Pengertian dan Fungsi Barometer

Posted on

Barometer Adalah ?☑️ Berikut Pengertian, Fungsi, Jenis, Satuan dan cara kerja barometer lengkap dengan contoh gambar ☑️

Saat cek ramalan cuaca, Anda mungkin akan menemukan satu info yaitu tekanan udara. Ini adalah komponen yang berpengaruh terhadap angin yaitu udara bergerak karena perbedaan tekanan.

Para ahli menggunakan alat khusus yaitu barometer untuk melakukan pengukuran tersebut. Secara singkat, Barometer merupakan salah satu jenis alat ukur yang mampu menentukan nilai tekanan udara bebas. Secara detail akan kami ulas dibawah ini.

Apa itu Barometer?

gambar barometer
Gambar Barometer

Pengertian Barometer adalah instrumen alat ukur yang digunakan untuk mengukur tekanan udara dan atmosfer bumi. Kata barometer berasal dari bahasa Yunani yaitu “Baros” (berat) dan “Metron” (Ukuran).

Umumnya instrumen pengukuran barometer ini sering digunakan untuk acuan dalam menganalisis perubahan cuaca dalam waktu dekat dan juga terkadang digunakan untuk mengukur ketinggian para pendaki gunung.

Perlu Anda ketahui, alat ini bekerja mirip dengan termometer tetapi acuan skala berbeda. Selain itu, konfigurasi dan komponen juga lebih kompleks karena harus mengukur tekanan dengan akurasi tinggi.

Satu hal yang perlu diketahui adalah penggunaan di luar ruangan. Untuk mengukur tekanan di dalam ruangan, ada versi barometer yang lain yang sering dipakai pada pompa atau mesin.

Bagian-bagian barometer menyesuaikan dengan tipenya. Ada barometer menggunakan air raksa dan air sebagai acuan skala. Komponen terdiri dari skala, tabung, air raksa, dan bagian yang terhubung ke tekanan.

Ada juga yang memakai logam sehingga membutuhkan komponen metal tertentu yang sensitif terhadap perubahan tekanan. Lebih lengkapnya mengenai macam macam barometer beserta fungsi barometer bisa anda lihat pada ulasan dibawah ini. 

Satuan Barometer

Satuan barometer menurut SI (Satuan Internasional) adalah Pascals (Pa). Namun terkait dengan jenis pengukurannya, terkadang barometer juga menggunakan satuan Millibars (mb), Inches of Mercury (inHg), dan juga Atmospheres (Atm).

Namun untuk membuat ketetapan diantara kedua satuan tersebut, rumusnya adalah : 29,92 inHg = 1,0 Atm = 101325 Pa = 1013,25 mb. Tabel dibawah ini akan menjelaskan satuan satuan barometer yang ada di seluruh dunia.

Satuan Barometer Penerapan
Pascals (Pa) Asal dari Satuan Internasional (SI) Tekanan Udara
Millibars (mb) Satuan Pengukuran Badan Meteorologi
Atmospheres (Atm) Tekanan udara di permukaan laut pada suhu 59 °F (15 °C)
Inches of Mercury (inHg) Umumnya digunakan di Negara Amerika Serikat

Fungsi Barometer

barometer adalah

Fungsi barometer yang utama adalah sebagai alat untuk mengukur tekanan udara dan atmosfer bumi. Disamping fungsi utama tersebut, barometer memiliki fungsi fungsi lain di sektor Meteorologi, Sains & Riset, serta berbagai industri lainnya. Berikut ulasannya :

  • Sektor Meteorologi & Geofisika (BMKG)

Fungsi barometer yang utama adalah di bidang meteorology. Tekanan udara harus tersedia sebagai data di ramalan cuaca. Info ini berguna untuk menentukan arah angin dan hujan.

  • Transportasi udara

Transportasi udara seperti pesawat menyediakan barometer yang terpasang langsung di sistem panel kontrol. Perlu Anda ketahui, udara semakin tipis dan tekanan berkurang ketika berada di ketinggian. Oleh karena itu, sensor ini harus menunjukkan posisi akurat sebagai bagian dari keamanan.

  • Sains dan riset

Barometer juga berguna bagi para peneliti. Mereka menggunakannya saat membutuhkan data terkait tekanan udara. Data tersebut akan dipakai sebagai acuan penelitian sehingga bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.

  • Industri Smartphone

Smartphone terbaru memiliki komponen pengukur tekanan udara. Anda menggunakan sensor ini untuk mengecek kondisi sekitar. Pada umumnya, sensor adalah bagian dari alat pengukur suhu lalu dikembangkan fitur lain untuk mendapatkan info tambahan.

  • Pendakian Gunung

Fungsi barometer yang lainnya yaitu bisa digunakan untuk mengukur ketinggian para pendaki dari permukaan air laut. Alat ini mempunyai peran besar bagi para pendaki gunung maupun para peneliti yang ingin mengetahui berapa titik ketinggian mereka.

Jenis Jenis Barometer

jenis jenis barometer

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara dan atmosfer bumi. Alat ini telah ada sejak ratusan tahun lalu dan versi pertama ditemukan oleh ilmuwan penemu barometer bernama Torricelli yang kemudian disempurnakan oleh Galileo hingga memiliki akurasi lebih tinggi.

Saat ini, jenis jenis barometer tersedia dengan perbedaan komponen tetapi tujuan tetap sama yaitu mengukur tekanan udara. Simak daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • Barometer Raksa

Air raksa sering dipakai untuk mengukur berbagai variabel terkait udara seperti suhu dan tekanan. Barometer raksa memiliki tabung dan skala serta bahan air raksa yang bergerak naik turun sesuai kondisi setempat.

Penggunaan alat ini juga mudah dan lebih praktis. Air raksa dipilih karena memiliki titik didih yang tinggi sehingga tidak pecah dan menguap. Selain itu, titik beku juga sangat rendah untuk menghindari membeku saat melakukan pengukuran di suhu yang sangat dingin.

  • Barometer Air

Barometer air menggunakan cairan yang berada di dua bagian berbeda. Saat tekanan di salah satunya naik atau turun, air akan mengisi atau justru berkurang sehingga tampak dari skala tertentu. Alat ini sering dipakai untuk keperluan cek tekanan yang cepat dan praktis.

  • Barometer Aneroid

Tipe yang lain adalah menggunakan logam disebut dengan aneroid. Barometer ini terdiri dari dua metal yang akan bergerak dan berubah saat tekanan naik atau turun. Selanjutnya, Anda melihat skala dan mengetahui langsung berapa nilai tekanan udara saat ini.

  • Barometer Barograf

Selanjutnya, tipe lain Barometer adalah adalah barograf. Komponen mirip seperti alat sebelumnya tetapi tersedia semacam fitur untuk mencatat. Alat ini akan menuliskan situasi terbaru tekanan pada periode tertentu.

  • Barometer Digital

Alat barometer terbaru dan lebih canggih adalah ver digital. Anda tidak perlu sering melakukan kalibrasi karena teknologi digital memiliki akurasi tinggi. Selain itu, perhitungan dan info yang diberikan juga lebih jelas.

Anda melihat hasil terbaru tekanan udara dari layar LED. Beberapa alat digital seperti ini juga menambahkan fitur seperti termometer sehingga info lebih lengkap.

Cara Kerja Barometer

cara kerja barometer

Pembahasan berikutnya adalah cara kerja barometer yang cukup rumit. Saat memakai tipe raksa, Anda harus menempatkannya di ruang terbuka sehingga terpapar dengan udara secara langsung.

Selanjutnya, cek perubahan dari skala raksa tersebut hingga berhenti di kisaran angka tersebut. Dengan sistem yang sama, barometer berbahan logam juga menentukan skala dari paparan udara langsung.

Cara menggunakan barometer tidak sulit karena alat ini akan bekerja otomatis mirip thermometer. Jika menggunakan versi digital, Anda tidak perlu repot menentukan setting.

Nilai tekanan dan info lain akan muncul di layar LED. Selain itu, ada juga alat mampu mengukur beberapa variabel seperti tekanan, suhu, dan kelembaban.

Cara Menggunakan Barometer Untuk Ramalan Cuaca :

  • Cara meramal/ memprediksi perkiraan cuaca menggunakan barometer kurang lebih seperti ini. Hasil pengukuran tekanan tinggi pada atmosfer umumnya menandakan perkiraan hari ini akan mengalami cuaca cerah.
  • Sedangkan jika ada perubahan pada tekanan atmosfer yang menjadi rendah, diperkirakan akan terjadi mendung, hujan, dan bisa juga sampai ada badai.
  • Tekanan rendah yang ada pada atmosfer ini biasanya beriringan dengan akan datangnya hujan. Diantara dua kondisi tersebut, barometer biasanya akan mengalami sistem perubahan pembacaan.

Jika anda ingin memiliki instrumen pengukuran cuaca ini, perlu anda ketahui bahwa harga barometer menyesuaikan dengan tipe dan ukuran. Untuk penggunaan biasa, Anda sebaiknya memilih versi digital karena terbukti lebih aman dan mudah.

Info Alat Pengukuran Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Voltmeter Pengertian dan Fungsi Jangka Sorong
Pengertian dan Fungsi Multimeter Pengertian dan Fungsi Mikrometer

Selain itu, cara penggunaan barometer juga tidak sulit. Karena alat seperti ini tidak selalu dipakai, harga relatif stabil dan cukup terjangkau. Jadi harga Barometer adalah bervariasi dan pastikan membeli sesuai kebutuhan.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *