Pengertian dan Cara Membaca Amperemeter

3 min read

Kesimpulannya, Amperemeter adalah alat ukur yang berguna mengetahui nilai arus listrik. Anda dapat cek langsung di bagian skala dan mengerti berapa level arus listrik yang melewati suatu rangkaian.

  • Contoh Soal 2 : Membaca Amperemeter Analog (Tanpa Clamp Ampere)

a. Langkah pertama, Ampere meter dipasang menggunakan rangkaian seri selaras dengan beban yang akan diukur.

membaca amperemeter analog

b. Selanjutnya atur knob mendekati cakupan pengukuran atau sedikit di atas cakupan berdasarkan perhitungan arus yang ada.

membaca amperemeter 2

c. Setelah itu nyalakan sumber tegangan listrik (dalam studi kasus ini menggunakan power supply) dan lakukan pembacaan pada jarum penunjuk skala yang bergerak diantara skala V dan A.

pengukuran amperemeter

Mereka yang bekerja di bidang teknik dan listrik pasti membutuhkan alat ini. Harga amperemeter juga terjangkau apalagi yang model analog. Anda dapat menemukannya di toko listrik dan peralatan elektronik.

Kami sarankan untuk anda yang ingin menekuni ilmu kelistrikan juga membeli multimeter, voltmeter, dan alat ukur kelistrikan lainnya untuk media belajar dirumah. Masing-masing memiliki fungsi berbeda sehingga harus mengetahui dan mengerti cara pakai agar tidak terjadi kendala.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page