Pengertian Kalibrasi Menurut SNI dan SI

4 min read

Menurut standar SNI sendiri, jenis jenis kalibrasi umumnya dibagi menjadi 2, yakni kalibrasi teknis dan juga kalibrasi legal, secara detailnya bisa anda simak pada ulasan dibawah ini :

  • Kalibrasi Teknis

Istilah untuk mengukur yang berhubungan langsung dengan dunia perdagangan. Kalibrasi jenis ini biasanya dilakukan di laboratorium khusus yang sudah diakui oleh pemerintah atau badan yang berwenang.

Beberapa contoh kalibrasi teknis seperti Alat-alat Gelas Volumetri, Dimensi, Kelistrikan, Gaya/Kekerasan, Massa/Timbangan, Suhu, Tekanan, dan juga Optik atau Instrumen Analisa.

  • Kalibrasi Legal

Merupakan kalibrasi yang dilakukan dengan alat ukur untuk kepentingan perdagangan. Kalibrasi ini dilakukan oleh pemerintah Indonesia lewat Direktorat Meteorologi Deperindag. Nantinya kalibrasi yang dilakukan akan menghasilkan data data yang sesuai dengan fakta.

Tujuan Kalibrasi

Ada beberapa tujuan yang akan Anda dapatkan dengan melakukan kalibrasi. Pertama adalah menentukan deviasi kebenaran yang ada pada suatu nilai konvensional. Nilai tersebut didapatkan dari alat ukur yang sudah ditentukan sebelumnya.

Selanjutnya adalah menjamin hasil pengukuran, sehingga sesuai dengan standar yang berlaku. Jika dilakukan pada suatu objek, diharapkan objek tersebut dapat dihitung secara menyeluruh tanpa adanya kesalahan.

Tujuan kalibrasi berikutnya yaitu untuk menentukan deviasi kebenaran konvensional nilai pada sebuah instrumen pengukuran (alat ukur) tertentu.

Dengan melakukan kalibrasi, maka dapat diketahui sejauh mana perbedaan yang sedang terjadi menggunakan alat ukur yang sudah ditentukan.

Fungsi/ Manfaat Kalibrasi

Fungsi kalibrasi yang utama adalah untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan pada suatu objek atau aktivitas dan mengukur apakah sebuah alat masih layak pakai atau tidak.

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan dengan melakukan kalibrasi adalah mencapai kondisi layak pakai, sehingga objek bisa digunakan secara optimal.

Kalibrasi juga dimaksudkan untuk menjamin ketelitian, sehingga mendukung upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan atau objek dalam jangka waktu mendatang.

Kapan Kalibrasi Diperlukan ?

arti kalibrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page