Pengertian dan Contoh Membuat Histogram

4 min read

Jika gambar ilustrasi histogram diatas kita bandingkan dengan kelas kelas statistika yang mengerjakan UAS dari beberapa tahun lalu dan dari dosen yang sama, kita dapat menarik kesimpulan gambaran perbedaan tingakt kecerdasan para mahasiswa selama beberapa tahun terahir.

Kesimpulan yang dapat ditarik mengenai perubahan kecerdasan mahasiswa statistika tersebut salah satunya diperoleh dari peningkatan maupun penurunan kemampuan mengajar para dosen seiring berjalannya waktu.

Jika histogram ini dibandingkan dengan kelas-kelas lain pada semester sama yang telah menerima soal UAS yang sama namun berbeda dosen pengajar, maka kita dapat menarik kesimpulan tentang kompetensi relatif dari para dosen.

Materi Statistika Lainnya :
Contoh Analisis Deskriptif Contoh Analisis Linier Berganda
Contoh Skala Likert Contoh Koefisien Korelasi

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa histogram adalah diagram yang digunakan untuk menampilkan frekuensi data. Dengan histogram ini, frekuensi data jadi lebih menarik dan mudah untuk dibaca.

Cara membuatnya bisa dilakukan secara manual atau melalui Excel yang bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa mempelajari berbagai contoh histogram beserta data apa saja yang ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *