Pengertian Komputer dan Fungsinya

6 min read

Komputer adalah?☑️ Pengertian komputer menurut para ahli☑️ Jenis jenis, fungsi dan juga komponen komponen komputer LENGKAP!☑️

Seperti yang kita ketahui bersama komputer merupakan alat elektronik yang menjadi sarana manusia untuk mempermudah aktivitas. Banyak pengertian komputer dengan beberapa sudut pandang orang masing-masing yang berbeda.

Dalam artikel ini akan di bahas mengenai komputer, berikut paparan yangakan dibahas yakni penegrtian komputer, pengertian jaringan komputer, pengertian sisitem komputer, pengertian komputer menurut para ahli serta perkembangan komputer. Berikut di bawah ini paparannya:

Apa itu Komputer ?

komputer adalah
Via : edu.gcfglobal.org

Menurut Blissmer (1985), pengertian komputer adalah perangkat elektronika yang digunakan untuk mengelola data berdasarkan intruksi yang dirumuskan, seperti menerima input, memproses input, menyimpan file dan perintah, serta memberikan output berupa informasi.

Penggunaan kata komputer diambil dari bahasa latin “computaire” yang artinya menghitung. Sehingga secara sederhana komputer juga dapat diartikan sebagai alat untuk menghitung aritmatika.

Sebuah perangkat komputer umumnya terdiri dari dua komponen yaitu komponen software berupa sistem operasi maupun aplikasi aplikasi, dan komponen hardware yang tersusun atas processor, harddisk, VGA, motherboard dan Ram.

Dengan perangkat komputer ini, anda dapat mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game dan menjelajah web. Apakah sudah cukup jelas? Berikut kami paparkan juga mengenai jaringan komputer dan juga sistem komputer.

Lalu apa itu jaringan komputer? Yuk, mari bahas satu-satu, yang pertama apa itu jaringan? Jaringan adalah sebuah sistem operasi yang terdiri dari berbagai komputer yang memiliki sambungan antar komputer satu dengan lainnya. Sedangkan pengertian komputer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengakses atau memanipulasi informasi atau data.

Sehingga pengertian jaringan komputer adalah kumpulan sejumlah terminal komputer yang digunakan untuk mendapatkan atau mencari informasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain melalui media transisi.

Selain itu pengertian jaringan komputer adalah suatu alat yang lebih dari satu dengan kabel saling terhubung dari komputer satu dengan komputer lain, dengan maksut untuk menguhubungkan entah untuk menyalurkan data atau lainnya.

Kemudian untuk pengertian sistem komputer adalah kumpulan perangkat- perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

gambar komputer
Contoh gambar komputer

Beberapa definisi dari komputer menurut para ahli yakni sebagai berikut:

  1. Donald H. Sanders menyatakan bahwa komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta di rancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.
  2. Elias M Awad menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung yang memproses daata yang disajikan dalam bentuk data diskret atau digital dan data kontinyu atau analog.
  3. Fouri berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah besar dengan cepat, termasuk operasi logika dan aritmatika tanpa manusia ikut campur.
  4. Garry b Shelly & Randoplh E Gunter menyatakan bahwa komputer adalah perangkat elektronik, yang beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapat menerima data, mengolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, memproduksi hasil.
  5. Gordon B. Davis menyatakan bahwa komputer adalah tipe khusus alatpenghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  6. Jhon J. Longkutoy, menyatakan bahwa komputer adalah pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.
  7. June Parsons berpendapat bahwa komputer adalah pernagkat serba guna yang menerima input, proses data, penyimpanan data dan menghaislkan output, semua menurut serangkaian intruksi di simpan.
  8. Larry Long & Nancy Long menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik.
  9. Robert H Blissmer menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input, memprosesinput sesuai degan program, menyimpan perintah-perintah dan hasi dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  10. C. Hamacher. Z. G. Vranesic. S. G. Zaky berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung lektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output informasi.
  11. William M. Fouri menyatakan bahwa komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yangbesar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Komponen Utama Komputer

komponen komputer
Gambar komponen komputer

Secara garis besar, komponen elektronika yang terdapat pada sistem komputer diantaranya adalah komponen input, proses dan juga output. Ketiganya dibagi menjadi beberapa sub komponen yaitu hardware, software dan brainware.

Berikut untuk penjelasan lengkapnya mengenai apa saja komponen komponen penyusun pada perangkat komputer standar.

a. Komponen Input

Komponen input pada perangkat komputer terdiri dari hardware yang berfungsi sebagai pemberi intruksi/ perintah pada sebuah komputer. Diantara komponen komponen input tersebut antara lain :

  • Mouse, alat ini memiliki fungsi untuk menhubungkan brainware dengan layar monitor. Selain itu, mouse juga berperan sebagai control utama scroll komputer yang digunakan untuk memberi perintah berupa klick dan geser.
  • Keyboard, komponen yang kedua ini memiliki fungsi untuk memberikan perintah berupa shortcut shorcut tertentu maupun penulisan alfanumerik pada perangkat komputer.
  • Trackpad, komponen ini umumnya berada pada komputer jenis notebook/ laptop. Fungsinya hampir sama dengan mouse hanya saja bentuknya persegi dan datar.
  • Scanner, alat yang satu ini berperan untuk melakukan scan gambar fisik yang ingin anda ubah menjadi sebuah file gambar di komputer anda.
  • Microphone, komponen ini berfungsi untuk memberi inputan berupa suara pada perangkat komputer anda.
  • Fan (Kipas), perangkat ini berfungsi untuk memberikan kestabilan suhu pada komputer supaya tidak panas/ overheat.

b. Komponen Proses

Berbeda dengan komponen input, komponen proses ini hampir semua terletak pada brainware (CPU) komputer anda. Komponen proses berfungsi sebagai media pengolah data dan memproses perintah perintah yang diberikan oleh user.

Perintah tersebut kemudian di proses perangkat ini hingga menghasilkan output sesuai intruksi yang diberikan. Diantara komponen komponen proses pada komputer adalah sebagai berikut :

  • Motherboard, Komponen ini berbentuk seperti papan board yang menjadi media/ wadah bagi semua part komponen komputer yang ada. Motherboard juga merupakan induk dari semua perangkat maupun perintah yang diberikan user kepada komputer.
  • Processor, Bisa dibilang perangkat ini adalah otak dari sebuah komputer. Komponen ini berfungsi sebagai chip pemrosesan data yang ada pada komputer.
  • Hard Disk/ SSD card, perangkat ini berperan sebagai tempat menyimpan semua file dan semua interpretasi yang diperlukan oleh komputer. Perbedaan Hard disk dengan SSD card terletak pada kecepatan pemrosesan data dimana SSD card lebih cepat dalam memproses data.
  • RAM (Memori), perangkat ini merupakan hardware yang berperan sebagai tempat penyimpanan data dan intruksi sementara pada sebuah komputer.
  • VGA (Video Graphics Adapter), alat yang sering dikenal dengan nama kartu grafis ini befungsi untuk menerjemahkan tampilan ke layar monitor berdasarkan resolusi yang ada. VGA Card biasanya bersifat onboard (jadi satu dengan motherboard) maupun off board (terpisah dengan motherboard dan dihubungkan menggunakan kabel port.
  • Power Supply (PSU), alat ini merupakan sumber kekuatan yang dibutuhkan perangkat komputer untuk bekerja. Power supply merupakan media yang menyediakan sumber arus listrik yang dibutuhkan sebuah komputer untuk beroperasi.

c. Komponen Output

Leave a Reply

Your email address will not be published.