Tabel Kebenaran Gerbang Logika

6 min read

F = AB’CD + ABC (D’ + D)

F = AB’CD + ABC (1)

F = AB’CD + ABC

F = AC (B’D + B)

F = AC (B + D)

F = ABC + ACD

Gambar rangkaian gerbang logika dan tabel kebenaran setelah disederhanakan :

soal gerbang logika2

2. Berikut ini merupakan sebuah logika yang dibentuk menggunakan dua buah gerbang dasar yaitu OR dan AND.

contoh soal 1
Via : Webstudi.site

Supaya bisa merealisasikan untai seperti gambar di atas, maka diperlukan 2 IC digital. IC yang pertama memiliki gerbang AND yakni 7408. Sedangkan IC yang kedua memiliki gerbang OR yakni 7432. Kedua gerbang tersebut memakai dua gerbang di IC 7408, sedangkan gerbang yang ketiga hanya memakai satu buah gerbang di IC 7432.

Ditanya : 

Dengan menggunakan sifat universal gerbang NAND, ubahlah gambar untai tersebut agar bisa terealisasikan hanya dengan gerbang NAND.  Hitunglah pula berapa jumlah IC yang diperlukan ?

Jawaban & Pembahasan :

Berdasarkan pada universalitas yang ada di gerbang NOR dan NAND, gerbang AND bisa diwakilkan dengan dua gerbang NAND. Sedangkan untuk gerbang OR bisa diwakilkan dengan tiga gerbang NAND. Dengan demikian akan terbentuk 7 gerbang NAND berikut:

contoh soal 2
Via : Webstudi.site

Misalkan saja gerbang AND pada bagian atas diberikan nomor 1, pada bagian bawah diberikan nomor 2, sedangkan pada gerbang OR pada bagian kanan diberikan nomor 3. Gerbang bernomor 1 bisa diganti menggunakan NAND, sehingga menjadi gerbang bernomor 1A serta 1B.

Demikian halnya dengan gerbang bernomor 2, bisa diganti sehingga menjadi gerbang bernomor 2A serta 2B. Sedangkan pada gerbang bernomor 3 yakni OR bisa diganti menggunakan tiga buah gerbang NAND sehingga menjadi gerbang bernomor 3A, 3B serta 3C.

Dalam hal ini ada dua pasang gerbang NOT ganda, yakni gerbang 2B-3B dan 1B-3A. Kedua pasang gerbang tersebut bisa dihilangkan. Dengan demikian, hasil akhirnya nanti hanya terbentuk dari tiga gerbang NAND.

Sehingga, hasil untainya hanya memakai ketiga gerbang tersebut. Karena IC gerbang NAND 7400 memiliki empat buah gerbang NAND, realisasi untai hanya memerlukan satu buah IC.

Perhatikanlah untai yang ada pada dua buah gambar sebelumnya memiliki fungsi logika yang sama. Kemudian, periksalah kebenaran hasilnya dengan cara membuat sebuah tabel kebenaran lalu bandingkanlah.

Contoh Uji Implementasi Teori Gerbang Logika :

logic gate

Dalam studi kasus kali ini penulis akan membuat contoh perangkat keras rangkaian listrik lampu LED dengan menerapkan rangkaian logika (OR, AND, NOT, NOR, dan NAND).

Perangkat rangkaian listrik ini dirancang untuk memodelkan keadaan pemberian logika biner nol (0) atau satu (1) ke dalam IC rangkaianlogika.

Agar mengetahui bagaimana sistem digital sebenarnya di dalam menghasilkan bilangan biner nol (0) atau satu (1) yang sering dijumpai pada sirkuit digital.

Langkah Langkah :

1. Perancangan Komponen Elektronika Gerbang logika Awal dengan meletakkan beberapa komponen diantaranya adalah IC gerbang, push button dan LED pada PCB dengan bantuan solder dan timah (lihat gambar 1).

uji gerbang logika 1
Gambar 1

2. Mulai merakit alat dengan menghubungkan perangkat ke sumber tenaga yang menggunakan baterai 9 volt (lihat gambar 2).

uji gerbang logika 2
Gambar 2

3. Selanjutnya akan diuji dengan menekan tombol untuk 2 inputan masing masing gerbang terdiri dari gerbang AND, OR, NOT, NAND dan NOR (lihat gambar 3).

uji gerbang logika 3
Gambar 3

4. Hasil Perakitan Dengan Logika Inputan Push Button dengan input logika biner satu (1), dengan menekan tombol push button pada masing-masing IC rangkaian logika yang outputnya adalah lampu indikator LED hidup (lihat gambar 4).

uji gerbang logika 4
Gambar 4

Sumber penelitian : https://media.neliti.com/

Perlu Anda pahami, input pada gerbang logika dalam tabel baris pertama selalu diawali dengan urutan desimal. Sedangkan pada keluarannya ditetapkan berdasarkan rangkaian logika yang digunakan. Setelah memahami seluk beluk terkait dengan materi ini, selanjutnya Anda bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

2 Replies to “Tabel Kebenaran Gerbang Logika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page