Pengertian Analisis dan Contohnya

10 min read

Selengkapnya mengenai fungsi dan tujuan analisis bisa anda lihat pada ulasan dibawah ini :

  • Mengumpulan dan menguraikan suatu data menjadi komponen kecil dan detail untuk diketahui hubungan antar bagian.
  • Mempermudah dalam memahami sebuah data/ informasi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.
  • Memperoleh data/ informasi yang lebih akurat mengenai kebenaran sebuah data tersebut.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan hipotesis, teori atau prediksi sesuatu yang didapatkan dari proses analisis tersebut.

Contoh Analisis Di Berbagai Bidang Keilmuan

contoh analisis

Diantara contoh analisis yang umum digunakan seperti contoh analisis laporan keuangan, analisis kesehatan, analisis militer,  analisis jabatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut beberapa contoh analisis disertai penjabarannya secara lengkap.

Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan tentang penerapan metode dan teknik analisis dari laporan keuagnan dan data yang lainnya utnuk melihat laporan itu ukuran ukuran dan hubungan tertentu yang begitu memiliki kegunaan di dalam proses pengambilan keputusan.

Analisis laporan keuangan suatu perusahaan dasarnya karana ingin mengetahui tingat profitabilitas dan tingkat resiko atau tingkat kesehatan dari suatu perusahaan.

Hal yang begitu mudah di dalam analisis keuangan yaitu menghitung rasio rasio keuangan dari suatu perusahaan, dan ada yang menjadi tantangan untuk analisis bukun perhitungannya tapi bagaiman melakukan analisisnya dan meninterpretasikan raiso keuangan yang timbul.

Analisis laporan keungan juga memiliki beberapa tujuan yaitu :

  • Investasi pada saham

Untuk para investor, analisis laporan keuangan begitu dibutuhkan untuk mengambil keputusan investasi di saham dan menilai kemampuan perusahaan beserta memproyeksikan kemampuan perusahaan di masa mendatang. Investor atau calon investor akan tertarik di tingkat keunutngan yang tinggi dengan tingkat rasio yang rendah.

  • Pemberian kredit

Pada analisis ini, utjuan pokoknya yaitu menilai kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman yang diberikan dan Bungan yang berhubungan dengan pinjaman itu.

Kredit jangka pendek analisis akan fokus kepada kemampuan perusahaan ntuk membayar kewajiban jangka pendeknya saat jatuh tempo. Sementara kredit jangka panjang analasis fokus kepada kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka panjang di saat jatuh tempo.

  • Kesehatan pemasok

Pe3rusahaan bergantung kepada supply pemasok memiliki kepentingan ke pemasok itu. Perusahaan ingin memastikan bahwa pemasok itu sehat dan dapat bertahan.

Dengan kemungkinan kerja sama yang secara terus menerus, analisis dari pihak perusahaan akan berupaya menganalisis profitabilitas perusahaan pemasok, kondisi keuangan, kemampuan untuk menghasilkan kas agar memenuhi operasi setiap harinya dan kemampuan membayar kewajiban di saat jatuh tempo.

  • Kesehatan pelanggan

Jika perusahaan akan memberikan penjualan kredit ke pelanggan jadi perusahaan membutuhkan informasi keuangan pelanggan, terutama mengenai informasi kemampuan pelanggan memenuhi kewajiban jangka pendek. Analisis yang dilakukan akan bergantung kepada besar kredit , jangka waktu kredit, jenis usaha pelanggan, besar kecil usaha pelaggan dan lain sebagainya.

  • Kesehatan perusahaan dilihat dari karyawan

Karyawan dan calon karyawan mungkin yang tertarik menganalisis keuangan perusahaan untuk memastikan apa perusahaan yang akan dimasuki itu memiliki prospek keuangan yang baik. Beberapa faktor yang dapat dianalisis yaitu profitabilatas perusahaan, kondisi keuangan perusahaan, dankemampuan daalma menghasilkan kas dari perusahaan.

  • Pemerintah

Pemerintah dapat menganalisis keuangan perusahaan untuk menentukan pajak yang dibayar atau menentukan tingkat keuntungan yang wajar untuk industir. Jika perusahaan akan menjual saham di pasar modal, jadi pemerintah  dalam hal bapepam akan melakukan analisis keuangan perusahaan untuk menentukan layak atau tidaknya perusahaan itu untuk go public.

  • Analisis internal

Pihak internal membutuhkan informasi kondisi keuangan utnk menentukan seberapa jauh perkembangan perusahaan. Informasi digunakan untuk mengevaluasi prestasi manajemen.

Analisis Jabatan

Analisis jabatan merupakan suatu kegiatan pengumpulan penilaian dan penyusunan beragam informasi dengan sistematis yang berhubungan dengan jabatannya.

Atau pengertian analisis jabatan lainnya adalah kegiatan untuk mempelajari dan menyimpulkan keterangan atau fakta yang berhubungan dengan jabatan dengan sistematis dan teratur.

Teknis analisis jabatan adalah suatu proses yang mana sejumlah pekerjaan dibagi unutk menentukan tugas dan tanggung jawab yang memiliki hubungannya dengan pekerjaan maupun persyaratan apa saja yang harus terpenuhi demana pekerjaan itu delakukan dan kapsitas personal yang disyaratkan untuk meraih kinerja yang semaksimal mungkin.

Ada beberapa tujuan dari analisis jabatan ini yaitu untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kualitas di dalam menghadapi perkembangan ekonomi, untuk menciptakan kenyamanan di saat bekerja dan agar terkendali di dalam pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi yang di dalamnya juga termasuk menentukan hal hal sebagi berikut :

  • Apa saja yang dilakukan para pekerja di jabaan yang sedang diduduki
  • Apa saja wewenang dan tanggungjawab pekerja di jabatan yang sedang diduduki
  • Kenapa pekerjaan itu harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan pekerja itu
  • Peralatan apa saja yang dibutuhkan di dalam menjalankan pekerjaan itu
  • Berapa besar gaji dan seberapa lama jam kerja
  • Pendidikan, pelatihan, dan pengalaman apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan itu
  • Kemampuan dan sikap apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan itu.

Analisis Kesehatan

Analisis kesehatan adalah profesi profesional yang memiliki tanggung jawab penting dalam menganalisa laboratorium kesehatan. Umumnya para analisis kesehatan ini memiliki tugas mengolah sampel data seperti sampel seperti cairan tubuh, darah, dan jaringan serta menginterpretasi hasil

Selain itu analisis kesehatan juga memiliki tugas tugas penting lainnya seperti yang kami sebutkan dibawah ini :

  • Analisis Kimia Klinik
  • Analisis Hematologi
  • Analisis Imunoserologi
  • Analisis Mikrobiologi
  • Analisis Toksikologi
  • Analisis Kimia air & makanan.
  • Analisis Biologi Molekuler atau Patologi Anatomi

Analisis Militer (Alutsista)

Analisis militer adalah aktifitas/ usaha dalam menyelidika dan mengevaluasi sistem pertahanan negara yang dilakukan oleh badan badan terkait seperti TNI atau Mentri Pertahanan (Menham),

Analisis militer ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pembangunan pertahanan dan keamanan sebuah negara. Berikut untuk contoh analisis militer (Alutsista.)

Contoh Analisis Militer :

Ditjen Pothan Kemhan RI selama periode 2015-2019 telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memastikan kesiapan potensi pertahanan nirmiliter sebagai bagian dari Sistem Pertahanan Semesta.

Diantaara pertahanan semesta tersebut seperti pembinaan Industri Pertahanan melalui Kandungan Lokal, Ofset dan Transfer Teknologi pada setiap pengadaan Alpalhankam dari luar negeri, serta penugasan pembuatan First Article.

Selain itu, kerjasama Industri Pertahanan dengan negaranegara sahabat terus dibina, diikuti dengan upaya promosi ke luar negeri dan dalam negeri melalui pameran produk pertahanan.

Indo Defence telah menjadi ajang pameran pertahanan yang besar dan membanggakan. Tiga dari tujuh Program Prioritas Nasional telah mencapai hasil yang mengembirakan yaitu Medium Tank Harimau, Kapal Selam dan Roket RHan-122B.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *