Pengertian Energi Alternatif dan Contohnya

9 min read

Energi angin telah meningkat tiga kali lipat selama 10 tahun terakhir di berbagai belahan dunia. Energi angin merupakan salah satu sumber energi alternatif yang melayani baik individu maupun seluruh masyarakat.

Sifatnya yang multifungsi dan dapat diproduksi dari kincir angin skala kecil atau turbin angin di properti perumahan hingga ladang angin lepas pantai skala besar di laut membuatnya menjadi populer sejak tahun 2021 lalu.

  • Energi Alternatif Panas matahari

Energi alternatif ini merupakan konversi dari panel surya yang merupakan rangkaian dari cahaya listrik atau sel fotovoltaic. Penggunaan panas matahari dapat membuat kendaraan listrik bergerak asalkan sudah dipasangi panel surya.

Tenaga surya paling sering mengacu pada penggunaan sel fotovoltaik (atau sel surya) untuk menciptakan energi. Dalam skala kecil, Anda mungkin melihat beberapa panel surya di atap rumah yang digunakan untuk menghasilkan energi hanya untuk satu rumah.

Dalam skala yang lebih besar, Anda mungkin melihat ladang tenaga surya yang digunakan sebagai pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik bagi mereka.

  • Energi Alternatif Air

Contoh energi alternatif air bisa kita lihat pada PLTA. Dihasilkan dari energi air yang bergerak, pembangkit listrik tenaga air (juga dikenal sebagai tenaga air) dihasilkan ketika air di belakang bendungan menyebabkan bilah turbin bergerak saat mengalir melalui intake.

Bilah turbin kemudian memutar generator untuk menghasilkan listrik yang dikirim ke rumah dan bisnis. Energi yang dihasilkan melalui pembangkit listrik tenaga air bergantung pada siklus air, yang digerakkan oleh matahari, sehingga dapat diperbarui. Energi air didorong oleh air, menjadikannya sumber energi yang bersih.

  • Bioenergi

Bioenergi umumnya dihasilkan dari bahan organik yang dikenal sebagai biomassa atau biofuel. Beberapa contoh adalah produk sampingan hewan atau tumbuhan yang baru saja hidup dan kayu.

Misalnya, metana dapat ditangkap dari tempat pembuangan sampah untuk menghasilkan bioenergi, yang kemudian kami gunakan untuk menghasilkan listrik dan panas. Etanol merupakan salah satu contoh bahan bakar nabati yang banyak dikenal orang.

  • Energi Alternatif Panas Bumi

Energi panas bumi adalah panas yang dihasilkan jauh di dalam inti bumi. Energi panas bumi adalah bersih, sumber daya terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai panas dan listrik.

Misalnya, mata air panas dipanaskan oleh panas bumi. Ketika air bersentuhan dengan batuan panas jauh di dalam kerak bumi, air dapat naik ke permukaan untuk membentuk mata air.

  • Energi Alternatif Hidrogen

Hidrogen digunakan sebagai bahan bakar pembakaran bersih, yang menghasilkan lebih sedikit polutan dan lingkungan yang lebih bersih. Kami juga menggunakannya untuk sel bahan bakar. Ini mirip dengan baterai dan digunakan untuk memasok daya ke motor listrik.

  • Energi Alternatif Ombak/ Gelombang

Energi gelombang merupakan sumber energi alternatif yang berasal dari gelombang yang bergerak melintasi perairan. Energi gelombang menggunakan generator listrik yang ditempatkan di permukaan laut.

Tinggi gelombang, panjang gelombang, kecepatan gelombang, dan kerapatan air menentukan keluaran energi. Energi gelombang ramah lingkungan, terbarukan, dan tidak berbahaya bagi atmosfer.

  • Energi Alternatif Pasang Surut Air Laut

Dengan adanya pergerakan pasang surut, kita mendapatkan energi pasang surut ketika energi kinetik dari pergerakan air diubah menjadi energi listrik.

Tentu saja, ini adalah salah satu sumber energi spesifik lokasi, tetapi sangat efektif. Energi pasang surut dapat diperbarui dan menghasilkan energi dalam jumlah besar bahkan dengan pasang surut berkecepatan rendah.

  • Energi Alternatif Nuklir atau Uranium

Nuklir atau uranium dapat menghasilkan listrik berjumlah besar yang dibuktikan dengan zat radioaktif sebesar 1 gram menghasilkan 50.000 kwh tenaga listrik per jam. Energi alternatif ini tidak menimbulkan efek rumah kaca. Energi terbarukan berupa nuklir sukses dimanfaatkan. oleh Jepang meskipun resikonya cukup tinggi.

Manfaat Energi Alternatif

energi alternatif adalah
Contoh pemanfaatan energi alternatif

Penggunaan energi alternatif sendiri bukan tanpa sebab. Energi alternatif akan menggantikan penggunaan energi fosil yang mempunyai beberapa dampak buruk bagi kehidupan manusia dan lingkungannya.

Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah teknologi panel surya. Alat ini mampu mengubah energi alternatif sinar matahari menjadi listrik melalui komponen photovoltaic dimana cara kerjanya yaitu dengan mengubah cahaya (photo) menjadi energi listrik (voltaic). Hasil energi tersebut kemudian akan disimpan dalam baterai yang berfungsi sebagai sumber energi listrik.

Berikut beberapa manfaat & keuntungan lainnya dari pemanfaatan energi alternatif :

  1. Dapat menciptakan berbagai lapangan pekerjaan

Penggunaan energi alternatif membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau spesialisasi terkait jenis energi yang digunakan. Tenaga kerja tersebut bisa ditempatkan di beberapa bagian seperti produksi, pemasangan, kontruksi, hingga logistik.

  1. Dapat meredam beragam efek dari pemanasan global

Sumber energi yang konvensional dapat menciptakan racun kimia dan polusi sehingga menimbulkan pencemaran udara. Dengan menggunakan energi terbarukan, maka faktor-faktor yang dapat merusak alam dapat dihentikan.

  1. Dapat meningkatkan kualitas hidup manusia

Energi konvensional dapat menghasilkan tingkat polusi yang tinggi. Hal ini menyebabkan beragam masalah kesehatan terutama masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan. Oleh karena itu, energi alternatif dapat mencegah hal tersebut dan kualitas hidup manusia dapat meningkat.

Kesimpulannya, energi alternatif sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia karena energi alternatif bersumber dari proses alami yang dilakukan secara kontinyu. Energi alternatif termasuk sumber energi sebagai pengganti bahan bakar berupa fosil seperti gas alam, minyak, dan batu bara.

Jangan Lewatkan Materi Pembelajaran Lainnya :
Pengertian Energi Bunyi Poster Hemat Energi Air
Cara Hemat Energi Listrik Poster Hemat Energi Listrik

Masih banyak jenis energi lain yang ada di sekitar kita. Pemanfaatan energi harus dilakukan dengan baik, karena bisa menunjang dan memudahkan manusia untuk beraktivitas.

Anda bisa membaca informasi lebih lengkap dengan menggunakan bantuan internet guna mendalami bab energi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan menambah ilmu serta pengetahuan.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page