Cara Membuat Diagram Blok Sistem Kontrol

5 min read

Mengenal apa itu Diagram blok dan Contohnya☑️ Panduan cara membuat diagram blok sistem kontrol lengkap dengan gambar☑️

Diagram blok biasa digunakan di dunia engineering atau teknik. Diagram tersebut digunakan untuk memenuhi hal-hal yang berkaitan seputar penjelasan sistem dengan komprehensif seperti hubungan input atau masukan, output atau keluaran yang berhubungan di dalam sistem.

Saat membuatnya, Anda harus mematuhi segala komponen dan aturan seperti halnya ketika anda membuat sebuah diagram alir atau sering kita kenal dengan nama flowchart.

Pengertian Diagram Blok

diagram blok

Secara umum, pengertian Diagram blok adalah jenis diagram yang menggambarkan keseluruhan proses dan fungsi yang dilakukan oleh tiap komponen dan aliran sinyal pada suatu sistem rekayasa (engineering)

Tujuan pembuatan diagram blok adalah untuk merancang sistem baru atau untuk menggambarkan dan meningkatkan suatu sistem yang sudah ada sebelumnya. Struktur pada diagram blok dapat memberikan gambaran mengenai komponen sistem utama, proses utama dan juga hubungan kerja yang ada pada tiap tiap komponen.

Diagram jenis blok banyak digunakan dalam dunia engineering untuk aktivitas terkait rekayasa. Bentuk diagramnya disusun dengan sudut pandang dalam tingkat tinggi dan tidak menampilkan bagian sistem yang detail.

Sistem dalam dunia engineering terspesialisasi hingga terbentuk sebuah diagram. Dengan adanya diagram ini, bagian utama dalam perbaikan sistem yang sebelumnya sudah ada maupun pembuatan sistem yang baru dapat ditunjukkan dengan jelas.

  • Pengertian diagram blok menurut tujuannya

Dilihat dari tujuannya, diagram ini adalah bagian utama yang ada di saat sistem yang telah ada dilakukan perbaikan maupun sistem yang baru dibuat ditunjukkan dalam bentuk diagram.

Susunan bentuk diagram menggunakan sudut pandang yang tergolong tingkat tinggi dan tidak menunjukkan bagian-bagian pada sistem yang terlalu detail.

  • Pengertian diagram blok menurut cirinya

Jika dilihat dari cirinya, maka diagram blok adalah output atau keluaran dan input atau masukan yang dapat dilihat di setiap aktivitas maupun proses dalam pembuatannya.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page