Hukum Pascal

5 min read

# Jari jari piston :

r = D/2

# Area piston kecil :

#Area piston besar :

Jadi dengan dengan gaya 50 N, Dongkrat dapat mengangkat beban gaya sebesar 7200 N.

d. Sebuah tekanan sebesar 2000 Pa ditransmisikan ke seluruh kolom cairan yang diterapkan pada piston. Jika piston memiliki luas 0,1 m2, berapakah gaya yang diberikan?

Pembahasan :

F = PA

P = 2000 Pa = N/m2

A = 0,1 m2

Subtitusikan nilai, sehingga diperoleh F = 200 N

e. Soal PR : Sebuah mobil akan diangkat dengan alat dongkrak hidrolik. Apabila pipa besar memiliki jari-jari sebesar 21cm dan pipa kecil memiliki jari-jari sebesar 2cm, maka berapakah gaya yang harus diberikan pada pipa yang berukuran kecil apabila mobil tersebut memiliki berat sebesar 15.000N?

Setelah mempelajari beberapa contoh soal perhitungan hukum pascal diatas, Silahkan teman teman kerjakan soal PR ini dan jawab pada kolom komentar jika sudah mengetahui hasilnya :)).

Penerapan Hukum Pascal

Penemuan hukum Pascal ini bukan tanpa sebab, karena saat ditemukan pun Blaise Pascal mengamati dari fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, hukum Pascal ini juga bekerja dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari hari bisa kita lihat pada Dongkrak hidroli, Pompa Hidrolik, Mesin press kapas, dan juga Rem hidrolik.

Hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari diterapkan untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Berikut adalah beberapa penerapan kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan prinsip kerja Hukum Paskal :

  • Dongkrak Hidrolik

dongkrak hidrolik

Contoh penerapan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah pada dongkrak hidrolik. Dongkrak hidrolik ini adalah alat yang digunakan untuk mengangkat mobil saat akan mengganti bannya. Prinsip kerja alat ini adalah dengan menggunakan dua buah silinder berbeda ukuran, yaitu besar dan kecil.

Cara kerjanya, saat dongkrak ini ditekan, minyak pada silinder kecil tertekan dan mengalir ke silinder besar. Gerakan tersebut kemudian menimbulkan gaya yang mampu mengangkat beban.

  • Pompa Hidrolik

pompa hidrolik

Contoh selanjutnya penerapan dari Hukum Pascal ini ada pada pompa hidrolik. Sebenarnya selain pompa hidrolik, pompa sepeda biasa juga menerapkan hukum Pascal. Bedanya, jika menggunakan pompa hidrolik, tenaga yang dibutuhkan jauh lebih kecil.

  • Rem Hidrolik

rem hidrolik

Dalam industri otomotif khususnya kendaraan roda 4, rem hidrolik pada roda tersebut bekerja menggunakan prinsip hukum paskal.

Ketika kita memberikan sedikit gaya pada pedal rem dengan kaki kita, piston master akan bergerak di dalam master silinder, dan tekanan yang dihasilkan akan ditransmisikan melalui minyak rem untuk bekerja pada piston dengan area permukaan yang lebih besar.

Keuntungan dari sistem pengeriman hidrolik ini adalah bahwa tekanan yang diatur melalui pedal ditransmisikan secara merata ke semua silinder yang terpasang pada keempat roda mobil.

  • Mesin Press Kapas

mesin press kapas

Mesin pengepress kapas juga bekerja berdasarkan prinsip kerja hukum Pascal. Cara kerjanya, saat ada gaya tekan yang dihasilkan oleh mesin, gaya tekan tersebut kemudian menekan penghisap kecil yang menyebabkan penghisap besar bergerak ke arah atas untuk mendorong kapas hingga kapas menjadi padat.

  • Sistem Hidrolik Pesawat

hidrolik pesawat

Sistem hidrolik pada pesawat terbang terdiri dari tiga komponen mekanis dan cairan hidrolik. Bahkan sejumlah kecil cairan hidrolik membantu dalam mentransmisikan sejumlah besar kekuatan tekanan.

Cairan hidrolik yang bersentuhan dengan silinder/piston berada pada tekanan yang berbeda. Sehingga minyak yang berada pada tekanan yang relatif lebih tinggi dapat dipompa ke kedua sisi kepala piston. Katup pemilih membantu dalam mengendalikan arah cairan. Lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar ilustrasi diatas.

Itu tadi adalah penjelasan singkat tentang hukum Pascal, mulai dari bunyi hukum Pascal, prinsip kerja, rumus, contoh soal dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penjelasan dari wiki elektronika di atas kini Anda jadi lebih memahami tentang hukum Paskal ini bukan?

3 Replies to “Hukum Pascal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page