Pengertian Energi Alternatif dan Contohnya

9 min read

Kemudian menurut Nationalgeographic.org, Energi alternatif adalah energi yang tidak berasal dari bahan bakar fosil, sehingga menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2). Artinya, energi yang dihasilkan dari sumber alternatif tidak berkontribusi terhadap efek rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

Sumber energi ini disebut sebagai “alternatif” karena mewakili alternatif untuk batu bara, minyak, dan gas alam, yang telah menjadi sumber energi paling umum sejak Revolusi Industri.

Energi alternatif juga sering dikenal dengan istilah renewable energy yang artinya sumber energi berkelanjutan atau terbarukan. Makna terbarukan adalah sumber energi tersebut tidak akan pernah habis walaupun digunakan dalam jumlah yang tak terkira.

Istilah lain untuk energi alternatif selain energi terbarukan adalah energi non-emisi atau non karbon. Oleh sebab itu, energi alternatif adalah energi bersih yang merupakan kebalikan dari energi tak terbarukan berupa energi fosil.

Apa Perbedaan Sumber Energi Alternatif dan Terbarukan?

Energi alternatif, bagaimanapun, tidak boleh disamakan dengan energi terbarukan, meskipun banyak sumber energi terbarukan juga dapat dianggap sebagai alternatif. Tenaga surya, misalnya, bersifat terbarukan dan alternatif karena akan selalu melimpah dan tidak mengeluarkan gas rumah kaca.

Sedangkan pada tenaga nuklir, bagaimanapun adalah jenis energi alternatif tetapi tidak terbarukan, karena menggunakan uranium, sumber daya yang terbatas.

Kita sekarang tahu bahwa sumber energi alternatif adalah sumber apa pun yang kita gunakan untuk melengkapi atau bahkan menggantikan sumber energi tradisional yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Anda hampir bisa mengatakan hal yang sama tentang sumber energi terbarukan. Tapi ada satu perbedaan halus antara keduanya. Semua sumber energi terbarukan termasuk dalam kategori sumber energi alternatif, tetapi tidak bekerja sebaliknya.

Itu karena sumber energi terbarukan berasal dari sumber atau proses Bumi yang diisi ulang secara alami, seperti matahari, angin, dan air.

Kami menyebut sumber daya ini sebagai yang terbarukan atau berkelanjutan (seperti dalam energi berkelanjutan) karena, tidak seperti bahan bakar fosil, pembaruan terus-menerus yang terjadi secara alami ini membuat mereka tidak habis-habisnya.

Namun, mungkin saja ada sumber energi alternatif yang habis, dan karena itu tidak disebut dengan energi terbarukan. Itulah perbedaannya.

Mengapa Perlu Energi Alternatif ?

Energi alternatif banyak memberikan manfaat untuk kehidupan manusia sehari-hari. Dengan penggunaan energi alternatif, maka resiko energi fosil yang bisa sewaktu-waktu habis dapat diminimalisir. Selain itu, ada alasan lain mengapa perlu energi alternatif seperti :

  • Penggunaannya sangat bermanfaat di masa depan. Energi fosil yang banyak digunakan oleh manusia pada jaman dahulu menimbulkan ketergantungan namun sebenarnya energi fosil tersebut pasti akan mengalami penipisan setiap waktu dan pada akhirnya akan habis.
  • Energi alternatif tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. Hal ini terbukti nyata karena energi fosil dapat menimbulkan dampak buruk dimana lingkungan menjadi rusak. Selain itu, energi fosil tidak dapat diperbaharui sehingga penggunaan energi alternatif lebih dibutuhkan oleh manusia.
  • Energi alternatif dianggap bisa menggantikan energi fosil karena bahan bakar berupa fosil termasuk dalam sumber daya alam yang ketersediaannya suatu saat akan habis dan tidak bisa diperbarui.
  • Energi alternatif berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia di masa mendatang. Hal ini disebabkan pada jaman dahulu manusia hanya bergantung terhadap energi fosil seperti batu bara dan minyak bumi agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi.
  • Sementara itu, energi fosil sendiri semakin lama bisa habis karena memiliki sifat tidak dapat diperbaharui. Bahkan, energi fosil juga bisa menyebabkan lingkungan menjadi rusak. Oleh karena itu, energi alternatif merupakan keseluruhan sumber energi yang memiliki tujuan untuk energi pengganti dari bahan bakar tipe konvensional.
  • Batu bara sebagai salah satu sumber energi fosil terbukti dapat menimbulkan polusi. Dengan adanya polusi yang bersumber dari batu bara, maka bumi bisa menjadi tempat yang tidak layak dihuni.
  • Oleh karena itu, para ilmuwan mengungkapkan bahwa energi alternatif berperan penting agar energi dapat diperbaharui serta tanpa batas. Selain itu, energi alternatif juga dianggap aman untuk digunakan oleh setiap kehidupan makhluk hidup yang tinggal di bumi.

Apa Akibatnya Jika Tidak Ada Energi Alternatif ?

Akibat jika kita tidak memiliki sumber energi alternatif adalah dalam jangka panjang manusia akan kehabisan sumber energi karena manusia akan bergantung pada bahan bakar fosil (energi tidak terbarukan) yang sifatnya bisa habis jika terus digunakan.

Dampak paling besar yang akan terjadi misalnya kita akan kehabisan sumber energi listrik. Kita tahu bahwa sumber energi utama pembangkit listrik adalah minyak bumi dan batu bara. Sedangkan minyak bumi dan batu bara tersebut bukan merupakan energi alternatif/ energi terbarukan, sehingga sumber energi tersebut suatu saat bisa habis.

Contoh Sumber Energi Alternatif

sumber energi alternatif

Sumber energi alternatif adalah jenis sumber energi yang berasal dari alam dan terus diisi ulang secara alami pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang dikonsumsi. Sinar matahari dan angin misalnya, adalah sumber energi alternatif yang terus-menerus diisi ulang dan tidak akan pernah habis.

Energi alternatif berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Sehingga setiap manusia yang tinggal di berbagai belahan bumi manapun diharapkan bisa beralih dari energi fosil ke energi alternatif yang dapat diperbaharui. Berikut macam macam sumber energi alternatif :

  • Energi Alternatif Angin

Energi angin merupakan energi terbarukan yang dapat melakukan perubahan dari energi kinetik menjadi energi mekanik. Perubahan energi tersebut terjadi karena ada hubungan pada generator yang menghasilkan listrik.

Energi ini banyak digunakan oleh Belanda dalam bentuk kincir angin yang digunakan untuk pemompa irigasi pertanian dan penghasil listrik.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page