Unsur Unsur Lingkaran

3 min read

10 unsur unsur lingkaran dan gambarnya lengkap☑️ Penjelasan bagian bagian lingkaran lengkap dengan contoh gambar☑️

Salah satu bangun datar 2 dimensi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari adalah bangun lingkaran. Bentuknya yang khas tak bersudut ini membuatnya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan bangun datar 2 dimensi lainnya.

Sebuah lingkaran memiliki bagian bagian yang membaginya menjadi beberapa ruas. Untuk membantu anda dalam memahami apa saja unsur unsur lingkaran tersebut, berikut kami ulas informasinya untuk anda.

Pengertian Lingkaran

unsur unsur lingkaran

Menurut ilmu Matematika, Lingkaran adalah himpunan semua titik pada bidang yang berjarak tetap (jari-jari) dari suatu titik tetap (titik pusat). Setiap interval yang menghubungkan titik pada lingkaran ke pusat disebut dengan jari-jari.

Lingkaran juga bisa didefinisikan sebagai bangun datar berbentuk bulat sempurna yang dibatasi oleh satu garis lengkung dengan jarak yang sama dari titik pusatnya.

Semua garis lurus yang ada pada lingkaran jika ditarik dari titik tertentu di dalamnya ke garis batas adalah sama. Artinya, setiap titik di sekitar kurvanya memiliki jarak yang sama dari titik pusatnya. Garis batas pada lingkaran disebut keliling dan titik disebut dengan titik pusat.

Lingkaran adalah bentuk dasar 2D yang diukur dengan jari-jarinya. Lingkaran membagi bidang menjadi dua wilayah seperti wilayah dalam dan wilayah luar. Lingkaran juga disebut sebagai tempat kedudukan titik-titik yang ditarik pada jarak yang sama dari pusat.

Perhatikan gambar Lingkaran dengan titik pusat (P) dan jari-jari (r) dibawah ini. Melalui gambar tersebut bisa kita amati mana saja bagian dalam dan bagian luar lingkaran.

bagian dalam dan luar lingkaran
Via : www.splashlearn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page