Alat Ukur Waktu yang Paling Teliti

Posted on

Alat Ukur Waktu Adalah ?☑️ Berikut pengertian, fungsi, dan 9 contoh gambar alat ukur waktu yang biasa dipakai dan yang paling teliti☑️

Saat ini semua hal harus dilakukan secara terstruktur dan sesuai dengan ukuran agar kebenarannya bisa dibuktikan. Terdapat berbagai jenis pengukuran seperti menggunakan alat ukur berat untuk mengetahui massa suatu benda.

Adanya alat ukur ini tidak hanya membantu manusia dalam satu bidang namun di berbagai bidang sekaligus. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui setiap jenis alat ukur serta fungsinya.

Apa itu Alat Ukur Waktu?

alat ukur waktu
Gambar Alat Ukur Waktu

 

Alat ukur waktu adalah perangkat yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur satuan waktu tertentu seperti jam, kalender, stopwatch dan masih banyak lagi yang lainnya.

Instrumen alat alat ini biasanya digunakan untuk mengetahui jumlah waktu tertentu. Untuk mengetahui besaran tersebut, biasanya menggunakan satuan detik, menit, jam dan satuan waktu tertentu lainnya, contohnya jam dan stopwatch.

Pada praktiknya, alat ukur ini memiliki keakuratan yang mendekati sempurna. Namun juga tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan dalam penggunaannya.

Salah satu contoh alat yang dipakai untuk mengetahui waktu, mengukurnya, atau melihat perputaran waktu dalam rentang tertentu adalah jam. Bisa juga menggunakan stopwatch, terutama untuk mereka yang ingin mengukur waktu tempuh benda tertentu.

Alat Ukur Waktu yang Biasa Dipakai

Guna menjawab pertanyaan sebutkan alat ukur waktu dan tingkat ketelitiannya, berikut 9 contoh fungsi dan gambar alat ukur waktu yang biasa dipakai beserta tingkat ketelitiannya. Simak dengan baik ulasannya :

  1. Kalender

gambar alat ukur waktu kalender
Gambar Kalender

Kalender atau penanggalan merupakan alat yang berfungsi untuk mengetahui waktu berdasarkan nama hari, bulan dan tahun. Kalender sudah digunakan sejak zaman dahulu sehingga banyak yang menggunakan penanggalan berdasarkan mitos, tradisi dan benda angkasa.

  1. Digital Timer

pengatur waktu digital
Gambar Digital Timer

Pengukur waktu berikutnya yaitu pengatur waktu digital atau biasa disebut digital timer. Alat pengukur waktu yang cukup modern ini biasanya dipakai untuk uji ketepatan waktu di laboratorium, penelitian atau ruang pengujian. Bentuk alat yang cukup bervariasi ini memiliki beberapa tombol pengaturan untuk digunakan.

  1. Jam Dinding

gambar jam dinding
Gambar Jam Dinding

Jam dinding merupakan contoh alat ukur waktu dan fungsinya tidak lain adalah untuk mengetahui jam atau waktu pada tempat tersebut. Anda pasti sudah tidak asing dengan alat ukur ini karena sebagian besar tempat baik rumah, gedung dan tempat umum sudah terdapat jam dinding.

  1. Stopwatch

gambar alat ukur waktu stopwatch
Gambar Stopwatch

Stopwatch merupakan salah satu contoh alat ukur waktu dan fungsinya untuk mengetahui besaran waktu dalam suatu keadaan. Banyak yang menggunakan pengukur waktu ini untuk menghitung waktu dan kecepatan dimulai dari 0 seperti kegiatan olahraga. Dengan menggunakan alat ini mengurutkan data berdasarkan waktu menjadi lebih mudah.

  1. Chronometer

gambar chronometer
Gambar Chronometer

Tidak jauh berbeda dengan macam alat sebelumnya, chronometer juga digunakan sebagai pengukur waktu yang hasilnya cukup akurat. Alat ukur satu ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang karena ia lebih banyak digunakan sebagai penentu bujur. Caranya yaitu dengan navigasi secara selestial.

  1. Jam Tangan

jam tangan
Gambar Jam Tangan

Jam tangan termasuk dalam alat pengukuran dimana fungsinya tidak jauh berbeda dengan jam dinding hanya saja ia dipakai pada tangan bukan ditempel di dinding. Penemuan yang sangat inovatif ini membantu manusia untuk mengetahui waktu sehari-hari. Jam pada umumnya terdapat jarum penunjuk sekon, menit dan satuan jam.

  1. Jam Matahari

jam matahari
Gambar Jam Matahari

Sebelum adanya berbagai macam jam yang modern seperti saat ini, terdapat alat pengukur waktu berupa lempengan yang disebut dengan jam matahari atau sundial. Jam tersebut dijadikan penentu waktu berdasarkan bayangan dari bidang dial.

  1. Jam Pasir

jam pasir
Gambar Jam Pasir

Bisa dibilang jam pasir adalah titik dasar ditemukannya jam modern seperti sekarang ini. Jam pasir mulai digunakan pada awal abad ke-14 di negara Itali dan berbagai wilayah Eropa lainnya sampai akhir abad ke-15. Jam pasir atau gelas pasir memiliki prinsip yang sama seperti clepsydra.

  1. Osiloskop

alat ukur waktu digital

Seperti yang kita ketahui bahwa osiloskop adalah salah satu alat ukur  electric yang dapat memetakan atau memproyeksikan sinyal listrik dan frekuensi menjadi sebuah bagan grafik.

Pengukuran menggunakan osiloskop ini sering digunakan pada sektor kesehatan, penelitian, laboratorium SAINS, dan industri teknik. Osiloskop terbagi menjadi dua jenis yakni osiloskop digital dan analog.

Alat Ukur Waktu yang Paling Teliti

alat ukur waktu yang biasa dipakai

 

Alat ukur waktu yang paling teliti adalah Stopwatch. Hal ini karena stopwatch memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,1 detik (second). Sedangkan pada peringkat kedua adalah Jam. Jam tangan maupun dinding memiliki tingkat ketelitian waktu mencapai 1 detik / second.

Seperti yang disebutkan di atas, terdapat banyak sekali alat pengukur waktu yang bisa Anda gunakan. Untuk lebih jelas dalam mempelajarinya, telah kami paparkan juga beberapa macam gambar alat ukur waktu beserta fungsinya pada ulasan diatas.

Pada umumnya, kita memiliki dua pilihan saat melakukan pengukuran waktu dan frekuensi tertentu. Anda dapat menggunakan instrumen yang secara inheren memberikan tingkat ketelitian akurasi yang tinggi atau yang rendah.

Semua kembali kepada kebutuhan kita apakah memerlukan pengukuran waktu dengan tingkat ketelitian yang tinggi atau sekedar mengukur saja, silahkan anda tentukan sendiri ingin menggunakan alat pengukuran yang mana pada opsi opsi diatas.

Itulah ulasan tentang macam-macam alat ukur waktu disertai gambar dan fungsinya. Selain waktu, beberapa contoh alat pengukuran lain seperti berat, panjang, suhu, listrik sering dijumpai dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada alat ukur panjang ada mikrometer sekrup dan juga jangka sorong.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *