Pengertian dan Fungsi Hygrometer

Posted on

Hygrometer adalah?☑️ Berikut penjelasan lengkap apa itu thermo hygrometer, jenis jenis, fungsi dan cara menggunakan higrometer☑️

Ilmu pengetahuan berhasil menciptakan alat-alat yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah alat ukur yang bernama hygrometer.

Penggunaan alat ukur yang satu ini memiliki kesamaan dengan alat ukur massa, kemudian alat ukur panjang maupun alat ukur suhu lainnya. Hanya saja metode pengukuran dan objek yang akan diukur menjadi pembedanya. Lalu apa itu Hygrometer? Berikut ulasan lengkapnya.

Hygrometer Adalah?

gambar hygrometer
Gambar Hygrometer

Pengertian Hygrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kelembapan dan jumlah uap air di udara di suatu tempat / lingkungan tertentu. Alat ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan edukasi atau sains saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Alat bernama thermo hygrometer mungkin tidak begitu familiar dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam industri dan dalam bidang meteorologi, kesehatan dan peternakan, ini adalah alat yang sudah biasa digunakan.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa thermo hygrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar kelembaban pada udara. Alat ukur ini akan menunjukkan kelembaban relatif yaitu presentase kelembaban pada udara, kelembaban mutlak yang merupakan jumlah kelembaban hingga menunjukkan keduanya.

Ada beberapa bidang yang membutuhkan peran dari alat ini. Seperti pada sektor industri kesehatan dan juga otomotif.

Bagian Bagian Hygrometer

bagian bagian hygrometer

Sama halnya dengan jenis alat ukur lain, hygrometer juga tersusun dari beberapa bagian dengan fungsi tertentu. Berikut adalah bagian-bagian hygrometer beserta fungsinya tersebut.

  1. Skala Wet

Hygrometer terdiri dari dua skala, yang pertama adalah skala wet. Skala wet ini adalah bagian dari hygrometer yang berfungsi untuk mengukur suhu udara yang lembab atau basah atau jenuh.

  1. Skala Dry

Bagian skala yang kedua adalah skala dry. Bagian ini disebut juga sebagai bagian utama karena berfungsi untuk mengukur kelembaban udara lingkungan.

  1. Tabung

Pada hygrometer juga terdapat bagian berbentuk tabung yang berfungsi untuk menampung air.

  1. Sumbu

Hygrometer memiliki bagian bernama sumbu. Bagian ini berfungsi sebagai penghantar air ke bagian skala wet.

  1. Air

Bagian terakhir adalah air. Air ini juga memiliki peran penting karena berfungsi untuk mengetahui adanya suhu basah yang ada pada alat ini.

Fungsi Hygrometer

fungsi hygrometer

Fungsi hygrometer yang utama adalah untuk mengukur kelembapan, atau jumlah uap air yang ada di udara. Contoh penggunaan yang paling mudah dijumpai umumnya pada badan Meteorologi dan juga peternakan yang bisa kita lihat pada kandang penetasan telur, reptil dan di ruang sauna.

Fungsi thermo hygrometer juga banyak dimanfaatkan di bidang industri, terutama industri yang membutuhkan adanya proses coating (pelapisan cat). Bagi para pemilik alat musik yang terbuat dari kayu seperti biola, gitar dan cello, alat ini juga digunakan untuk mencegah dari serangan jamur.

Jenis Jenis Hygrometer

hygrometer adalah

Terdapat macam macam alat ukur thermo higrometer yang ada dipasaran. Namun Dari semua dari semua varian tersebut, Higrometer dengan Kaliber 4R dan Kaliber IV adalah perangkat higrometer yang memiliki tingkat akurasi ketelitian paling tinggi.

Higrometer jenis tersebut mampu membaca dalam ± 1% RH, dan kisaran kelembaban adalah 20-90%.  Hal ini menunjukkan bahwa Kaliber 4R dan Kaliber IV akurat dalam 1% dari kelembaban aktual melebihi semua jenis higrometer yang ada. Berikut untuk varian jenisnya :

  1. Hygrometer Manual Logam

Jenis pertamamerupakan thermo hygrometer logam atau kertas. Jenis thermo hygrometer ini dapat menunjukkan indikasi yang cepat apabila terjadi perubahan kelembaban. Jenis ini memiliki nilai yang tinggi namun akurasinya terbatas.

  1. Hygrometer Analog Regangan Rambut

Jenis hygrometer ini menggunakan rambut manusia atau rambut kuda yang sudah dihilangkan lemaknya. Rambut kemudian dikaitkan pada pengungkit yang tersambung dengan jarum yang menunjukkan skala. Mekanisme pada skalanya akan membuat rambut berubah sesuai dengan perubahan kelembaban.

  1. Hygrometer Digital/ Elektronik

Jenis jenis thermo hygrometer selanjutnya adalah hygrometer digital atau elektronik. Jenis ini menggunakan kaca yang sudah didinginkan dan mekanis tertentu untuk mengetahui kondensasi di permukaan kacanya.

Jenis hygrometer digital ini bisa memberikan tingkat akurasi hingga 0,2°C. Jenis hygrometer ini membutuhkan pembersihan berkala dan terbilang sering serta kalibrasi oleh operator ahli sehingga tingkat akurasinya tetap terjaga.

Higrometer listrik/ elektronik ini memiliki prinsip kerja mengukur perubahan hambatan listrik dari lapisan tipis lithium klorida, atau perangkat semikonduktor, saat tingkat kelembaban mengalami perubahan.

Cara Menggunakan Hygrometer

YouTube player

Sumber : Channel Arif Firmansyah

Untuk cara menggunakan hygrometer pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan alat ukur lain, terutama termometer. Caranya adalah dengan meletakkan hygrometer di tempat yang akan diukur kadar kelembabannya.

Jika sudah, tinggal tunggu beberapa saat sampai proses pengukuran selesai. Setelah itu hasil pengukuran bisa dibaca. Hasil pengukuran biasanya ditunjukkan dalam bentuk persentase (%) bersama derajat celcius.

Cara Kerja Hygrometer :

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagian-bagian dari hygrometer. Dengan mengetahui bagian-bagian tersebut juga akan mempermudah cara membaca hygrometer. Berikut adalah cara kerja dan bagaimana cara membaca alat ini.

  1. Letakkan di Tempat Tertentu

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagaimana cara menggunakan alat pengukur kelembaban ini. Caranya adalah dengan meletakkan di tempat tertentu, tunggu sampai alat menunjukkan skala tertentu lalu baca skala hasil pengukuran.

  1. Membaca Skala Hasil Pengukuran

Untuk membaca skala hygrometer, skala yang menunjukkan kelembaban ditandai dengan huruf h dan suhu ditandai dengan skala derajat celcius. Cara membaca jenis hygromter design lama yang berbentuk bundar, pembacaannya sama dengan membaca termometer.

Satu hal yang harus diperhatikan saat membaca skala ini adalah pastikan saat membaca, alat ini mendapatkan aliran udara yang mengarah ke arah alat tersebut. Caranya bisa dengan menggunakan alat apapun yang bisa mengalirkan udara sehingga bisa membuat slink berputar.

Info Alat Pengukuran Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Manometer Pengertian dan Fungsi Barometer
Pengertian dan Fungsi Anemometer Pengertian dan Fungsi Multimeter

Berdasarkan penjelasan di atas, hygrometer adalah alat ukur yang tidak hanya berguna di bidang sains saja, namun juga di bidang industri. Banyak jenis industri yang membutuhkan peran dari alat ini, karena itu alat ini juga cukup banyak dicari.

Untuk harga, harga hygrometer yang dijual di pasaran terbilang bervariasi. Ada yang dijual terjangkau namun ada juga yang dijual dengan harga tinggi, tergantung jenisnya. Untuk bahan refrensi, berikut bisa anda lihat beberapa variannya disini.

5/5 - (1 vote)
Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *