Pengertian dan Fungsi Anemometer

3 min read

Anemometer Adalah ?☑️ Berikut pengertian apa itu anemometer☑️ fungsi, jenis jenis, cara kerja dan contoh membuat anemometer sederhana⭐

Setelah sebelumnya kami ulas beberapa artikel perihal alat ukur seperti Barometer dan juga Potensiometer, kali ini tim kami akan menuliskan salah satu dari varian alat ukur yang wajib anda ketahui yaitu Anemometer.

Bentuk dari alat ini sekilas sederhana yaitu mirip kincir atau baling bahkan ada yang sedikit aneh. Akan tetapi, cara kerja alat ini adalah mendeteksi angin lalu menghitung kecepatannya.

Apa Itu Anemometer ?

gambar anemometer
Gambar Anemometer

Anemometer adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur kekuatan, kecepatan dan juga arah angin. Kata Anemometer berasal dari Bahasa Yunani “Anemos” yang dalam Bahasa Indonesia Berarti Angin. Anemometer pertama kali ditemukan pada tahun 1450 oleh Leon Batista Alberti yang berasal dari Italia.

Instrumen pengukuran yang satu ini seringkali digunakan pada pengukuran cuaca yang dilakukan oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG.

Angin merupakan bagian penting dari prediksi cuaca dan iklim. Kecepatan dan perubahan angin terjadi karena perbedaan tekanan, suhu, dan kelembaban.

Selanjutnya, alat ini juga mampu memperkirakan level angin yang melebihi batas sehingga berpotensi bahaya dan bencana. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai anemometer, simak ulasan berikut ini.

Fungsi Anemometer

anemometer adalah

Fungsi anemometer yang utama adalah sebagai alat untuk mengukur arah, kekuatan dan kecepatan angin. Namun ada beberapa fungsi lain dari anemometer yang diantaranya kami jelaskan pada point point dibawah ini :

  • Mengukur Arah dan kecepatan angin

Fungsi anemometer  yang utama adalah menentukan kecepatan dan arah angin. Alat akan mengukur rata-rata kecepatan dalam periode tertentu terutama menjelang musim yang intensitas hujan sangat tinggi. Selanjutnya, arah dari angin tersebut akan diperkirakan untuk info cuaca harian.

  • Memprediksi Perkiraan cuaca

Sebagaimana yang telah diketahui, angin termasuk komponen cuaca. Kondisi angin sangat mempengaruhi hujan dan awan. Selain itu, potensi bencana seperti angin dengan kecepatan tinggi juga harus diwaspadai. Perkiraan cuaca berguna untuk sementara sehingga harus akurat dengan persentase tinggi.

  • Mengukur Arah dan kecepatan arus laut

Anemometer juga terdapat di daerah laut untuk memperkirakan arah dan kecepatan arus laut. Angin akan menyebabkan gelombang yaitu menggunakan air laut menuju pantai. Semakin besar kecepatan angin maka gelombang juga meningkat.

  • Riset dalam Industri Otomotif

Anemometer juga sering digunakan oleh para pakar industri otomotif dalam melakukan riset pembuatan desain kendaraan supaya bisa menyesuaikan dengan laju arah angin dan menjadi lebih Aerodinamis.

Jenis Jenis Anemometer

jenis anemometer

Secara umum, jenis anometer terbagi menjadi dua yaitu Velocity Anemometer dan Pressure Anemometer, sedangkan jika diklasifikasikan berdasarkan hasil pengukurannya, anemometer terbagi menjadi anemometer suhu konstan (constant-temperature) dan Anemometer daya konstan (constant-power anemometers).

Velocity Anemometer

Jenis jenis anemometer terdiri dari velocity dan pressure. Tipe velocity juga memiliki beberapa varian dan simak daftar berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

  • Anemometer Piala (Cup)

Cup anemometer menggunakan mangkok yang berada di tangkai. Bagian ini akan berputar mengikuti arah angin. Anda dapat membeli alat tersebut dengan mudah karena tersedia di beberapa toko. Selain itu, harga anemometer tersebut juga terjangkau sehingga tipe cup seperti ini sering ditemukan.

  • Anemometer Hot wire

Anemometer yang lain menggunakan hot wire kawat. Alat tersebut diletakkan di suatu tempat lalu membiarkan angin keluar masuk melalui sela-sela kawat. Setelah itu, alat pengukur menerima data dari hasil pergerakan kawat.

  • Anemometer Windmill

Tipe windmill menggunakan baling yang nanti berputar lalu pengukur segera menentukan kecepatan dan arah. Alat ini mirip dengan sistem kincir yang berguna untuk pembangkit energy.

  • Anemometer Ultrasonic

Alat selanjutnya menggunakan gelombang ultrasonic untuk memperkirakan kecepatan angin. Prosedur pemakaian agar kompleks karena alat didesain untuk mendapatkan nilai akurasi yang tinggi.

  • Anemometer Laser doppler

Tipe lain Anemometer adalah laser doppler. Alat ini menggunakan dua laser yang berguna untuk menangkap dan menentukan angin. Perlu diketahui bersama, ini merupakan alat tipe baru dan dipakai oleh peneliti.

  • Anemometer Acoustic resonance

Ada juga alat anemometer yang menggunakan resonansi suara dan dikembangkan sekitar tahun 2000. Bidang penerbangan menggunakan alat tipe yang terintegrasi dengan sistem lain. Data dari alat tersebut segera masuk ke pusat kontrol.

  • Anemometer Ping pong ball

Ada tipe anemometer lain yang sederhana yaitu menggunakan bola pingpong. Angin menggerakkan bola tersebut lalu ditentukan kecepatannya dari pergerakan bola. Ini merupakan tipe alat yang dapat dibuat mandiri atau dibeli dengan mudah.

Pressure Anemometer

  • Anemometer Plate

Tipe Anemometer lain menggunakan plate atau semacam piringan. Alat tersebut perlu diletakkan pada tempat terbuka sehingga mampu menerima pressure atau tekanan. Selanjutnya, sistem perhitungan kecepatan ditentukan dari tekanan tersebut.

  • Anemometer Tube

Alat selanjutnya adalah memakai tube berbentuk U. Cara kerja adalah angin berhembus lalu melewati tabung tersebut sehingga mengubah tinggi dan level cairan. Selanjutnya, perhitungan dilakukan dengan estimasi tekanan dan kecepatan.

Prinsip Kerja Anemometer

cara kerja anemometer

Cara kerja anemometer menerapkan prinsip baling-baling yang bergerak karena ingin. Secara sederhana, alat ini memiliki komponen yang akan berputar karena hembusan angin.

Selanjutnya, putaran tersebut menjadi data sebagai masukan alat pengukur yang terletak di bagian bawah. Alat menentukan nilai kecepatan dari data tersebut.

Desain dan bentuk anemometer disesuaikan dengan kebutuhan dan kapabilitas. Bagian-bagian anemometer terdiri dari komponen yang mampu menerima angin, penghitung kecepatan, dan penyangga.

Selain itu, ada pula bagian lain seperti konektor yang nanti terhubung ke pusat penerima data seperti Generator listrik. Jumlah arus yang dihasilkan oleh generator ini bervariasi tergantung pada kecepatan angin.

Lalu Apa fungsi dari anemometer dalam pembangkit listrik tenaga angin ? Anemometer disini berfungsi untuk menangkap datangnya laju angin dan mengubah hembusan angin tersebut menjadi energi gerak yang akan memutar generator pada pembangkit listrik.

Cara Menggunakan Anemometer :

Menurut salah satu jurnal penelitian Universitas Diponegoro, cara menggunakan anemometer ditentukan tipe dan komposisinya. Akan tetapi, secara umum, Anda tidak akan kesulitan memakai alat ini yang versi sederhana.

  • Langkah pertama adalah mencari posisi terbuka dan tinggi dimana angin dapat berhembus tanpa hambatan. Anda dapat mempertimbangkan pantai, atap gedung, atau tanah lapang.
  • Selanjutnya, letakkan alat tersebut dan pastikan dalam keadaan solid tidak goyah meskipun terkena angin.

Contoh Membuat Anemometer Sederhana

YouTube player

Sumber : Channel dede awit sawitri

Alat dan Bahan :

  • Gunting kertas
  • Kertas Dibentuk seperti lingkaran
  • Kertas origami
  • Jarum Pentul atau Kawat
  • Gelas cup
  • Pensil dengan penghapus diatasnya
  • Sedotan plastik

Langkah Langkah :

  • Gunting kedua ujung sedotan plastik
  • Beri lubang cup gelas menyesuaikan ukuran pensil
  • Gunting kertas origami membentuk segitiga dan segi empat
  • Masukkan potongan kertas origami pada dua ujung sedotan
  • Buat petunjuk arah pada kertas yang berbentuk lingkaran
  • Kemudian letakkan sedotan, pensil, cup plastik diatas permukaan kertas menggunakan jarum pentul
  • Letakkan pada area yang terdapat banyak angin.
Info Alat Ukur Lainnya :
Cara Kerja Voltmeter Cara Membaca Jangka Sorong
Cara Kerja Multimeter Cara Membaca Mikrometer

Seperti yang diketahui bersama, Anemometer adalah adalah alat untuk mengukur angin yaitu arah dan kecepatannya. Pengukuran menggunakan alat yang di bagian tengah penyangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *