikut 13 alat penghemat listrik terbaik dilengkapi cara kerja & cara membuatnya☑️

Listrik menjadi kebutuhan utama yang pasti dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sejalan dengan pemakaiannya yang semakin banyak, biaya yang dikeluarkan pun tentu semakin besar. Karena itu kini banyak cara untuk menekan pengeluaran untuk listrik. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat penghemat listrik.

Alat Penghemat Listrik Terbaik

penghemat listrik

Jika kita kroscek beberapa marketplace raksasa seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shoope, tentunya kita akan menemukan macam macam alat penghemat listrik berbagai merk dan harga yang bervariasi.

Guna memudahkan anda dalam menentukan pilihan dalam membeli penghemat listrik tersebut, kami coba merangkum beberapa varian jenis penghemat listrik terbaik versi Wikielektronika.com. apa saja alat alat nya? Berikut ulasannya.

  • Indosaver CDS

Indosaver CDS

Salah satu brand lokal yang cukup familiar adalah Indosaver CDS. Perangkat ini diklaim mampu menghemat penggunaan listrik mulai dari 25% sampai dengan 40%.

Pemasangan yang tanpa perlu membuka segel PLN dan minim kabel membuatnya sangat praktis untuk digunakan. Anda tinggal colok saja perangkat ini ke colokan yang letaknya paling dekat dengan meteran listrik rumah anda.

Beberapa fitur unggulannya seperti : resmi memiliki merk dagang yang teregistrasi di Indonesia, lolos uji BPPT, dianjurkan pemerintah melalui SK Menter PU No.23/DRT/78 , meteran / MCB tidak mudah turun, mengurangi tarikan awal saat anda menhidupkan mesin. Untuk kelas produk lokal, Indosaver CDS cukup lengkap fitur fiturnya.

  • Power Factor Saver

Power Factor Saver

Salah satu merk penghemat listrik yang cukup banyak peminatnya ialah Power Factor Saver. Perangkat ini dibekali dengan dua fitur unggulan yakni 1. Penghemat daya starting, 2. Bekerja otomatis dengan tidak ada pengurangan tegangan dan tidak mengkonsumsi daya (0 Watt) karena Tegangan Keluar = Tegangan Masuk.

Beberapa kelebihan pada Power Factor Saver juga terlihat pada efisiensi dalam menghemat sumber energi listrik yang sampai 30%. Ditambah teknologi hemat starting dan juga Plug type EU / standar INDONESIA. Cara pemasangan perangkat ini juga cukup mudah, anda tinggal mencolokan pada colokan yang paling dekat dengan meteran listrik anda.

  • Electricity Saving Box

Electricity Saving Box

Memiliki dua keunggulan fitur yakni menghemat sumber energi menjadi lebih efisien 20-40%, hemat Starting 75%, dan juga mampu melindungi perangkat alat rumah tangga/elektronik/listrik dari resiko terjadinya arus pendek atau konsleting listrik.

Electrity saving box sangat cocok anda gunakan pada perangkat elektronika yang ada dirumah anda seperti AC, Kulkas, Freezer, Magic Com, TV, Pompa Air, Mesin Cuci, Mesin Vacuum, Komputer, Juicer, Blender, Bor Listrik, Scrap Listrik & peralatan-peralatan listrik yang mengandung Motor.

  • E-Energy Saver

E-Energy Saver

E-Energy Saver bisa dibilang alat penghemat listrik newbie atau pendatang baru. Namun meskipun dikenal sebagai pendatang baru, E-Energy Saver mampu menerobos persaingan pasar alat penghemat listrik dan bersaing dengan produk produk yang lebih tua dari usianya.

E-Energy Saver dibekali teknologi modern yakni Automatic Dynamic Power yang mana belum pernah ditemukan di beberapa perangkat alat penghemat listrik lainnya. Pemasangan yang mudah dan harga yang relatif murah membuat alat ini mampu bersaing di pasar global.

  • Lumina

Penghemat Listrik Lumina

Alat penghemat listrik merk lumina mempunyai beragam keunggulan, diantaranya seperti mudah dipasang, mengurangi tarikan awal tegangan listrik, menstabilkan voltase, perawatan mudah, mampu menghilangkan arus semu, dan bisa menghemat konsumsi listrik hingga 40%.

Produk racikan Jerman ini dibekali dengan teknologi canggih yang mirip dengan I-SORJ dimana ia mampu mengurangi daya listrik pada tarikan awal listrik. Sangat menarik bukan ?

  • Dragon Power

dragon power

Salah satu brand alat penghemat listrik yang paling mudah ditemui di kota kota Indonesia adalah Merk Dragon Power. Alat yang memiliki fungsi utama mengatasi terbatasnya daya listrik ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk anda beli.

Instalasi dan pemasangan Dragon Power terbilang mudah. Anda hanya tinggal memasang pada tipe jaringan yang sesuai secara pararel pada rangkaian listrik rumah anda. Alat ini juga sudah dilengkapi fitur lampu LED dan indikator meteran.

  • King Saver

king saver

Cara kerja perangkat yang satu ini ialah menurunkan arus listrik dengan menghilangkan atau menyerap arus induksi yang dihasilkan. Selain itu, teknologi yang disematkan pada alat ini mampu meningkatkan kinerja perangkat elektronika anda dan melindungi dari kerusakan akibat arus listrik yang tidak stabil.

Alat ini juga di klaim tidak akan menyebabkan turunnya daya miniature circuit breaker atau MCB Listrik yang ada pada rumah anda. Bagaimana ? Tertarik untuk membelinya ?

  • Home Electric Saver

home electric saver

Perangkat atau alat penghemat listrik rumah pertama yang bisa diandalkan adalah Original Home Electric Saver. Alat ini berfungsi untuk menyamakan watt pada alat-alat listrik yang dipakai agar menjadi jumlah watt sesungguhnya. Dengan alat ini biaya listrik bulanan bisa dihemat hingga 40%.

  • Sains Enter Indonesia

Sains Enter Indonesia

Salah satu alat penghemat listrik lokal buatan anak bangsa yang cukup fenomenal adalah Sains Enter Indonesia. Dibekali teknologi teknologi canggih, Sains Enter Indonesia ini diklaim mampu menghemat penggunaan listrik anda hingga 40%.

Alat listrik yang di produksi oleh PT. Sains Solusi Global ini memiliki cara kerja untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik pada rumah anda. Listrik yang stabil membuat penggunaan KWH listrik semakin hemat.

  • Hannesc Intelligent Power Saver

Hannesc Power Saver

Kalau Anda mencari alat penghemat daya listrik terbaik, alat ini bisa sangat diandalkan. Alat ini dibuat dengan teknologi dari Jerman dan dilengkapi dengan lampu LED sebagai indikator apakah alat bekerja atau tidak. Dengan alat, pemakaian arus listrik bisa lebih dihemat hingga 45%.

  • I-SORJ Soft Starter

SORJ Power Saver

Tidak hanya efektif untuk menghemat pemakaian listrik, alat penghemat listrik terbaik ini bahkan sudah mendapatkan sertifikat SNI. Perangakt ini berfungsi untuk menahan lonjakan awal saat pemasangan berbagai peralatan listrik.

  • Zenco Automatic Energi Saver 40A

Zenco 40A

Salah satu produk perangkat penghemat listrik racikan Jepang ini bisa dibilang cukup handal dan terjangkau. Zenco Automatic Energi Saver 40A ini digadang gadangkan mampu menghemat listrik rumah anda hingga 40%.

Instalasinya pun sangat mudah dilakukan. Anda hanya tinggal mencolokkan Zenco 40A ini pada ruangan rumah yang paling banyak penggunaan listriknya. Tertarik untuk mencobanya ?

  • Power Star Saving Expert

power star

Perangkat yang mempunyai bentuk mirip dengan Adaptor ini merupakan salah satu produk unggulan di ranah perangakt penghemat listrik yang ada di pasaran. Power Star Saving Expert di klaim mampu meningkatkan daya dan menstabilkan arus listrik yang ada pada rumah anda.

Dengan disematkannya teknologi Anti Konsleting / arus pendek membuat perangkat ini banyak peminatnya. Desain yang simpel denga penggunaan kabel listrik yang hampir tidak ada membuatnya terliaht ringkas dan friendly untuk digunakan.

Fungsi Alat Penghemat Listrik

Adanya alat untuk menghemat pemakaian listrik, baik  penghemat listrik token maupun meteran di atas digunakan tentu bukan karena tanpa alasan. Alat-alat tersebut digunakan karena bisa memberikan berbagai fungsi berikut.

  1. Efisiensi Terhadap Jaringan Listrik

Dengan menggunakan alat ini faktor daya dapat diperbaiki sehingga daya semu yang dihasilkan peralatan listrik dapat diturunkan. Dengan begitu kapasitas penggunaan daya listrik dan kapasitas jaringannya pun jadi lebih maksimal.

  1. Menjaga Arus Listrik

Adanya alat penghemat daya listrik ini ternyata tidak hanya bisa menghemat pemakaian daya listrik saja. Alat ini juga berfungsi untuk menjaga arus listrik yang bisa bekerja selama 24 jam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya arus pendek listrik yang bisa menyebabkan bahaya saat harus meninggalkan rumah.

  1. Mencegah Terjadinya Korsleting

Fungsi yang tak kalah penting adalah dapat mencegah korsleting apabila pemakaian peralatan listrik tidak sesuai dengan ukuran jaringan. Inilah yang menjadi potensi penyebab korsleting. Dengan adanya alat ini bisa mengurangi panas di jaringan kabel listrik dan resiko korsleting bisa lebih diminimalisir.

Cara Kerja Alat Penghemat Listrik

Karena sudah banyak diperjualbelikan, pasti Anda juga penasaran bagaimana cara kerja dari alat untuk menghemat listrik ini bukan? Pada dasarnya alat ini berfungsi sebagai kapasitor yang bisa mengoptimalkan daya yang terhubung. Untuk contoh sederhana misalnya digunakan saat kipas angin sedang bekerja.

Kipas angin dengan kapasitor 1-3 uF saat dinyalakan maka daya listrik yang digunakan menjadi 2 kali lebih besar saat awal pemakaiannya. Daya ini kemudian berangsur-angsur berkurang sampai pada titik terendah.

Nah, dengan adanya alat untuk menghemat listrik yang berfungsi sebagai kapasitor bank, tujuannya adalah untuk membuat daya lebih stabil saat kipas angin pertama digunakan. Dengan begitu penggunaan energi tidak tinggi.

Tips Agar Alat Penghemat Listrik Bekerja Optimal

Beban listrik yang terdapat pada rumah atau kantor secara umum adalah jenis beban resisitif dan induktif. Dengan penggunaan alat ini maka akan membawa pengaruh terutama pada penggunaannya terutama jika dipasang pada beban induktif serta dipasang pada satu stop kontak dari beban tersebut.

Jika beban induktifnya banyak dengan letak yang berjauhan satu sama lain, maka alat yang digunakan juga harus lebih dari 1. Selain itu jangan menggunakan alat ini secara tetap dimana tetap digunakan baik itu ketika beban induktif nyala atau mati bersamaan.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri

Sumber : Gendut Untung

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat atau memasang alat penghemat listrik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memasang alat tersebut.

  1. Memasang Alat Penghemat Listrik Sesudah Meteran

Pemasangan alat penghemat listrik rumah yang diizinkan adalah yang dipasang setelah pemasangan meteran. Cara ini dilakukan dengan memasang kapasitor agar tarikan listrik yang turun secara mendadak bisa distabilkan.

  1. Membuat Rangkaian Pada Stop Kontak

Cara membuat alat penghemat listrik selanjutnya bisa dengan membuat rangkaian listrik pada stop kontak. Rangkaian ini sebaiknya digunakan pada alat-alat elektronik yang pemakaian listriknya besar atau membutuhkan perangkat tambahan UPS seperti kulkas, mesin cuci, AC dan lain sebagainya.

Untuk membuatnya dibutuhkan box power supply, kabel power CPU, lampu kecil, fuse dan sekring 4-5A dan 1 kapasitor bertegangan tinggi ukuran 10Uf 450V AC. Dengan rangkaian ini pemakaian listrik bulanan bisa dihemat hingga 25%.

Apakah Alat Penghemat Listrik Berbahaya ?

alat penghemat listrik

Untuk mengetahui apakah alat penghemat listrik itu berbahaya atau tidak, anda perlu meninjau terlebih dahulu apa saja isi komponen elektronika yang ada pada perangkat tersebut. Pada umumnya, semua perangkat penghemat listrik memiliki komponen berupa Kompresor, kapasitor & saklar, lampu indikasi, Voltmeter, dan juga alat ukur tegangan listrik.

Selaku badan pemerintahan untuk jasa penyedia listrik nasional, PT. Perusahaan Listrik Negara atau sering kita kenal dengan sebutan PLN telah mencoba melakukan uji coba dan juga berdasarkan refrensi pada jurnal riset penghemat listrik Polban.ac.id, ternyata kesemuanya hampir dipastikan tidak efektif walaupun bisa dikatakan TIDAK berbahaya.

Info Elektronika Lainnya :
Pengertian dan Jenis Trafo Pengertian dan Jenis Dioda
Pengertian dan Jenis Kapasitor Pengertian dan Jenis Relay

Namun kembali lagi kepada anda sendiri apakah tertarik untuk tetap mencoba menggunakan perangkat ini ataukah tidak. Jika anda ingin tetap mencobanya, perhatikan tiga faktor berikut ini :

  1. Perangkat penghemat listrik belum mendapatkan SNI dari Pemerintah
  2. Perangkat ini juga dikhawatirkan akan menambah atau mempengaruhi daya aktif
  3. Bisa jadi perangkat ini merupakan polas bisnis yang berorientasi pada tujuan komersil.

Demikian tadi penjelasan tentang alat penghemat listrik dan bagaimana cara membuat atau memasangnya. Alat ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat penggunaan listrik bulanan. Namun akan lebih baik jika penghematan listrik dilakukan dengan menggunakannya secara bijak dan tidak berlebihan.

Related posts:
Gravatar Image
Pernah dua kali tersetrum listrik membuat mahasiswa kelahiran magetan ini menekuni bidang Teknik Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *