Contoh Kata Pengantar Makalah Individu dan Kelompok

7 min read

Sebelum dipaparkan contoh kata pengantar yang baik dan benar, penulis akan memaparkan cara membuat kata pengantar berikut pokok-pokok atau apa-apa yang harus dituliskan pada isi kata pengantar tersebut.

  • Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menjelaskan tujuan laporan dibuat untuk tugas apa.
  • Memperkenalkan penulis atau karya kepada pembaca, memberi tahu pembaca mengapa mereka harus membaca buku, dan memberikan kredibilitas pada buku atau penulis.
  • Mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam melaksanakan tugas .
  • Menyebutkan satu persatu pihak yang terlibat serta menyebutkan peran pihak tersebut sebagai siapa.
  • Mengucapkan minta maaf atas kekurangan dalam penyusunan laporan.
  • Memaparkan harapan dan saran penulis untuk kedepannya.
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan dan tahun pembuatan serta tulisan “Penulis” tanpa disebutkan nama dan tanda tangan penulis.

Setelah anda mengetahui point point penting terkait cara membuat kata pengantar diatas, selanjutnya akan kami ulas beberapa contoh kata pengantar makalah singkat yang bisa anda gunakan untuk beberapa karya tulis ilmiah lain seperti skripsi, proposal, laporan dan lain-lain.

Contoh Kata Pengantar Makalah

contoh kata pengantar makalah

Kata pengantar makalah adalah kerangka tulisan pertama dari sebuah makalah penelitian yang berisi ucapan syukur/ terimakasih dan latar belakang dari topik yang anda teliti dalam sebuah karya tulis.

Kata pengantar makalah juga bisa diartikan sebagai hal pertama yang Anda katakan dalam presentasi lisan, atau hal pertama yang dilihat, didengar, atau dialami orang tentang karya tulis anda.

Tujuan penulisan kata pengantar makalah adalah untuk memberikan latar belakang atau meringkas penelitian yang ada serta memresentasikan topik yang Anda buat agar pembaca tertarik untuk membacanya.

Dibawah ini bisa anda lihat beberapa konsep dasar atau tips dalam membuat kata pengantar makalah yang baik dan benar :

  • Buat kalimat pertama Anda tidak bertele tele.
  • Jangan ulangi judulnya.
  • Jaga agar pendahuluan tetap singkat.
  • Gunakan kata “Anda” setidaknya sekali.
  • Dedikasikan 1-2 kalimat untuk mengartikulasikan apa yang dibahas dalam isi makalah.
  • Dedikasikan 1-2 kalimat untuk menjelaskan mengapa makalah yang anda tulis penting.
  • Lihat kekhawatiran atau masalah yang mungkin dimiliki pembaca Anda.

Notes : Kata Pengantar Makalah harus menggunakan bahasa yang baku, dan mudah dipahami oleh si pembaca. Tentunya hal tersebut tidak hanya berlaku pada kata pengantar makalah saja melainkan pada kata pengantar laporan lainnya seperti proposal, skripsi, tesis, maupun disertasi.

Pembeda Kata Pengantar Makalah dengan Kata Pengantar pada karya tulis lainnya yakni biasanya pada kata pengantar makalah hanya ditambahkan dengan judul Makalah pada bagian pembukaan pada Kata Pengantar.

Jadi, garis umumnya Kata Pengantar Makalah dibagi menjadi 3 bagian, yakni :

  • Pembukaan Kata Pengantar
  • Isi Kata Pengantar
  • Penutup Kata Pengantar

Kata Pengantar Makalah Individu

kata pengantar makalah individu

KATA PENGANTAR

Segala Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kelancaran dan kemudahan kepada kami dalam penyelesaian Makalah ini yang berjudul “SISWA-SISWI SMP/MTs DI ERA MILENIAL” untuk memenuhi mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan dengan tepat waktu.

Sholawat serta salam tak lupa kami junjungkan kepada Baginda Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang yakni Agama Islam.

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat dalam penyusunan makalah ini baik dalam segi ide, pikiran maupun tenaga demi terselesaikannya makalah ini yakni permasalahan dalam hal pendidikan khususnya pada tingkat SMP/MTs. Dengan kerendahan hati kami menerima saran dan kritik dari pembaca untuk meningkatkan mutu dari isi makalah ini. Kami harap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca maupun masyarakat dalam kehidupan nyata.

Malang, 17 Oktober 2022

Penulis

Kata Pengantar Makalah Kelompok

kata pengantar makalah kelompok

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, Rahmat dan Anugerah-Nyalah yang telah memberikan kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah Kelompok Tentang Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Kota Watugong berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi mata kuliah Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) oleh kelompok IV yang dibina Dosen Pembimbing kami Achmad Sudiyanto S.Pd.

Makalah ini selesai dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi diantaranya sebagai berikut:

  1. Ibu Darmayani selaku sebagai Kepala SMK Negeri 5 Kota
  2. Ibu Tri sulastri selaku Koordinator Kajian dan Praktek Lapangan (KPL), sekaligus Waka Kurikulum SMK Negeri 5 Kota Watugong.
  3. Bapak Krisnotomo selaku Dosen Pengawas Lapangan yang telah menjadi perantara bagi mahasiswa dan sekolah.
  4. Bapak Sudiyanto selaku Dosen Pengampu Mata kuliah Kajian dan Praktek Lapangan (KPL).
  5. Ibu Ernawati selaku Dosen Pembimbing Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) yang telah membimbing dan memberikan masukan berupa kritik serta saran yang berharga terkait pembelajaran, sikap, dan perilaku ketika menghadapi para siswa di sekolah.
  6. Ibu Iis Dwi Prabawati selaku Guru Pamong yang telah membimbing, memberi motivasi, kritik, saran, dan masukan yang sangat berharga terkait pembelajaran di kelas, menangani siswa di kelas, sikap-sikap tertentu yang harus dilakukan pada siswa-siswa khusus, dan banyak hal yang tentunya merupakan pelajaran berharga yang hanya ditemukan pada calon guru.
  7. Seluruh Bapak, Ibu guru serta Staf-staf SMK Negeri 5 Kota Watugong yang telah banyak membantu dan mau bekerja sama selama penulis melaksanaka Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) di sekolah tersebut.
  8. Rekan-rekan Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) di SMK Negeri 5 Kota Watugong, dari Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya kelompok IV.
  9. Siswa-siswi kelas X A, XI B dan XII C SMK Negeri Kota Watugong atas kerjasamanya selama pelaksanaan kegiatan Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) di kelas.
  10. Semua pihak yang tidak dapatpenulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan Makalah ini, baik dari segi bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan minta maaf dengan segala kerendahan hati penulis berharap pembaca memberikan saran dan kritik yang dapat membangun serta penulis berharap makalah laporan akhir ini semoga dapat bermanfaat untuk si pembaca.

Watugong, 17 Oktober 2022

Penulis

Kata Pengantar Makalah Singkat

kata pengantar makalah singkat

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke-hadirat Allah SWT Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Interaksi Manusia dengan Komputer” dengan lancar dan tepat waktu.

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Selain itu, makalah ini bertujuan menambah wawasan tentang hubungan interaksi manusia dengan komputer bagi para pembaca dan juga penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page