Pengertian dan Fungsi Hygrometer

3 min read

Jenis hygrometer digital ini bisa memberikan tingkat akurasi hingga 0,2°C. Jenis hygrometer ini membutuhkan pembersihan berkala dan terbilang sering serta kalibrasi oleh operator ahli sehingga tingkat akurasinya tetap terjaga.

Higrometer listrik/ elektronik ini memiliki prinsip kerja mengukur perubahan hambatan listrik dari lapisan tipis lithium klorida, atau perangkat semikonduktor, saat tingkat kelembaban mengalami perubahan.

Cara Menggunakan Hygrometer

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=6J1lMwjAKII[/embedyt]

Sumber : Channel Arif Firmansyah

Untuk cara menggunakan hygrometer pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penggunaan alat ukur lain, terutama termometer. Caranya adalah dengan meletakkan hygrometer di tempat yang akan diukur kadar kelembabannya.

Jika sudah, tinggal tunggu beberapa saat sampai proses pengukuran selesai. Setelah itu hasil pengukuran bisa dibaca. Hasil pengukuran biasanya ditunjukkan dalam bentuk persentase (%) bersama derajat celcius.

Cara Kerja Hygrometer :

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagian-bagian dari hygrometer. Dengan mengetahui bagian-bagian tersebut juga akan mempermudah cara membaca hygrometer. Berikut adalah cara kerja dan bagaimana cara membaca alat ini.

  1. Letakkan di Tempat Tertentu

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang bagaimana cara menggunakan alat pengukur kelembaban ini. Caranya adalah dengan meletakkan di tempat tertentu, tunggu sampai alat menunjukkan skala tertentu lalu baca skala hasil pengukuran.

  1. Membaca Skala Hasil Pengukuran

Untuk membaca skala hygrometer, skala yang menunjukkan kelembaban ditandai dengan huruf h dan suhu ditandai dengan skala derajat celcius. Cara membaca jenis hygromter design lama yang berbentuk bundar, pembacaannya sama dengan membaca termometer.

Satu hal yang harus diperhatikan saat membaca skala ini adalah pastikan saat membaca, alat ini mendapatkan aliran udara yang mengarah ke arah alat tersebut. Caranya bisa dengan menggunakan alat apapun yang bisa mengalirkan udara sehingga bisa membuat slink berputar.

Info Alat Pengukuran Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Manometer Pengertian dan Fungsi Barometer
Pengertian dan Fungsi Anemometer Pengertian dan Fungsi Multimeter

Berdasarkan penjelasan di atas, hygrometer adalah alat ukur yang tidak hanya berguna di bidang sains saja, namun juga di bidang industri. Banyak jenis industri yang membutuhkan peran dari alat ini, karena itu alat ini juga cukup banyak dicari.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page