Alat Ukur Suhu Badan dan Ruangan

Posted on

Alat Ukur Suhu Adalah ?☑️ Berikut pengertian beserta gambar, fungsi dan 12 macam contoh alat ukur suhu tubuh, ruangan & udara☑️

Biasanya, dokter menggunakan alat untuk mengetahui suhu tubuh pasiennya. Secara umum, suhu selalu ada di sekitar karena bagian dari alam. Panas dan dingin merupakan besaran suhu sesuai dengan persepsi pribadi. Agar lebih akurat, pengukuran membutuhkan alat ukur yang baku.

Alat ini bertugas memberikan estimasi yang tepat berapa nilai suhu. Satuannya yang baku adalah celcius dan kelvin. Beberapa negara menggunakan satuan lain seperti Fahrenheit. Masing-masing satuan pengukuran tersebut dapat saling dikonversi dengan formula yang telah ditetapkan secara baku.

Macam Macam Alat Ukur Suhu

alat ukur suhu
Gambar Alat Ukur Suhu

Alat ukur suhu yang paling umum digunakan adalah Termometer. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), arti alat ukur suhu adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur suhu sebuah benda, entah itu badan, ruangan, kelembapan air, maupun udara.

Alat ukur tidak baku hanya untuk keperluan tertentu yang tidak mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan info kritis. Sebaliknya, Anda wajib memakai alat ukur baku yang sudah memenuhi aturan untuk pengukuran pengukuran penting.  Daftar alat ukur suhu baku ada di bagian berikut ini.

  • Termometer

termometer air raksa

Termometer merupakan alat ukur suhu yang digunakan untuk mengukur suhu badan dan ruangan. Tipe thermometer yang sering dipakai untuk mengukur suhu adalah air raksa.

Contohnya ada pada klinis, ruangan,  dan lab. Air raksa tersebut sengaja dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Yang pertama adalah kepekaan sangat tinggi sehingga segera bergerak sesuai level suhu dari objek.

Air raksa juga tidak membasahi dinding kaca dan warnanya mudah dilihat. Keunggulan lain adalah titik didih sangat tinggi dan titik beku yang sangat rendah. Meskipun dimasukkan ke air mendidih, thermometer ini tidak akan pecah dan air raksa tetap berfungsi normal.

  • Termokopel

Termokopel

Termokopel merupakan alat ukur yang menggunakan listrik dan metal. Alat ini akan berguna untuk mendeteksi suhu objek dengan akurasi tinggi. Bahan logam atau metal yang dipakai membuat listrik mengalir sebagai konduktor lalu skala pengukuran bergerak sesuai dengan level suhu.

Pada alat ukur termolopel ini, hasil pengukuran berbanding lurus dengan tegangan. Beberapa jenis termokopel yang umum digunakan untuk mengukur suhu adalah  jenis Single Hole (SH series), Double Hole (DH series), Fish Hole (FH series) dan Double Hole Oval (OV series)

  • Thermostats

Thermostats

Thermostats atau sering disebut dengan Bulb and capillary sensor merupakan alat ukur yang terdiri dari 4 komponen yaitu bohlam, tabung kapiler, diafragma dan pegas.

Dengan menggunakan alat ini kita bisa mengukur suhu kedalaman pada sebuah pipa dan tangki. Cara kerjanya sangat sederhana.

Ekspansi fluida dalam bola lampu yang dipanaskan memberikan tekanan, tekanan ini ditransmisikan ke diafragma melalui tabung kapiler. Gerakan linier ini menunjukkan suhu yang diukur.

  • Bimetalik ( Bimetallic Devices)

Bimetalik

Sesuai dengan namanya, pada alat ini suhu diukur dengan menggunakan bimetal yaitu dua logam di dalam sensor suhu. Perangkat ini terdiri dari dua strip logam yang memiliki koefisien ekspansi termal yang berbeda.

Perangkat ini bekerja karena pemuaian logam saat dipanaskan. Logam-logam ini terikat bersama dan secara mekanis terhubung ke jarum penunjuk. Perangkat ini dapat mengukur suhu dari -80oC hingga +600oC.

Thermometer bimetal menggunakan dua logam yang memuai saat panas dan menyusut ketika suhu dingin. Dua logam tersebut akan menggerakkan skala di alat ini secara akurat.

  • Higrometer

higrometer

Alat ukur suhu air dan kelembaban biasanya disatukan pada hygrometer. Fungsi  utama tetap mengukur level kelembaban tetapi ada fitur tambahan yaitu suhu. Alat ini dipakai pada pantauan cuaca, industri, otomotif, dan pertambangan hingga militer dan luar angkasa.

  • Dioda Silikon (Silicon Diode)

dioda silikon

Alat ukur Dioda Silikon ini digunakan untuk mengukur suhu rendah. Konstruksinya sama dengan dioda. Perangkat ini dikembangkan khusus untuk mengukur suhu kriogenik.

Temperatur mesin kriogenik dan bahan bakar yang digunakan juga diukur dengan alat kecil ini. Konduktivitas dioda silikon secara linier tergantung pada suhu kriogenik dan konduktivitasnya meningkat secara linier di daerah kriogenik bersuhu rendah.

Klasifikasi Alat Ukur Suhu

gambar alat ukur suhu

Klasifikasi alat ukur suhu baku dan tidak baku akan dijelaskan pada bagian berikut ini :

  • Alat Ukur Suhu Baku

Alat Ukur baku adalah alat yang hasil pengukurannya seragam (baku/ standar). Biasanya alat alat ukur baku inilah yang digunakan dalam berbagai dunia industrik. Entah itu industri kesehatan (kedokteran), industri bisnis, dll.

  • Alat Ukur Suhu Tidak Baku

Alat ukur tidak baku adalah alat dengan satuan pengukuran yang tidak seragam. Contohnya adalah menggunakan tangan untuk mengecek apakah suhu air terasa hangat atau tidak.

Satu orang dan lainnya akan memberikan hasil hangat tetapi tidak dengan yang lainnya (sangat variatif). Artinya, kata hangat bisa jadi lebih panas bagi yang lain atau sebaliknya lebih dingin.

Selain alat ukur yang sudah umum, Anda juga perlu mengerti bahwa pengukuran tidak selalu mengikuti aturan. Tidak semua orang mempunyai alat ukur kecuali memang sangat dibutuhkan misalnya tipe yang dipasang di rumah.

Mayoritas rumah di kawasan Eropa pasti memilikinya untuk memantau suhu di musim panas dan dingin. Mayoritas orang hanya mengandalkan perkiraan dan persepsi tertentu sehingga disebut tidak baku.

Anda telah mengetahui alat ukur suhu yang baku yaitu thermometer. Semuanya menggunakan nama yang sama karena tujuan dan fungsi utama memang setara. Akan tetapi, objek pengukuran berbeda misalnya badan, ruangan, air, dan objek lain.

Suhu merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, dan dengan suhu yang tepat banyak benda bisa melakukan perubahan wujudnya. Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran suhu diantaranya adalah termomter, baik model digital ataupun manual.

Sebagai wawasan tambahan, kami sarankan juga kepada anda untuk membaca artikel mengenai alat ukur lainnya seperti pada cara membaca mikrometer sekrup dan juga cara membaca jangka sorong. Untuk lebih mudah dalam memahaminya ada baiknya anda memiliki alat ukur diatas untuk keperluan pengukuran di rumah.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *