Gambar Macam Macam Penggaris & Fungsinya

Posted on

Kumpulan contoh gambar penggaris dilengkapi dengan fungsi dan cara penggunaan☑️ Penggaris Busur, Siku, Segitga, Animasi, Kartun☑️

Anda tentu tidak asing dengan penggaris, alat ukur yang digunakan untuk menentukan besaran panjang, lebar maupun tebal dari suatu benda.

Gambar penggaris bisa ditemukan dengan mudah di internet, jenisnya juga beragam. Namun untuk memudahkan anda dalam mencari refrensi macam macam jenis penggaris, berikut kami ulas informasinya.

Penggaris Adalah?

penggaris adalah

Secara sederhana, pengertian penggaris adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda atau digunakan untuk membuat gambar yang lurus. Skala yang sering digunakan pada alat ukur panjang ini adalah millimeter dan centimeter, dengan memanfaatkan skala tersebut Anda bisa menentukan panjang suatu objek.

Ada berbagai ragam ukuran penggaris, yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Penggaris untuk anak sekolah misalnya, biasanya memiliki panjang sekitar 30-60 cm, dengan ukuran 1 meter untuk pengajar menggaris di papan tulis.

Untuk menggunakan penggaris, Anda memerlukan penggaris yang sesuai dengan kebutuhan. Ia juga memiliki fungsi yang sama, sehingga memilih mana yang tepat harus dilakukan agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Fungsi Penggaris

Setelah mengetahui pengertian dari penggaris, sebaiknya Anda juga mengetahui mengenai fungsi penggaris itu sendiri. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi penggaris yang utama adalah untuk menggambar garis lurus pada objek dua dimensi (bidang datar) dan menentukan panjang suatu objek.

Selain itu, terdapat penggaris yang memiliki pola tertentu di dalamnya, sehingga bisa digunakan untuk membuat pola atau gambar tertentu sesuai dengan kebutuhan. Misalnya gambar penggaris segitiga dan fungsinya yang bisa membuat bentuk bidang gambar segitiga dengan lebih mudah.

Hal yang sama dengan penggaris vector, ia bisa digunakan untuk menggaris atau membuat line secara digital untuk membuat hasil vector yang lebih presisi. Anda bisa mendapatkan jenis penggaris yang dibutuhkan dengan membelinya di toko yang menyediakan.

Contoh Gambar Penggaris

Ada banyak gambar penggaris yang sering digunakan, berikut adalah beberapa macam yang sering digunakan, diantaranya akan kami ulas macam macam penggaris yang dilengkapi dengan gambar dan fungsinya.

Gambar Penggaris Siku

gambar penggaris siku
Gambar penggaris siku

Penggaris siku merupakan jenis penggaris yang memiliki bentuk sudut siku, yang gambar penggaris siku dan fungsinya digunakan untuk menentukan sudut siku pada segitiga atau persegi. Ia bisa membuat proses menggambar, membuat garis lurus dan menentukan sudut siku menjadi lebih mudah.

Gambar Penggaris Segitiga

gambar penggaris segitiga
Gambar penggaris segitiga

Jenis penggaris segitiga dan fungsinya yang sering digunakan untuk memberikan bentuk bidang segitiga. Ia bisa menghitung skala sekaligus memudahkan dalam membuat bidang ruang segitiga.

Gambar Penggaris Busur

gambar penggaris busur
Gambar penggaris busur

Fungsi penggaris busur derajat cukup umum ditemui. Bentuk busur biasanya digunakan untuk menentukan sudut lingkaran atau setengah lingkaran. Terdapat garis-garis sudut yang menentukan garis panjang skala sentimeter sebagaimana penggaris pada umumnya.

Gambar Penggaris Besi

gambar penggaris besi
Gambar penggaris besi

Ada banyak jenis penggaris, yang salah satunya bisa ditentukan berdasarkan bahan pembuatanya. Gambar penggaris besi dan fungsinya bisa Anda temukan dengan mudah, sebab penggaris ini dijual bebas di pasaran dan sering dipakai oleh anak sekolahan.

Gambar Penggaris Digital

gambar penggaris digital
Gambar penggaris digital

Selain penggaris atau mistar yang digunakan secara fisik, terdapat pula penggaris yang dipakai secara digital. Ia sering disebut sebagai penggaris online karena digunakan menggunakan perangkat elektronik untuk kebutuhan media daring, seperti vector atau animasi.

Gambar Penggaris Skala

gambar penggaris skala
Gambar penggaris skala

Mistar ini merupakan jenis mistar yang memiliki berbagai ukuran skala seperti 1:1/2, 1: ¼, 1: 1/6 dan 1 1/8. Biasanya penggaris skala atau sering kita kenal dengan penggaris jahit ini kegunaannya adalah untuk membuat pola skala kecil dan mengukur kebutuhan kahin jahitan.

Penggaris jahit ini memiliki skala yang lebih mudah dibaca, sebab warnanya terlihat kontras antara satu dengan yang lain.

Gambar Penggaris Animasi

gambar penggaris animasi
Gambar penggaris animasi

Penggaris animasi adalah penggaris yang memiliki bentuk seperti animasi atau buatan digital. Ia memiliki bentuk yang lebih beragam dan berbagai hiasan jika memang memungkinkan.

Gambar Penggaris Kartun

gambar penggaris kartun
Gambar penggaris kartun

Penggaris kartun memiliki bentuk yang serupa dengan penggaris jenis animasi. Ia sering digunakan oleh seseorang yang menginginkan bentuk penggaris lebih unik dan menarik.

Gambar Penggaris T

gambar penggaris T
Gambar penggaris T

Jenis ini merupakan penggaris yang digunakan untuk menggambar garis yang mendatar, dan berbentuk seperti huruf T. Anda hanya perlu menggeser penggaris tersebut, sehingga ia bisa digunakan untuk menggambar sesuai dengan kebutuhan.

Cara Penggunaan Penggaris

Sumber : Channel LPC Jepara

Cara menggunakan penggaris, baik penggaris fisik maupun digital cukup sederhana. Anda hanya perlu meletakkan penggaris pada skala nol pada ujung kertas atau objek gambar. Kemudian lanjutkan dengan memperhatikan ujung lain dari penggaris tersebut apakah sudah lurus dan presisi.

Bacalah skala atau ukuran yang hendak digunakan, jika hendak mengukur tarik garis lurus dan tentukan ukuran skala dari garis tersebut. Jika menggunakan mistar perhatikan dengan benar gambar penggaris tersebut, apakah sudah lurus dan presisi sebelum menentukan skala ukuran gambar.

Info Gambar Alat Pengukuran Lainnya :
Gambar Jangka Sorong Gambar Mikrometer Sekrup
Gambar Multimeter Gambar Termometer

Demikianlah berbagai penjelasan dan ilustrasi dari gambar alat ukur penggaris yang sering digunakan dalam keseharian. Semoga informasi dari tim wikielektronika.com tersebut dapat membantu Anda, terutama yang membutuhkan gambarnya untuk berbagai kebutuhan.

Penggaris juga memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah. Selamat sukses selalu untuk teman teman semuanya!

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *