Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Fiber Optik Adalah : Jenis, Fungsi & Keunggulan Kabel Fiber Optik

Fiber optik adalah ? Ulasan lengkap mengenai pengertian ☑️ jenis, fungsi, harga, cara kerja ☑️ dan kelebihan kekurangan kabel fiber optik☑️

Teknologi semakin maju terutama komunikasi dan internet. Saat ini, banyak provider menawarkan jaringan cepat berbasis optical fiber. Layanan tersebut mampu melakukan transmisi data lebih besar dan stabil. Penggunaan kabel terbaru tersebut juga menguntungkan dari sisi efisiensi, efektivitas, keamanan, dan maintenance.

Pada umumnya, kabel ini akan dibungkus dengan semacam cladding sehingga dapat dibedakan satu dan lainnya karena bentuknya sudah lebih tebal. Agar lebih jelas dalam memahami pertanyaan seputar kabel fiber optik, berikut kami paparkan detail informasinya.

Pengertian Fiber Optik

fiber optik adalah

Fiber optik adalah serat halus dari bahan kaca atau silika yang berguna untuk transmisi, transfer, dan penghantar sinyal. Berbeda dari kawat tembaga, sinyal tersebut bukan listrik melainkan cahaya. Kabel fiber optik menggunakan material silica atau karbon khusus yang mirip kaca. Ada juga yang menyebutnya sebagai serat plastik karena komponen penyusunnya memang dari bahan isolator.

Fiber optik atau optical fiber berukuran sangat tipis bahkan lebih kecil dari rambut. Karena berbahan dasar kaca, Anda tidak akan mudah melihatnya secara langsung dengan mata. Meskipun menggunakan kaca tipis, kabel tersebut sangat kokoh dan tidak mudah rusak.

Secara teoritis, kaca adalah isolator yaitu tidak dapat menghantarkan listrik. Akan tetapi, cara kerja serat optik menggunakan konsep pembiasan dan pemantulan cahaya. Bagian berikut ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai fungsi, jenis, dan fungsi dari kabel tersebut.

Fungsi Kabel Fiber Optik

fiber optik

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi fiber optik. Kabel seperti ini banyak digunakan di bidang industri, jaringan, telekomunikasi, dan militer. Daftar di bawah ini akan menjelaskan lebih lanjut:

  • Jaringan internet

Jaringan fiber optik sangat penting di bidang internet. Pada awalnya, kabel tersebut dipakai untuk transmisi antar negara di bawah laut sehingga data lebih cepat diterima. Setelah itu, pihak provider menerapkannya langsung ke end user yaitu pengguna rumahan dan bisnis.

Keberadaan kabel ini mampu meningkatkan transmisi data. Setelah sampai di user, internet tersebut di share dengan cara wifi dan hotspot. Inilah alasan mengapa banyak wifi memiliki koneksi cepat karena sumber internet mereka juga stabil dan besar.

  • Tv kabel

Selain internet, tv kabel juga menggunakan kabel serat optik tersebut. Secara umum, prinsip dan penerapannya mirip. Anda berlangganan tv kabel dan tidak lagi menangkap sinyal dari satelit. Transmisi data dikirim langsung via serat optik tersebut. Pada umumnya, layanan internet dan tv kabel atau berbayar menjadi satu kecuali customer memang ingin dipisah.

  • Jaringan lokal

Selain untuk jaringan internet yang luas, serat optik juga penting untuk jaringan lokal. Di kantor, mereka sengaja menggunakan transmisi berbasis cahaya agar data yang dikirim lebih cepat dan menampung ukuran besar. Contoh lain adalah jaringan di kampus yang menghubungkan antar kantor, departemen, dan lokasi lain.

  • Perangkat Otomotif

Optical fiber juga dipakai di industri otomotif. Mobil buatan baru sudah mengurangi kabel tembaga atau sejenisnya karena kurang stabil dan efisien. Sebaliknya, perusahaan menggantikan sistem listrik dan koneksi dalam bentuk fiber.

Ini merupakan perubahan besar yang lebih canggih. Tanpa kabel biasa, desain dan ukuran hingga berat mobil dapat dibuat lebih praktis.

  • Peralatan Militer

Seperti yang diketahui bersama, militer menggunakan teknologi berbeda dan relatif lebih maju. Mereka pasti membutuhkan koneksi data dan jaringan yang stabil. Kabel listrik yang dipakai juga berbentuk khusus dengan kapasitas bandwidth yang sangat besar.

  • Equip Ruang angkasa

Industri luar angkasa mulai berkembang dan kini semakin maju dengan kemunculan beberapa pemain besar. Sama seperti militer, jaringan dan transmisi data mereka bukan lagi level biasa. Kabel fiber optik harus mampu menampung semua koneksi dengan aman dan tepat. Selain itu, penggunaan kabel lebih efisien serta durabilitas lebih tinggi.

Jenis Kabel Fiber Optik

Setelah anda mengetahui pengertian, fungsi, dan juga cara kerja kabel fiber optic yang kami paparkan diatas, ada baiknya anda simak juga secara seksama mengenai varian jenis optical fiber yang ada. Berikut ulasannya.

Single Mode Fiber (SMF)

single mode fiber

Jenis jenis kabel fiber optik yang pertama adalah single mode fiber. Ini merupakan kabel yang memakai satu core. Karena hanya ada satu serat, proses transmisi berlangsung cepat dari satu konektor ke lainnya.

Single mode memiliki cladding dan outer jacket yang kecil. Anda mungkin tidak menyangka bahwa kabel tersebut mampu melakukan transmisi berkecepatan tinggi dan membawa data dengan ukuran besar.

Single Mode Fiber (SMF) umumnya diaplikasikan pada lintasan kabel yang memiliki ukuran mil, atau kilometer. SMF yang berbasis laser ini harganya relatif mahal. SMF biasanya digunakan oleh industri industri besar seperti pada pabrik, kampus, dan juga gedung gedung perkantoran.

 

MultiMode Fiber (MMF)

multi mode fiber

Tipe optical fiber yang lain adalah multimode yaitu satu cladding berisi beberapa core. Kabel ini sengaja menggunakan serat kaca yang banyak agar proses transfer lebih cepat dan efisien. Tentu saja, kapasitasnya cukup besar sehingga mampu menampung data berlebih.

Perlu Anda ketahui, beberapa kabel single mode dapat disatukan pada coating yang sama. Akan tetapi, masing-masing terpisah. Prinsipnya mirip kabel tembaga yang terdiri dari dua atau tiga inti tetapi tetap dibungkus selimut isolator yang berbeda. Penggunaan kabel sepertinya akan menghemat fungsi dan instalasi.

Multimode Fiber, MMF, umumnya diaplikasikan untuk menjalankan kabel yang menggunakan satuan ukur ratusan kaki atau meter. Optik berbasis LED ini memiliki range harga yang relatif terjangkau. Multimode Fiber (MMF) ini umumnya digunakan di industri skala kecil dan menengah. Misalkan saja di sekolah sekolah, ruko, dan juga kampus kampus kecil.

Komponen Fiber Optik

komponen fiber optik

Dari penjelasan diatas, Anda mengetahui bahwa kabel berbagai serat optik sebenarnya mirip dengan kabel yang lain tetapi berbeda material. Tentu saja, mereka memakai kabel ini karena memberikan banyak keuntungan dan mampu memenuhi tugas tertentu dengan baik.

Untuk mengenali lebih lanjut mengenai kabel optical fiber ini, Anda perlu mengetahui komponen komponen dasar yang ada pada varian kabel fiber optik, diantara komponen yang ada pada fiber optik adalah :

  • Core

Optical fiber memiliki bagian inti atau core yaitu serat kaca atau silika yang baru saja disebutkan. Bagian inti sangat tipis sehingga sangat sulit dikenali. Core berfungsi sebagai penghantar cahaya dan ukurannya menentukan kapasitas bandwidth.

  • Cladding

Core membutuhkan cladding atau disebut juga selongsong. Fungsinya sebagai pelindung sekaligus tempat pembiasan dan pemantulan cahaya. Bagian dalam dibuat mirip cermin dengan diameter tertentu.

  • Coating

Cladding masih belum cukup karena rentan tetap butuh proteksi. Kabel menggunakan coating yang mirip sama penggunaan kabel umum. Fungsi coating untuk perlindungan dasar dari gangguan luar. Material yang dipakai juga sangat kokoh dan tidak mudah rusak.

  • Outer jacket

Bagian yang langsung dipegang oleh tangan disebut outer jacket. Ini merupakan bahan yang sama dengan kabel tembaga. Komponennya dapat berupa plastik atau bantalan yang halus untuk mengurangi shock. Bagian ini kadang juga ditambah komponen lain untuk pelindung ekstra.

Cara Kerja Fiber Optik

kabel fiber optik

Pembahasan berikutnya adalah mengenai cara kerja fiber optik. Para ahli menemukan serat optik mampu menjadi penghantar transmisi. Akan tetapi, prinsip penggunaannya berbeda dari kabel yang sudah umum. Simak daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • Sinyal cahaya

Cara kerja fiber optik berdasarkan sinyal cahaya. Yang bergerak dan merambat bukan listrik tetapi cahaya. Satu hal yang perlu Anda sadari adalah cahaya itu sendiri tidak memiliki massa. Jika sebatas tabung terus disinari seperti senter, tidak ada perpindahan energi dan transmisi.

Inilah alasan mengapa harus menggunakan serat dari bahan kaca. Data dan transmisi memakai kaca tersebut untuk berpindah dan cahaya bertugas menggerakkan perpindahan tersebut. Tentu saja, prosesnya bukan lagi seperti lampu biasa atau sinar matahari karena membutuhkan pembiasan dan pemantulan.

  • Pembiasan

Material cladding menggunakan komponen dengan indeks biasa kecil. Fungsinya adalah mengurangi perubahan komposisi gelombang cahaya saat bergerak dari satu konektor ke lainnya. Di dalam cladding, cahaya tersebut akan dibiaskan lalu dipantulkan hingga berpindah dari satu posisi ke lainnya dengan cepat lalu sampai ke tujuan akhir,

  • Transfer data

Konektor fiber optik juga memiliki peran penting yaitu untuk memastikan data yang masuk sama dengan yang keluar serta meneruskan ke kabel lain. Transfer data dan transmisi pada serat optik berlangsung cepat karena gerak cahaya. Akan tetapi, beban ditentukan ukuran kaca sehingga harus ideal dan seimbang.

Anda mungkin berpikir untuk memperbesar ukuran serat sehingga mampu menampung lebih banyak data. Hal ini sudah dilakukan untuk transmisi antariksa dan militer dimana data harus cepat sampai dengan efisien.

Jika besaran transmisi dan ukuran serat tidak sebanding, hasilnya justru tidak efisien. Inilah alasan mengapa mayoritas kabel berbasis optical fiber untuk komunikasi dan internet adalah tipis karena menyesuaikan dengan kapasitas data yang dipakai.

Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Sumber : Channel Ali Mustika Sari

Untuk menyambungkan kabel fiber optik yang terputus, anda harus benar benar memperhatikan langkah langkahnya dengan benar supaya tidak terjadi kerusakan pada jaringan kabel anda. Untuk memudahkan teman teman yang kebetulan mengalaminya, silahkan simak pada video tutorial menyambung kabel fiber optik diatas.

Harga Kabel Fiber Optik

Anda bertanya berapa harga kabel fiber optik di pasaran ? Sebelum mengetahui jawabannya, satu hal yang perlu dipertimbangkan dari fiber optik adalah efektivitas.

Kabel seperti ini tidak dijual eceran dan bukan untuk transmisi listrik biasa. Anda tidak mungkin install di rumah untuk mengganti kabel tembaga. Berikut beberapa literatur harga kabel fiber optik yang berhasil kami rangkum dari marketplace online Tokopedia.com :

Spesifikasi Panjang Harga
Optical Fiber Single Mod Simplex Outdoor 50 Meter Rp.65.500
Kabel Fiber SC/UPC to SC/UPC Single MOD 50 Meter Rp. 66.200
Kabel Patchcord / Patch Cord Fiber Optic SC – SC 5 Meter Rp.14.800
Kabel FO Dropcore Precon 1Core 1 Seling 100 Meter Rp.126.200
Kabel FO Seling UPC/SC to UPC/SC Single Mode 150 Meter Rp.160.750
Kabel FO Vention IGB Patch Cord SC FC Simplex 5 Meter Rp.48.500
Kabel FO FTTH Preecon DropCore + Converter 80 Meter Rp.240.300
Kabel FO Dropcore 3 Sling 4 Core 1000 Meter Rp.1.854.200

Harga kabel fiber optik biasanya menyesuaikan dengan kapasitas dan ukuran serta tipe. Secara umum, kabel single mode lebih murah dari multimode. Disisi lain, harga juga tergantung berapa panjang dan beberapa komponen pendukung. Jika dipakai untuk sebuah proyek, kabel seperti ini memang layak dijadikan opsi terbaik.

Kelebihan & Kekurangan Kabel Fiber Optik

konektor fiber optik

Teknologi kabel seperti ini berkembang karena sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Akan tetapi, pro dan kontra selalu ada sehingga wajib mengerti apa saja yang termasuk kelebihan kekurangan kabel fiber optik.

  • Kelebihan fiber optik

Keunggulan fiber optik adalah salah satunya terletak pada sistem transmisi yang cepat, stabil, dan menampung data besar. Dengan ukuran yang sangat kecil, kabel ini dapat menggantikan fungsi kabel tembaga yang berat dan bear. Dari sisi efisiensi, penggunaan kabel tersebut jelas lebih menguntungkan.

Selain itu, kabel lebih stabil terutama saat transmisi data di cuaca buruk. Saat memakai tembaga, air, cuaca, suhu, dan petir dapat mempengaruhi sinyal listrik. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Kabel dengan bahan optical fiber memiliki durabilitas tinggi dan sangat stabil.

Dari segi ukuran, kabel berbentuk fleksibel dan kecil. Anda tidak perlu takut saat menekuk dan menggulung. Serat kaca atau silika tersebut justru lebih kokoh dan solid. Selain itu, pemasangan mudah dan kabel sangat ringan.

  • Kekurangan fiber optik

Kekurangan fiber optik adalah harga yang mahal untuk sekali pemasangan dan pembelian. Selain itu, ini bukan kabel yang tersedia bebas dan harus mencari di sumber tertentu. Satu lagi yang perlu diketahui adalah pemasangan harus siap dengan support. Meskipun mudah, kabel tidak bekerja kecuali Anda menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk transmisi.

Selain itu, kabel membutuhkan cahaya yang memang didesain untuk kebutuhan transmisi. Anda juga memerlukan operator dan tim ahli berpengalaman untuk hal ini. Tentu saja, budget akan meningkat di proses instalasi awal.

Apakah sudah terjawab rasa penasaran teman teman mengenai pertanyaan definisi  ‘fiber optik adalah?’ Semoga dengan adanya penjelasan mengenai fiber optik diatas dapat berguna sebagai referensi anda dalam mempelajari material kabel fiber optik ini.

Info Elektronika Lainnya :
Gerbang Logika Rumus Slovin
Skala Likert Alat Ukur Elektronika

Materi fiber optik yang kami paparkan diatas sangatlah kompleks, mulai dari pengertian, tipe, komponen, cara kerja, dan fungsi. Bagian terakhir adalah kelebihan dan kekurangan saat memakai kabel tersebut. Jika memang ingin memakai, Anda sudah mempunyai basis pengetahuan yang cukup.

Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *