Panduan Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

7 min read

b. Tempatkan MCB pada panel: Untuk menempatkan pemutus sirkuit, pastikan Anda memilih pemutus sirkuit yang benar yang diizinkan untuk dipasang di panel.

Kemudian, pilih pegangan MCB ke posisi OFF untuk memasangnya dengan mudah. Umumnya, pemutus sirkuit mini memiliki 3 kemungkinan posisi; ON, OFF dan posisi tengah saat tripped.

Untuk memasang pemutus sirkuit dengan benar, sejajarkan dengan palang di panel, dan berikan tekanan pada pemutus sehingga dapat dipasang ke palang plastik

Selanjutnya Hubungkan kabel sirkuit ke panel listrik. Tapi, pastikan circuit breaker masih dalam posisi OFF.

c. Pengujian MCB Listrik: Lepaskan pelat knockout dari penutup Anda sesuai kebutuhan. Anda cukup mencengkeram dengan tang. Kemudian gerakkan maju mundur sampai hilang. Sekarang Anda dapat menyalakan pemutus utama dan menguji pemutus sirkuit miniatur baru Anda.

pemasangan stop kontak
Gambar instalasi stop kontak
Stop kontak adalah bagian terminal akhir dari instalasi listrik rumah yang terpasang secara paralel. Fungsi dari stop kontak sederhana, yakni sebagai alat pemutus arus listrik ketika terjadi kontak positif maupun negatif pada penggunaan listrik.

Untuk Anda yang hendak memasang stop kontak, sebaiknya gunakan tespen untuk mengetahui apakah terdapat tegangan listrik di dalamnya.

Stop kontak juga sering disebut sebagai kotak kontak karena bentuk perseginya, walaupun sekarang ia memiliki bentuk yang lebih variatif mengikuti perkembangan zaman.

Tips memasang stop kontak juga tidak rumit, pastikan memang terdapat arus listrik disana dan tiga kabel yang digunakan, yakni kabel masuk, keluar, dan pada stop kontak tersambung dengan baik.

  • Teknik Pemasangan Saklar Tunggal

instalasi listrik saklar tunggal
Gambar instalasi listrik saklar tunggal

Dalam instalasi dan penggunaan listrik, gambar saklar merupakan gambar yang paling banyak dicari di internet, apalagi terkait dengan teknis pemasangan.

Gambar jenis tersebut sebenarnya sederhana saja konsepnya, asalkan sesuai dengan fungsi dan prosedur pemasangan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari pemasangan dan tata letak saklar.

Jika Anda hendak memasang saklar tunggal pun, Anda juga harus memastikan keamanannya seperti saklar jenis ganda. Saklar yang digunakan sebagai media untuk menyalakan dan mematikan fungsi alat listrik, harus dikawat dengan sambungan yang aktif.

Pastikan tidak ada kabel listrik yang terbalik ketika pemasangan, karena bisa mengakibatkan saklar tidak bekerja secara optimal.

Agar tidak banyak kekeliruan ketika Anda memasang saklar, posisikan saklar di tempat yang agak tinggi agar tidak ada kabel yang saling bersilangan.

Jangan lupa untuk mengoperasikannya sesuai dengan ketentuan. Terdapat dua bagian dalam saklar ketika Anda hendak melakukan pemasangan, yakni penghantar aktif dan pentahanan.

  • Teknik Pemasangan Saklar Ganda

instalasi listrik saklar ganda
Gambar instalasi listrik saklar ganda

Untuk penggunaan lampu rumah, jenis saklar ganda merupakan yang paling banyak digunakan. Jenis saklar ini pemasangannya cukup rumit, karena itu Anda harus memperhatikan dengan benar teknisnya karena ia mengontrol banyak peralatan di tempat yang berbeda.

Sebelum memasang, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips agar pemasangan jenis saklar ini aman.

  1. Persiapkan perlengkapan dengan baik, utamakan menggunakan alat alat listrik yang original untuk menghindari kegagalan fungsi.
  2. Siapkan tempat pasang saklar yang strategis, apalagi untuk penerangan, letakkan di dekat pintu agar mudah dicapai.
  3. Gunakan rangkaian listrik paralel, pastikan semua kabel terpasang dengan baik, sehingga tidak ada sisa yang menyeruak dan mengakibatkan peluang tersetrum dan kegagalan instalasi listrik rumah.

Syarat Instalasi Listrik Rumah Tangga

komponen instalasi listrik

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melakukan instalasi listrik rumah tangga. Syarat syarat tersebut tercantum dalam buku panduan instalasi listrik standar PLN pada PUIL 2022. Diantara syarat syarat tersebut antara lain:

  • Keamanan, maksudnya adalah instalasi listrik rumah yang dibuat harus benar benar memenuhi standar keamanan yang ada. Instalasi kelistrikan perlu dibuat dengan sebaik mungkin dengan tujuan meminimalisasi angka konsleting.
  • Ekonomis, maksud dari syarat ekonomis pada instalasi listrik rumah tangga adalah teknik instalasi kelistrikan dirangkai sebaik mungkin guna mengurangi kerugian daya listrik yang terjadi kedepannya.
  • Keandalan, pembuatan instalasi listrik rumah tangga harus dilakukan oleh orang atau teknisi yang benar benar faham supaya tidak terjadi kecelakaan atau konsleting akibat kesalahan saat melakukan instalasi.
  • Peralatan dan perlengkapan listrik yang digunakan harus memenuhi standar yang ada serta dipasang sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Pengujian. Instalasi listrik yang baru dipasang atau mengalami perubahan harus dilakukan pengujian terlebih dahulu sebelum benar benar digunakan untuk jangka waktu yang panjang.
  • Sertifikasi. Semua instalasi listrik rumah tangga, penggunaan dan perawatan harus sesuai dengan PUIL dan memiliki sertifikat yang sah.
Jangan Lewatkan Materi Kelistrikan Lainnya :
Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana Pengertian Listrik Statis
Pengertian Listrik Dinamis Komponen Elektronika Dasar

Demikianlah berbagai tips dan teknik pemasangan instalasi listrik rumah tangga versi wikielektronika.com. Semoga bisa membantu Anda untuk mendapatkan pengetahuan untuk digunakan di masa yang akan datang.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page