Pembahasan Materi Besaran Pokok Lengkap

5 min read

Pengertian, Satuan, Alat Ukur dan Macam macam Kelompok Besaran Pokok LENGKAP☑️ 10 Contoh Soal+ Jawaban pembahasan Besaran Pokok terbaru☑️

Segala macam materi yang ada di dunia memiliki ukuran dan bisa diukur menggunakan satuan atau besaran tertentu. Salah satunya adalah besaran pokok, yang merupakan satuan yang umum digunakan.

Besaran pokok merupakan jenis besaran utama dan menurunkan jenis besaran yang lain. Untuk lebih mudah dalam memahami materi secara detail dan menyeluruh, silahkan teman teman simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Besaran Pokok

besaran pokok

Menanggapi pertanyaan mengenai apa yang dimaksud besaran pokok ? Dalam ilmu fisika disebutkan bahwa besaran pokok adalah besaran yang dapat diukur dengan nilai/ satuan melalui standar fisika dan merupakan dasar untuk menentukan besaran besaran yang lainnya (tidak bergantung pada besaran fisis lain).

Contoh besaran pokok sederhana seperti panjang sebuah benda yang dapat diukur dengan satuan meter (m), massa benda yang dapat diukur dengan satuan kilogram (kg), dan masih banyak yang lainnya.

Nilai pada besaran pokok ini nantinya akan menurunkan sebuah besaran bernama besaran turunan. Karena merupakan besaran utama, ia sering digunakan untuk mengukur satuan yang sudah pasti (baku).

Misalnya ketika Anda hendak mengukur jarak antara dua titik, maka digunakan dimensi besaran pokok panjang. Dari satuan panjang tersebut, dapat ditentukan pula luas dan volume untuk menentukan satuan ukuran lain.

Dimensi Besaran Pokok

Untuk mendapatkan besaran, baik turunan maupun pokok, digunakan satuan internasional, yang lebih sering disebut sebagai SI. SI sudah ditentukan dan menjadi dimensi besaran pokok yang diakui secara internasional, sehingga berlaku di semua tempat.

Untuk besaran pokok, dimensi besarannya sudah ditentukan dan dibagi dalam tujuh bagian, yakni jumlah zat, kuat arus pada listrik, intensitas cahaya, panjang, waktu, suhu, dan terakhir adalah massa. Sedangkan untuk besaran turunan, Anda menggunakan rumus yang dibuat berdasarkan satuan yang telah ditentukan tersebut.

Satuan besaran pokok bermacam-macam, tergantung dengan jenis objek yang hendak diukur. Berikut merupakan penjelasan lebih lengkap mengenai dimensi besaran pokok yang merupakan besaran utama dalam Satuan International (SI).

Tabel Faktor Perkalian Besaran Pokok :

satuan internasional
Via : aplustopper.com

Dilansir dari aplustopper.com, dalam satuan internasional terdapat yang namanya satuan Prefix yang fungsinya untuk menyederhanakan gambaran nilai besaran dalam fisika yang ‘sangat besar/ sangat kecil’. Diantara nilai nilai prefix dalam satuan internasional tersebut bisa teman teman lihat melalui tabel dibawah ini:

Prefix Simbol Nilai
pico P 10-12
nano n 10-9
micro p 10-6
milli m 10-3
centi c 10-2
deci d 10-1
kilo k 103
mega M 106
giga G 109
tera T 1012

Macam Macam Besaran Pokok

Besaran Pokok Dimensi Besaran Satuan SI Simbol SI
Panjang l Meter m
Berat m Kilogram kg
Waktu t Second S
Suhu T Kelvin K
Arus Listrik I Ampere A
Intensitas Cahaya L Kandela cd
Jumlah Zat n Molar mol

Didalam ilmu fisika, terdapat 7 dimensi besaran pokok yang sudah ditetapkan untuk digunakan dalam semua perhitungan di seluruh dunia. Diantara yang termasuk besaran pokok adalah panjang, massa, jumlah molekul zat, suhu, waktu, kuat arus dan intensitas cahaya.

Untuk lebih mudah dalaa memahami tabel 7 besaran pokok diatas, perhatikan ulasan mengenai jenis jenis besaran pokok menurut satuan Internasional dibawah ini :

  • Besaran Panjang

Besaran panjang ini memiliki satuan meter dan dilambangkan dengan L dengan ketetapan rumus berikut : “1 meter = Jarak yang dilalui cahaya pada ruang vakum dengan selang waktu 1/299 792 458 second”

  • Besaran Massa

Satuan yang sering digunakan adalah kilogram dan dilambangkan dengan simbol M. Besaran massa memiliki ketetapan rumus “Tiap 1 kilogram merupakan massa suatu silinder platinum-iridium dengan tinggi dan diameter sebesar 3.9 cm”

  • Besaran Waktu

Contoh besaran pokok lain adalah waktu yang menggunakan lambang besaran t dengan satuan utama detik (second). Ketetapan rumus besaran waktu yaitu “1 detik = Jangka waktu yang diperlukan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 770 kali”

  • Besaran Suhu

Selanjutnya adalah suhu, yang memiliki lambang dimensi theta, ia menggunakan satuan kelvin (K). Ketetapan rumus besaran suhu ini adalah “1 kelvin merupakan pecahan 1/273.16 dari temperatur termodinamika triple point air dengan ketetapan 0 kelvin merupakan 0 absolut (partikel-partikel penyusun materi dalam termodinamika berhenti bergerak).”

  • Besaran Arus Listrik

Untuk besaran pokok arus listrik dan kekuatannya, dipakai lambang I dan menggunakan satuan ampere. Ketetapan rumus ketetapan besaran arus listrik yaitu ” 1 Ampere = arus yang mengalir pada 2 penghantar lurus paralel di ruang vakum dengan gaya tarik-menarik sebesar 2 x 10-7 N/m”

  • Besaran Intensitas Cahaya

Besaran intensitas cahaya memiliki dimensi L dan satuan SI yang dipakai adalah Kandela (cd). Rumus ketetapan besaran cahaya yaitu ” Tiap 1 cd memiliki frekuensi 540×1012 Hz dan intensitas radian di arah 1/683 watt per steradian.”

  • Besaran Jumlah Zat

Terakhir adalah besaran jumlah zat, dimensi besaran pokok jumlah zat menggunakan lambang N dengan satuan mol. Ketetapan rumus jumlah zat adalah sebagai berikut “1 mol = jumlah zat penyusun suatu unsur sebanyak jumlah atom pada 0.012 kg atom Carbon-12.”

Alat Ukur Besaran Pokok

alat ukur besaran pokok
Via : housegrail.com

Setelah mengetahui kelompok besaran pokok yang ada, ada baiknya Anda juga mengetahui alat ukur yang digunakan untuk mengukur satuan utama tersebut. Dengan mengetahui alat ukur yang dipakai, Anda bisa dengan mudah menentukan ukuran suatu objek.

  • Alat Ukur Panjang

Alat ukur panjang merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang atau jarak suatu benda dengan benda yang lain. Alat yang sering digunakan untuk mengukur satuan panjang adalah penggaris atau mistar, meteran, jangka sorong, hingga mikrometer sekrup.

  • Alat Ukur Massa

Alat ukur selanjutnya untuk mengukur besaran pokok adalah alat ukur massa atau berat, yang paling banyak dipakai adalah timbangan. Timbangan memiliki banyak jenis, berdasarkan jenisnya, terdapat timbangan analog dan juga digital, neraca ohaus, kemudian ada juga neraca pegas, dan neraca analitik.

  • Alat Ukur Waktu

Alat ukur waktu merupakan sebuah perangkat atau instrumen yang dapat digunakan untuk pengukuran waktu, bisa berupa jam, arloji, bahkan stopwatch. Semuanya dapat digunakan untuk menghitung waktu dalam rentang waktu tertentu atau mengetahui waktu.

  • Alat untuk Mengukur Suhu

Alat ukur besaran pokok yang terakhir adalah alat ukur suhu, yang merupakan alat ukur untuk melihat berapa kadar suhu suatu objek atau ruangan tertentu. Alat ukurnya adalah termometer yang memilih fungsi dan jenis yang beragam.

  •  Alat Ukur Listrik

Alat ukur besaran pokok selanjutnya adalah alat ukur listrik. Ada banyak sekali varian alat pengukuran listrik yang memiliki fungsi masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *