Pengertian Implementasi dan Contohnya

5 min read

⏩ Implementasi Adalah? Berikut pengertian apa itu implementasi menurut para ahli dan Contoh implementasi ☑️

Dalam berbahasa Indonesia, tentunya ada baiknya menggunakan ejaan dan juga EYD dengan benar. Ada berbagai macam kata dalam bahasa Indonesia yang biasa digunakan dalam laporan dan penggunaan formal lainnya.

Salah satu contohnya adalah kata implementasi. Mungkin banyak diantara Anda yang kerapkali menggunakan kata ini dalam berbagai percakapan keseharian dan laporan, tapi belum tahu akan maknanya.

Merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), sinomim dari kata implementasi adalah penerapan, pelaksanaan pengamalan, pemakaian, penggunaan, pengerjaan, dan aktualisasi.

Untuk membantu anda dalam memahami arti kata implementasi yang benar, berikut ini kami ulas secara detail pengertian apa itu implementasi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) dan juga pendapat para ahli (pakar).

Apa itu Implementasi ?

implementasi adalah

Kata implementasi berasal dari bahasa inggris yaitu to implement yang artinya mengimplementasikan. Dalam kamus besar bahasa Inggris Oxford, kata To implement juga bisa diartikan menjadi to provide the means for carrying out ( menyediakan sarana untuk melaksanakan sesuatu ) dan to give practical effect to ( untuk menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu ).

Sehingga jika diartikan secara umum, pengertian implementasi adalah tindakan pelaksanaan rencana yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang diarahkan pada terciptanya tujuan–tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

Kemudian jika merujuk pada kamus Oxford, implementasi artinya proses penerapan suatu keputusan, metode, ide, atau kebijakan agar sesuatu benar benar benar terjadi sesuai dengan rencana awal yang ditetapkan.

Jika kita melihat definisi di Wikipedia.org, arti implementasi adalah realisasi dari aplikasi, atau tindakan eksekusi dari sebuah rencana, ide, model, desain, spesifikasi, standar, algoritma, atau kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Umumnya arti implementasi dianggap permanen setelah selesai sepenuhnya. Kata ini bukan hanya dipakai dalam sebuah aktivitas semata, tapi juga kegiatan yang dilaksanakan dan juga direncanakan secara serius.

Tentunya semua ini mengacu pada norma tertentu untuk mencapai tujuan dalam sebuah kegiatan. Untuk itu, pelaksanaannya cenderung dipengaruhi dari obyek berikutnya dan bukan berdiri sendiri.

Implementasi berkaitan dengan berbagai tindakan yang dilakukan untuk melaksanakan dan merealisasikan program yang telah disusun demi tercapainya tujuan dari program yang telah direncanakan, karena pada dasarnya setiap rencana yang ditetapkan memiliki tujuan atau target yang hendak dicapai

Arti Implementasi Menurut Para Ahli

arti implementasi

Mungkin Anda masih bingung terkait apa itu implementasi yang sebenarnya. Untuk bisa mengetahui maknanya secara lebih mendalam, maka berikut ini beberapa pengertian implementasi berdasar pendapat dari para ahli.

  • Menurut Budi Winarno

Yang pertama adalah pendapat dari Budi Winarno. Implementasi adalah suatu tindakan yang harus dilakukan sekelompok individu yang sudah ditunjuk demi bisa menyelesaikan suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

  • Menurut Nurdin Usman

Menurut Nurdin Usman, implementasi adalah bermuara di aktivitas, tindakan, aksi atau mekanisme sistem. Bukan hanya sekedar aktivitas saja, tapi Nurdin Usman juga berpendapat jika makna kata ini merujuk di suatu kegiatan terencana demi bisa mencapai tujuan.

  • Menurut Mazmanian dan Sabatier

Mazmanian dan Sabatier juga memiliki pendapat tersendiri terkait makna dari kata ini. Berdasarkan penjelasan dari Mazmanian dan Sabatier, implementasi adalah suatu pelaksanaan dari kebijakan hukum dasar yang juga berbentuk perintah hingga keputusan dan bahkan putusan pengadilan.

Untuk proses pelaksanaannya sendiri berlangsung usai sejumlah tahapan dilalui. Misal saja tahap pengesahan undang-undang dimana outputnya adalah dalam suatu bentuk pelaksanaan kebijakan yang ada sampai korektif bersangkutan.

  • Menurut Harsono

Pengertian implementasi dari Harsono juga beda lagi yakni suatu proses dalam pelaksanaan kebijakan untuk bisa menjadi tindakan kebijakan dari perpolitikan menuju administrasi.

Pengembangan kebijakannya adalah dalam rangka untuk penyempurnaan dari suatu program tertentu. Makna implementasi dari Harsono tentu hanya terbatas pada aktivitas politik saja.

  • Menurut Solichin Abdul Wahab

Pendapat Solichin Abdul Wahab terkait arti kata implementasi adalah berupa tindakan yang dilakukan baik secara individu, pejabat hingga kelompok pemerintah ataupun swasta.

Tindakan ini diarahkan demi bisa tercapainya suatu tujuan tertentu yang sudah digariskan dalam sebuah keputusan kebijakan. Berdasarkan makna dari Solichin, maka makna kata ini cukup meluas.

  • Menurut Prof H. Tachjan

Prof H. Tachjan juga memiliki pendapatnya sendiri dimana definisi implementasi yaitu sebuah kebijakan publik. Tentunya ini berhubungan dengan proses kegiatan administrasi yang dilakukan usai kebijakan sudah disetujui atau ditetapkan. Umumnya kegiatan ini terletak antara perumusan kebijakan dan juga evaluasi nantinya.

  • Menurut Friedrich

Friedrich memaknai implementasi sebagai tindakan yang mengarah di tujuan yang diusulkan seseorang, kelompok, hingga pemerintah di lingkungan tertentu. Hal ini berhubungan dengan hambatan tertentu dan sambil mencari peluang demi mencapai sasaran yang diinginkan.

  • Menurut Hanifah Harsono

Dalam bukunya yang berjudul Implementasi Kebijakan dan Politik, ( 2002 ) dalam ( Harsono ( 2002:67 ) menyatakan bahwa arti implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan dalam rangka penyempurnaan suatu Program.

  • Menurut Majone dan Wildavsky

Majone dan Wildavsky ( 2004 ) dalam ( Nurdin dan Usman, ( 2004:70 ) menyatakan bahwa implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan. Pengertian implementasi sebagai aktivitas yang saling menyesuaikan.

Model Implementasi

model implementasi
Model Implementasi George C. Edward III

George Edward ( 2011 ) dalam ( Widodo ( 2011:96–110 ) melihat implementasi kebijakan sebagai suatu proses yang dinamis, dimana terdapat banyak faktor yang saling berinteraksi dan mempengaruhi implementasi kebijakan.

Faktor–faktor tersebut perlu ditampilkan guna mengetahui bagaimana pengaruh faktor–faktor tersebut terhadap implementasi. Oleh karena itu, Edward menegaskan bahwa dalam studi implementasi terlebih dahulu harus diajukan dua pertanyaan pokok yaitu :

  • Apakah yang menjadi prasyarat bagi implementasi kebijakan?
  • Apakah yang menjadi faktor utama dalam keberhasilan implementasi kebijakan?

Guna menjawab pertanyaan tersebut, Edward mengajukan empat faktor yang berperan penting dalam pencapaian keberhasilan implementasi. Faktor– faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan implementasi kebijakan yaitu :

1. Faktor Komunikasi : Proses penyampaian informasi kebijakan dari pembuat kebijakan ( policy makers ) kepada pelaksana kebijakan ( policy implementors ).

Komunikasi dalam implementasi kebijakan mencakup beberapa dimensi penting yaitu tranformasi informasi ( transimisi ), kejelasan informasi ( clarity ) dan konsistensi informasi ( consistency ). Dimensi tranformasi menghendaki agar informasi tidak hanya disampaikan kepada pelaksana kebijakan tetapi juga kepada kelompok sasaran dan pihak yang terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published.