Kabel Jumper: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harganya

8 min read

⏩Penjelasan lengkap apa itu kabel jumper☑️ Jenis jenis (M-M, M-F, F-F)☑️ Fungsi/ Kegunaan, Cara Kerja, dan Harga Terbaru☑️

Apakah Anda sering menggunakan kendaraan atau perangkat elektronik? Jika iya, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kabel jumper. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa itu kabel jumper dan kegunaannya?

melalui ulasan berikut ini, wikielektronika akan mengajak anda untuk membahas secara lengkap tentang kabel jumper, termasuk pengertian, jenis-jenis, ukuran, arti warna, fungsi, kelebihan, cara menggunakan, tips penggunaan aman, penyebab masalah umum, dan perawatan yang perlu dilakukan.

Dengan memahami panduan ini, Anda dapat menggunakan kabel jumper dengan lebih efektif dan aman dalam kendaraan atau perangkat elektronik Anda. Yok langsung saja kita simak ulasannya.

Pengertian Kabel Jumper

kabel jumper

Dalam ilmu elektronika, kabel jumper adalah jenis kabel dengan pin konektor di masing masing ujung yang digunakan untuk menghubungkan dua titik pada rangkaian listrik atau elektronik. Konektor yang ada pada tiap ujung kabel diklasifikasikan menjadi dua yaitu konektor jantan (male connector) dan konektor betina (female connector).

Kabel ini biasanya terdiri dari dua penghantar yang dilapisi dengan bahan isolasi, dan ujungnya dilengkapi dengan konektor yang dapat disambungkan ke alat atau perangkat lain untuk transfer sinyal atau daya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah table yang memuat pengertian kabel jumper:

Kabel Jumper Pengertian
Kabel Jumper Kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua titik pada rangkaian listrik atau elektronik dengan menggunakan konektor
Penghantar Bagian dalam kabel yang membawa sinyal atau daya dari satu titik ke titik lainnya
Bahan isolasi Lapisan pelindung pada penghantar yang berfungsi untuk mencegah gangguan atau kerusakan pada kabel
Konektor Bagian pada ujung kabel yang dapat disambungkan ke alat atau perangkat lain untuk transfer sinyal atau daya

Sederhananya, kabel jumper adalah kabel elektrik dengan pin konektor di tiap tiap ujung kabel yang berfungsi untuk menghubungkan dua komponen tanpa memerlukan solder.

Intinya, kabel jumper ini merupakan sebuah kabel yang memiliki kegunaan sebagai konduktor listrik untuk menyambungkan berbagai rangkaian listrik. Penggunaan kabel ini paling sering kita temui pada alat prototyping dan juga breadboard.

Jenis Jenis Kabel Jumper

Pada bagian ini, kita akan melihat jenis-jenis kabel jumper yang umum digunakan. Ada tiga jenis kabel jumper yang sering digunakan, yaitu:

Jenis Keterangan
Male to Male Kabel jumper dengan konektor jantan di kedua ujungnya. Biasanya digunakan untuk menghubungkan dua port atau perangkat yang memiliki konektor jantan.
Male to Female Kabel jumper dengan konektor jantan di satu ujung dan konektor betina di ujung lainnya. Digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan konektor jantan ke perangkat dengan konektor betina.
Female to Female Kabel jumper dengan konektor betina di kedua ujungnya. Biasanya digunakan untuk memperpanjang kabel dengan konektor betina.

Penjelasan dan contoh gambar:

1. Kabel Jumper Male to Male (M-M)

kabel jumper male to male
Contoh gambar kabel male to male
Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page