Hukum Newton

8 min read

Subtitusi Gaya (F) pada keadaan meja kedua, sehinga didapatkan :

F = mB*a2
40 = 12*a2
a2 = 3.4 m/s2

Hukum Newton 3

hukum newton 3
Ilustrasi hukum newton 3 via: wired.com

Pembahasan yang terakhir adalah hukum Newton3 yang berbicara tentang aksi reaksi. Maksud dari aksi reaksi ini adalah jika benda diberi aksi, maka benda juga akan memberi gaya yang sama besar namun dengan arah berlawanan dari gaya aksi yang diberikan.

Hukum ketiga juga dikenal sebagai hukum aksi dan reaksi. Hukum ini penting dalam menganalisis masalah keseimbangan statis, di mana semua gaya seimbang, tetapi juga berlaku untuk benda yang bergerak selaras atau dipercepat.

Contoh ilustrasinya, sebuah piring diletakkan di atas meja menerapkan gaya ke bawah yang sama dengan beratnya di atas meja. Menurut hukum ketiga, meja menerapkan gaya yang sama dan berlawanan dengan piring tersebut.

Gaya ini terjadi karena berat pada piring menyebabkan meja sedikit berubah bentuk sehingga mendorong kembali piring tersebut seperti pegas yang melingkar.

Bunyi Hukum Newton 3

Bunyi hukum Newton 3 menyatakan ketika dua benda berinteraksi, mereka menerapkan gaya satu sama lain yang sama besar dan berlawanan arah.

Artinya bahwa setiap adanya aksi akan selalu ada reaksi dengan besar yang sama dan berlawanan arah, atau dua benda yang memiliki gaya yang sama besar namun berlawanan arah.

Setiap kali suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua memberikan gaya yang sama besar dan berlawanan arah pada benda pertama.

Rumus Hukum Newton 3

rumus hukum newton 3
Via : scientificsentence.net

Secara notasi matematika, rumus hukum newton 3 adalah F1 = – F2 atau F aksi = – F reaksi , dimana F1 merupakan aksi dan F2 adalah hasil reaksi.

Sebagai contoh jka benda A memberikan gaya pada benda B, benda B juga memberikan gaya yang sama besar dan berlawanan arah pada benda A. Dengan kata lain, gaya dihasilkan dari aksi reaksi yang terjadi pada kedua benda tersebut.

Contoh Soal Hukum Newton 3

a. Seekor burung yang terbang dengan sayapnya menghasilkan sebuah gaya aksi reaksi. Tentukan pasangan aksi-reaksi yang terjadi pada burung tersebut!

Pembahasan :

Gaya Aksi : Gaya dorong yang diberikan sayap burung terhadap udara.

Gaya Reaksi : Gaya dorong burung yang diberikan udara kepada sayap sehingga ikan dapat terbang bergerak.

b. Seorang Tukang bangunan memiliki massa sebesar 50 kg. Kemudian tukang tersebut mendorong tembok dengan gaya sebesar 250 Newton. Maka gaya reaksi yang dilakukan oleh tembok terhadap tukang tersebut adalah. . . .

Pembahasan :

m = 50 kg
F(aksi) = 250 N
F(reaksi) = ….?

F(aksi) = – F(reaksi)
250 = – F(reaksi)
F(reaksi) = -250 N

Perbedaan Hukum Newton 1 , 2 dan 3

Jenis Rumus Bunyi Penerapan
1. Hukum Newton 1 (Inertia) ΣF = 0 Sebuah benda yang diam tetap diam, dan sebuah benda yang bergerak tetap bergerak dengan kecepatan konstan dan dalam garis lurus kecuali jika diberi gaya yang tidak seimbang. Gerak layang-layang saat terjadi perubahan arah mata angin
2. Hukum Newton 2 (Force) ΣF = ma Percepatan suatu benda bergantung pada massa benda dan besarnya gaya yang diberikan. Gerakan pesawat yang dihasilkan dari gaya aerodinamis, berat pesawat, dan gaya dorong
3. Hukum Newton 3 (Action & Reaction) F1 = −F2 Setiap kali suatu benda memberikan gaya pada benda lain, benda kedua memberikan gaya yang sama besar dan berlawanan arah pada benda pertama. Gerakan bola yang berputar, udara dibelokkan ke satu sisi, dan bola bereaksi dengan bergerak ke arah yang berlawanan

Contoh Penerapan Hukum Newton

contoh penerapan hukum newton
Via: global.yamaha-motor.com

Adanya teori hukum ini bisa dibuktikan dengan berbagai peristiwa yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara tidak sadar, beberapa peristiwa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu contoh penerapan hukum Newton. Berikut adalah beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari hari.

  • Contoh penerapan Hukum Newton 1 dalam kehidupan sehari hari

Contoh peristiwa yang berhubungan dengan hukum yang pertama bisa dilihat ketika sedang menaiki kendaraan yang pada awalnya bergerak. Saat direm, badan orang yang mengendarai pun akan terdorong ke depan.

Begitu pula ketika sedang berada di dalam kendaraan yang berhenti, ketika kendaraan yang awalnya berhenti kemudian bergerak, maka badan orang yang berada di dalamnya akan cenderung terdorong ke arah belakang.

Contoh hukum newton 1 dalam kehidupan sehari hari juga bisa kita lihat pada peristiwa peristiwa berikut ini : Gerakan pesawat ketika pilot mengubah pengaturan throttle mesin, sebuah model roket diluncurkan ke atmosfer dan juga gerak layang-layang saat terjadi perubahan arah mata angin.

  • Contoh penerapan Hukum Newton 2 dalam kehidupan sehari hari

Berikutnya adalah contoh hukum Newton 2 yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat ketika Anda sedang mendorong meja. Meja dengan massa kecil dan meja dengan massa besar tentu akan menghasilkan percepatan yang berbeda.

Mendorong meja dengan massa kecil bisa lebih cepat dibanding meja dengan massa besar. Teori ini membuktikan adanya hukum kedua pada peristiwa meja yang didorong tersebut.

Penerapan hukum kedua dalam kehidupan sehari hari juga bisa kita amati pada gerakan pesawat yang dihasilkan dari gaya aerodinamis, berat pesawat, dan gaya dorong.

  • Contoh penerapan Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari

Contoh yang pertama bisa dilihat saat sedang mendayung perahu. Ketika sedang mendayung perahu, pendayung akan menggerakkan alat dayung ke arah belakang, namun arah gerak perahu justru ke arah depan. Ini menunjukkan aksi dan reaksi.

Contoh penerapan selanjutnya bisa kita lihat pada gerakan bola yang berputar, udara dibelokkan ke satu sisi, dan bola bereaksi dengan bergerak ke arah yang berlawanan.

Selanjutnya pada gerakan mesin jet menghasilkan gaya dorong dan gas buang panas mengalir keluar dari bagian belakang mesin, dan gaya dorong dihasilkan dalam arah yang berlawanan.

Demikian tadi pembahasan singkat dan lengkap tentang hukum Newton  1, 2 dan 3 serta peristiwa yang menggambarkan masing-masing hukum tersebut.

Hukum Newton yang berkaitan dengan gaya yang berlaku pada benda beserta arah geraknya sebenarnya bisa diamati dalam berbagai peristiwa di sekitar kita. Setelah memahami tentang hukum ini, diharapkan Anda bisa mengerjakan contoh soal yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa tersebut.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page