Efek Rumah Kaca

5 min read

Selain itu pengertian efek rumah kaca adalah naiknya suhu bumi yang  disebsbkan oleh adanya perubahan komposisi, yang terdapat pada atmosfer. hal itu menyebabkan sinar matahari tetap berada di bumi.

Dan tidak dipantulkan secara keseluruhan untuk keluar dari atmosfer tersebut. Proses dan akibat yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca, maka terjadi sebuah fenomenea alam karena adanya pantulan dari sinar matahari yang telah melewati atmosfer bumi.

Hal ini juga disebabkan oleh zat yang ada di permukaan bumi, namun dengan adanya fenomena ini dapat menyebabkan kerusakan atmosfer. Berikut ini kami paparkan juga uraian pengertian efek rumah kaca menurut para pakar diseluruh dunia.

Pengertian Efek Rumah Kaca Menurut Para Ahli :

  • Rismana dalam Muhammad Sodiq (2013:11)

Efek rumah kaca adalah kondisi dimana terjadi peningkatan kandungan gas karbondioksida (CO2) di atmosfer yang bergabung dengan gas lain seperti metana dan Chloro fluro carbon pada permukaan bumi.

  • Matematikawan Prancis Joseph Fourier (1824)

Joseph Fourier menyatakan bahwa istilah efek rumah kaca merupakan kondisi atmosfer bumi berfungsi mirip dengan “kotak panas”—yaitu, heliothermometer (kotak kayu berinsulasi yang tutupnya terbuat dari kaca transparan).

  • Fisikawan dan kimiawan Swedia Svante Arrhenius(1903)

Menurut Svante Arrhenius, efek rumah kaca diartikan sebagai kondisi dimana gas gas yang ada didalam bumi mengganggu kinerja atmosfer dalam menyerap panas bumi. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya suhu rata rata didalam bumi.

  • Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (Nasa)

Efek rumah kaca adalah proses yang terjadi ketika gas-gas di atmosfer bumi memerangkap panas matahari. Proses ini membuat Bumi jauh lebih hangat daripada tanpa atmosfer. Efek rumah kaca merupakan salah satu hal yang membuat bumi menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali.

  • Ensiklopedia Britannica.com

Efek rumah kaca adalah kondisi pemanasan permukaan bumi dan troposfer (lapisan atmosfer terendah) yang disebabkan oleh adanya uap air, karbon dioksida, metana, dan gas tertentu lainnya di udara. Dari gas-gas tersebut, yang dikenal sebagai gas rumah kaca, uap air memiliki efek terbesar.

  • Kemendikbud (2013: 198)

Peningkatan suhu rata rata bumi akibat gas gas yang ada didalamnya seperti karbon dioksida (CO2) hasil emisi kendaraan bermotor, metana (CH4) hasil dari pembakaran sampah maupun kotoran hewan, dan Nitrogen Oksida (N2O) yang berasal dari pupuk.

  • Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat (AS)

Asosiasi Energi New Mexico AS menyatakan bahwa efek rumah kaca merupakan kondisi dimana panas di Bumi terperangkap karena terhalang oles gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer.

  • Team SOS (2011: 10)

Efek rumah kaca adalah Kondisi dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi.Gas-gas di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2) dapat menahan panas matahari sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi.

  • Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menyatakan bahwa efek rumah kaca adalah kejadian meningkatnya suhu rata rata permukaan bumi akibat menipisnya lapisan atmosfer bumi. Peristiwa ini menyebabkan cuaca dibumi sekamin panas karena sinar matahari tidak begitu terhalang oleh lapisan atmosfer.

  • Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam

Menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, efek rumah kaca diartikan sebagai kondisi terjadinya krisis lingkungan dan kemanusiaan yang sedang terjadi di Bumi. Kondisi krisis lingkungan ini mengakibatkan suhu rata rata bumi menjadi meningkat dan tidak stabil.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca

Efek rumah kaca didasari oleh sinar matahari yang telah dipantulkan oleh berbagai macam benda yang ada di bumi. Sinar matahari yang dipantulkan ini akan menyebabkan rusaknya laisan ozon.

Jika pada lapisan ozon yang ada di atmosfer bumi berkurang maka suhu di bumi akan naik terus menerus, namun jika suhu di bumi naik maka bumi akan berubah menjadi dingin.

Kondisi tersebut akan menjadi bertambah buruk, karena karbondioksida yang ada di bumi. Karena dapat menahan pantulan sinar matahari sehingga suhu di bumi pun akan semakin meningkat.

Proses terjadinya efek rumah kaca dimulai dari matahari yang akan menyinari bumi dalam bentuk radiasi ultraviolet, yang akan di terima bumi dan kemudian dipantulkan kembali dalam bentuk radisai inframerah, sinar matahari akan masuk ke bumi sebagai panas, lalu kemudian sebagian sinarnya akan dipantulkan ke angkasa permukaan bumi.

Kalor akan terperangkap di bumi pada proses efek rumah kaca sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu rata rata bumi.

Sebagian sinar matahari akan diserap oleh permukaan bumi yang warnanya agak gelap ataupun oleh gas rumah kaca, yang sudah terkandung di dalam atmosfer. gas rumah kaca ini bertindak seperti benda hitam, cahaya yang datang akan dipantulkan kembali sebagai panas.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page