Gerbang Logika: Pengertian, Jenis & Tabel Kebenaran Lengkap

Ini materi gerbang logika dasar TERLENGKAP☑️ Definisi, jenis, rangkaian, simbol & tabel kebenaran gerbang logika lengkap (and, or, not) ☑️

Gerbang logika memiliki sebutan dalam bahasa Inggris berupa logic gates. Selain itu, juga kerap disebut sebagai gerbang logika dasar, sebab hanya terdapat satu jenis gerbang.  Nantinya, ketika gerbang gerbang logika dasar ini dikombinasikan, maka akan menghasilkan bentuk yang baru yakni berupa gerbang kombinasi.

Pengertian Gerbang Logika

logic gate

Apa itu gerbang logika ? Menurut para pakar, arti gerbang logika adalah sebuah entitas yang digunakan untuk melakukan suatu proses pengolahan input-input dalam bentuk bilangan biner (bilangan berlogika) memakai Teori Matematika Boolean, yang mana nantinya akan didapatkan suatu sinyal keluaran (output) yang bisa dipakai dalam proses selanjutnya.

Yang dimaksud dengan bilangan biner yaitu hanya ada 2 buah kode bilangan saja yakni angka 0 dan 1. Rumus ketetapan pada lgerbang logika pada umumnya diimplementasikan memakai transistor maupun diode.

Namun, bisa juga dibangun menggunakan komponen tertentu yang telah disusun sedemikian rupa dengan memanfaatkan cairan, relay, mekanik, hingga optik. Terdapat 2 jenis gerbang logika yakni gerbang logika dasar ( AND, OR, NOT) dan juga gerbang logika kombinasi ( NAND, NOR, X-OR, X-NOR). Untuk lebih jelasnya berikut kami paparkan detail ulasannya.

Fungsi dan Simbol Gerbang Logika

simbol gerbang logika

Logic gate ini memiliki fungsi yang bermacam macam. Namun fungsi utama dari logic gate adalah sebagai penerjemah / perintah yang menghubungkan beragam komponen komponen yang ada didalamnya. Misalkan seperti Integrated circuit (IC), lalu Dioda, Transistor, Relay dan komponen elektronika lainnya.

Setelah anda mengetahui definisi dan fungsi gerbang logika dasar diatas. Selanjutnya yang akan kami paparkan pada artikel ini adalah detail gambar simbol gerbang logika lengkap yang wajib anda ketahui :

Fungsi dan Simbol Gerbang OR

Gerbang OR
Simbol Gerbang Or

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang NAND

Gerbang Nand
Simbol Gerbang Nand

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang AND

Gerbang And
Simbol Gerbang And

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang NOR

Gerbang Nor
Simbol Gerbang Nor

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang XOR

Gerbang Xor
Simbol Gerbang Xor

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang NOT

Gerbang Not
Simbol Gerbang Not

Fungsi : 

Fungsi dan Simbol Gerbang XNOR

Gerbang Xnor
Simbol Gerbang Xnor

Fungsi : 

Tabel Kebenaran Gerbang Logika

Via : Channel Dandan Luhur Saraswati

Setelah anda simak ulasan pada video diatas, berikut ini akan kami paparkan detail dari tabel kebenaran gerbang logika yang wajib kamu ketahui detailnya :

Tabel Kebenaran Gerbang OR

A B Y
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

Tabel Kebenaran Gerbang NAND

A B Y
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Tabel Kebenaran Gerbang AND

A B Y
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Tabel Kebenaran Gerbang NOR

A B Y
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 0

Tabel Kebenaran Gerbang XOR

A B Y
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Tabel Kebenaran Gerbang NOT

A Y
0 1
1 0

Tabel Kebenaran Gerbang XNOR

A B Y
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Jenis Gerbang Logika

gerbang logika

Pada dasarnya, terdapat dua jenis gerbang logika yakni gerbang logika dasar ( AND, OR, NOT) dan juga gerbang logika kombinasi ( NAND, NOR, X-OR, X-NOR). Kedua jenis logic gate tersebut jika dijumlahkan totalnya adalah 7. Nah berikut penjelasan 7 macam gerbang logika, diantaranya adalah :

  1. Gerbang NOT

Logic gate not merupakan suatu jenis logic gates yang memiliki fungsi sebagai suatu pembalik, atau yang dikenal dengan istilah inverter. Dengan demikian, nantinya nilai yang merupakan hasil keluaran (output) yang didapatkan akan selalu bertolak belakang dengan masukan (input).

Baca Juga : Fiber Optik
  1. Gerbang AND

Pada Logic gate and jika salah satu atau keseluruhan input berupa bilangan biner 0, maka keluaran (output) yang dihasilkan adalah 0. Sedangkan, apabila keseluruhan masukan (input) berupa bilangan biner 1, maka keluaran yang dihasilkan adalah 1.

  1. Gerbang XNOR

Pada Logic gate xnor, ketika input yang digunakan berbeda, keluaran yang dihasilkan akan menjadi bilangan biner 0. Sedangkan apabila input yang digunakan berlogika sama, nantinya outputnya akan bernilai 1.

  1. Gerbang NAND

Pada jenis Logic gate yang satu ini, ketika seluruh atau sebagian masukan menggunakan bilangan biner 0, maka hasil keluaranya akan menjadi 1. Sedangkan apabila seluruh masukan berupa bilangan biner 1, nantinya keluaran yang dihasilkan akan menjadi 1.

  1. Gerbang OR

Pada Logic gate or jika salah satu atau semua masukan berlogika 1, maka nantinya akan diperoleh keluaran berupa 1 pula. Pun demikian ketika seluruh masukan menggunakan bilangan biner 0, maka nantinya hasil yang dikeluarkan juga akan menjadi 0.

  1. Gerbang NOR

Pada gerbang nor, ketika semua atau salah satu saja masukan yang diterapkan menggunakan bilangan yang berlogika 1, nantinya akan menghasilkan output dengan logika 0. Sedangkan apabila seluruh masukan merupakan bilangan dengan logika 0, nantinya akan didapatkan nilai 1.

  1. Gerbang XOR

Logic gate xor mempunyai karakteristik yakni ketika masukan yang digunakan berbeda, misalnya input A menggunakan nilai 1 dan input B menggunakan nilai 0, maka keluaran yang dihasilkan akan bernilai 1. Sedangkan apabila masukannya sama, keluarannya akan menjadi bilangan biner 0.

Rangkaian Gerbang Logika

rangkaian logic gate

Terdapat 3 jenis rangkaian gerbang logika yaitu:

  1. Rangkaian Menggunakan Satu Masukan (Input)

Dalam hal ini, input yang digunakan hanya memiliki nilai satu, sehingga n = 1. Dengan demikian, total keseluruhan input yang memungkinkan yakni 2n = 21 = 2.

  1. Rangkaian Menggunakan Dua Masukan (Input)

Pada rangkaian ini, masukan yang digunakan ada dua, sehingga diperoleh n = 2. Dengan demikian, jumlah semua kemungkinan inputnya yaitu  2n = 22 = 4.

  1. Rangkaian Menggunakan Tiga Masukan (Input)

Sesuai dengan namanya, rangkaian ini memiliki tiga buah input, maka didapatkan n = 3. Maka, dihasilkan total semua kemungkinan masukannya menjadi 2n = 23 = 8.

Contoh Soal Gerbang Logika Dasar

Diketahui : 

1. Berikut ini merupakan sebuah logika yang dibentuk menggunakan dua buah gerbang dasar yaitu OR dan AND.

contoh soal 1
Via : Webstudi.site

Supaya bisa merealisasikan untai seperti gambar di atas, maka diperlukan 2 IC digital. IC yang pertama memiliki gerbang AND yakni 7408. Sedangkan IC yang kedua memiliki gerbang OR yakni 7432. Kedua gerbang tersebut memakai dua gerbang di IC 7408, sedangkan gerbang yang ketiga hanya memakai satu buah gerbang di IC 7432.

Ditanya : 

Dengan menggunakan sifat universal gerbang NAND, ubahlah gambar untai tersebut agar bisa terealisasikan hanya dengan gerbang NAND.  Hitunglah pula berapa jumlah IC yang diperlukan ?

Jawaban & Pembahasan :

Berdasarkan pada universalitas yang ada di gerbang NOR dan NAND, gerbang AND bisa diwakilkan dengan dua gerbang NAND. Sedangkan untuk gerbang OR bisa diwakilkan dengan tiga gerbang NAND. Dengan demikian akan terbentuk 7 gerbang NAND berikut:

contoh soal 2
Via : Webstudi.site

Misalkan saja gerbang AND pada bagian atas diberikan nomor 1, pada bagian bawah diberikan nomor 2, sedangkan pada gerbang OR pada bagian kanan diberikan nomor 3. Gerbang bernomor 1 bisa diganti menggunakan NAND, sehingga menjadi gerbang bernomor 1A serta 1B.

Demikian halnya dengan gerbang bernomor 2, bisa diganti sehingga menjadi gerbang bernomor 2A serta 2B. Sedangkan pada gerbang bernomor 3 yakni OR bisa diganti menggunakan tiga buah gerbang NAND sehingga menjadi gerbang bernomor 3A, 3B serta 3C.

Dalam hal ini ada dua pasang gerbang NOT ganda, yakni gerbang 2B-3B dan 1B-3A. Kedua pasang gerbang tersebut bisa dihilangkan. Dengan demikian, hasil akhirnya nanti hanya terbentuk dari tiga gerbang NAND.

Sehingga, hasil untainya hanya memakai ketiga gerbang tersebut. Karena IC gerbang NAND 7400 memiliki empat buah gerbang NAND, realisasi untai hanya memerlukan satu buah IC.

Perhatikanlah untai yang ada pada dua buah gambar sebelumnya memiliki fungsi logika yang sama. Kemudian, periksalah kebenaran hasilnya dengan cara membuat sebuah tabel kebenaran lalu bandingkanlah.

Info Elektronika Lainnya :
Pengertian dan Jenis Trafo Penjelasan Skala Likert Lengkap
Pengertian dan Jenis Kapasitor Macam Macam Rangkaian Listrik

Perlu Anda pahami, input pada gerbang logika dalam tabel baris pertama selalu diawali dengan urutan desimal. Sedangkan pada keluarannya ditetapkan berdasarkan rangkaian logika yang digunakan. Setelah memahami seluk beluk terkait dengan materi ini, selanjutnya Anda bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

Related posts:
Gravatar Image
Pernah dua kali tersetrum listrik membuat mahasiswa kelahiran magetan ini menekuni bidang Teknik Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *