Pengertian Internet dan Dampaknya

6 min read

Internet adalah?☑️ Berikut singkatan, kepanjangan dan pengertian Internet menurut para ahli dilengkapi dampak positif dan negatifnya☑️

Dizaman yang serba digital ini, kebutuhan akan jaringan internet seakan menjadi kebutuhan primer. Bagaimana tidak, hampir setiap aktifitas manusia di seluruh penjuru dunia membutuhkan akses internet dalam rutinitas sehari hari.

Bukan hanya kebutuhan komunikasi saja, internet kini juga menjadi gaya hidup masyarakat untuk bersosial media, berbisnis, hingga aktifitas gaming. Lalu apa sebenarnya kepanjangan dan pengertian internet itu sendiri? Berikut paparan lengkapnya.

Apa itu Internet?

internet adalah

Kata Internet adalah singkatan dari Inter Conennection Network atau international network. Secara umum, pengertian internet adalah sistem jaringan komputer global yang menghubungkan satu dengan lainnya melalui standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk sarana komunikasi data miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sedangkan jika secara etimologi kata internet berasal dari bahasa latin yaitu ‘inter’ yang memiliki arti antara. Sehingga internet merupakan jaringan yang terdiri atas milyaran komputer di seluruh bagian dunia.

Penemu internet pertama kali adalah ‘Leonard Kleinrock’ tepatnya pada tanggal 29 oktober 1961 melalui penemuan besarnya yaitu jaringan Internet. Leonard Kleinrock merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat.

Istilah lain dari internet adalah ‘NET’ yang merupakan singkatan dari kata Network. Menurut sejarah yang ada, pada tahun 1849 kata internetted pertama kali dikenalkan tanpa menggunakan kapitalisasi sebagai kata sifat yang memiliki arti saling terjalin atau saling berkaitan.

Lalu jika jaringan internet sendiri apa? Jadi, Pengertian jaringan internet adalah jaringan yang menghubungkan jutaan komputer dari seluruh belahan dunia, tanpa ada batas wilayah atau Negara.

Seseorang yang mempunyai komputer bisa tergabung dengan jaringan internet dengan melakukan koneksi ke internet service provider  atau penyedia layanan internet. ISP contohnya seperti indosatNet, Telkom Speddy, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, jaringan internet juga merupakan konsep jaringan yang begitu sangat luas dan dapat dipakai secara internasional. Internet juga melibatkan beragam jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda – beda.

Untuk mengatur, mengintegrasi dan juga mengkomunikasikan jaringan, menggunakan standard protocol internet TCP/IP. TCP mempunyai tugas mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

pengertian internet

Berikut ini terdapat beberapa pengertian internet menurut para ahli yang dapat membantu dalam memahami internet secara jelas dan mendalam yaitu :

  1. Pengertian internet menurut Onno W. Purbo

Internet adalah  sebuah edia yang dipakai untuk efisiensi proses komunikasi yang disambung dengan beragamaplikasi contohnya Web, VoIP, dan E-mail

  1. Pengertian internet menurut Allan

Internet adalah kumpulan dari beberpa jaringan komputer yang terhubung menjadi satu denga fisik dan memiliki kemampua membaca dan menguraikan beragam protocol komuniskasi tertentu yang biasa kita kenal denga Internet protocol dan transmission control protocol.

Protocol diaritikan sebagai spesifikasi sederhana bagaimana dua atau bahkan lebih komputer bisa bertukar informasi.

  1. Pengertian internet menurut Strauss, El-Ansary, dan Forst

Internet adalah jaringan komuter yang berhubungan satu dengan lainnya. Ada beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan menyimpan dan memiliki beberapa file yang dapat diakses dan digunakan.

Contohnya halaman web, juga data yang bisa digunakan, dan diakses beberapa komputer yang terhubung dengan internet.

  1. Pengertian internet menurut Oetomo

Internet adalah singkatan dari International Network, yang dapat di artikan salh satu jaringan komputer yang begitu besar, dimana jaringan komputer terdiri dari berbagai jaringan yang kecil – kecil yang terhubung satu dengna lainnya. Jaringan komputer yang begitu besar bisa mencapai seluruh belahan dinia.

  1. Pengertian internet menurut Randall dan latulipe

Internet adalah jaringan global yang ada di dalam jaringan komputer. Internet merupakan jaringan global terdiri dari beberapa jaringan komputer, yang dapat diakses dimana aja.

  1. Pengertian internet menurut Kayo, Mori, dan Takono

Ada  pendapat bahwa internet mempunyai  tiga kespesialan. Kespesialan itu  yang pertama kebebasan internet, internet dapat memberi pemakainya seperti kuasa untuk memberi dan menerima informasi dengan bebas, yang kedua lebih dinamik dan dinlai mengikuti dalm perkembangan waktu.

Informasi banyak ada dalam internet yang bisa diakses yaitu informasi yang paling update dari pada informasi di mdia cetak. Dan kespesialan yang terakhir yaitu jaringan yang memiliki sifat interaktif.

Karena dengan menggunakan internet para pengguna sangat mungkin untuk melakukan interaksi dengan pengguna  lain di belahan dunia mana pun dan kapan pun.

  1. Pengertian internet menurut Supriyanto

Internet adalah suatu hubungan atar beragam jenis komputer dan jaringan di dunia memiliki sistem operasi dan aplikasi berbeda, dari hubungan itu ada manfaat kemjuan perangkat komunikasi contohnya telepon dan satelit yang memakai protocol standar untuk melakukan hubungan komunikasi antara lain TCP / IP (Transmission Control  / Internet Protocol)

  1. Pengertian internet menurut Harjono

Internet adalah kumpulan beberapa komputer, yang dapat mencapai jutaan komputer di dunia yang bisa berhubungan dan terkoneksi satu dengan yang lain.

Komputer bisa terkoneksi satu dengan yang lain, dibutuhkan media yang bisa saling menghubungkan antar komputer. Media yang bisa digunakan adalah kabeel atau serat optic, satelit dan sambungan telpon.

Internet Of Things

internet of things

Internet Of Things (IOT) adalah konsep yang menjelaskan sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan suatu data melalui jaringan tanpa menggunakan perangkat komputer maupun user (manusia).

Dijaman seperti sekarang ini sering muncul istilah istilah baru yang jarang orang mengerti maksud dari artinya, apakah kalian mengerti apa itu internet of things? Nah beriktu penjelasannya.

Internet of Things?? Yang juga biasa disebut dengan IoT yang begitu sangat trend pada era sekarang ini pada dasarnya internet of things belum ada pengertian dan definisi standard.

Akan  tetapi jika secara umum pengertian internet of thing sendiri adalah benda disekitar yang bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan jaringan internet.

Ide ini muncul disaat kevin aston pada tahun 1999 di presentasinya. Saat ini sudah banyak perusahaan ternama yang mendalami ilmu ini seperti perusahaan intel, perusahaan Microsoft, perusahaan orcle dan lain sebagainya.

Karena internet of things juga menawarkan banyak potensi seperti barang elektronik rumah tangga salah satunya kulkas akan memberi pemberitahuan lewat SMS atau E-mail bahwa persediaan makanan apa saja yang sudah habis kepada pemilik kulkas tersebut.

Manfaat Internet

Terdapat beberapa manfaat yang diberikan jaringan internet ini yaitu sebagai berikut :

  1. Bisa meningkatkan produktifitas kerja

Dengan adanya internet bisa membantu para karyawan di dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang peran dan tanggung jawab masing masing.

  1. Efisiensi waktu

Para karyawan bisa mendapatkan akses informasi kapan saja sehingga terjadi efisiensi waktu. Organisasi juga bisa memberi informasi kapan saja secara actual.

  1. Saling melakukan komunikasi

Dengan adanya internet bisa memudahkan dalam melakukan komunikasi antar bagian dari suatu organisasi atau perusahaan baik dengan cara horizontal maupun vertical.

  1. Operasi dan manajemen

Internet bisa dipakai untuk mendukung operasi dan keputusan di dalam bisanid, baik dengan cara internal atau pun antar organisasi.

  1. Kerangka perubahan budaya kerja

Lewat internet para karyawan karyawan dari organisasi atau perusahaan bisa terhubung dan bekerja sama di dalam dunia maya jadi bisa saja terjadi pemikiran atau ide untuk melakukan perkembangan atau pertubuhan dari organiasi atau perusahan itu sendiri.

  1. Sistem publikasi web
  2. Efektifitas biaya
  3. Keseragaman informasi
  4. Meningkatkan kerja sama.

Pengertian Intranet

One Reply to “Pengertian Internet dan Dampaknya”

  1. Web anda sungguh memberikan warna pada dunia ini. Aku motivasi banget bacanya! Aku harap konten anda bisa kian banyak lagi dan aku pasti baca..

Leave a Reply

Your email address will not be published.