Macam Macam Alat Listrik dan Fungsinya

5 min read

Fungsi kabel listrik yang utama adalah sebagai penghantar listrik dari satu komponen, alat, dan instalasi ke lainnya. Tanpa kabel, listrik akan masuk rangkaian terbuka yang berbahaya jika arus dan tegangan melonjak tinggi.

Kabel untuk keperluan listrik terdiri dari berbagai tipe. Diantara jenis kabel listrik PLN yang umum digunakan seperti kabel NYA, NYM, NGA dan  NYY. Masing-masing memiliki fungsi dan konfigurasi yang berbeda beda.

MCB Listrik

mcb
Gambar mcb listrik

Listrik tegangan tinggi dan arus tinggi membutuhkan proteksi agar tidak terjadi hubung singkat dan bahaya lain. Alat tersebut mencakup MCB listrik yang terintegrasi dengan sistem perhitungan arus, tegangan, dan daya.

Alat listrik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik adalah MCB Listrik. Komponen MCB terdiri dari beberapa susunan kode diantaranya range tegangan, kelas energi, arus maximal dan kapasitas breaking.

Saklar

saklar
Gambar saklar

Jenis alat kelistrikan berikutnya yang wajib ada di setiap rumah adalah saklar listrik. Saklar merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan daya listrik.

Saklar ini memiliki peranan yang penting dalam kelistrikan rumah tangga. Saklar yang bagus biasanya memiliki logo SNI. Jadi sebaiknya anda memilih produk saklar yang bagus untuk menjaga keamanan kelistrikan pada rumah anda.

Meteran Listrik

meteran listrik
Gambar meteran listrik

Hampir disetiap rumah pasti memiliki alat yang satu ini. Meteran listrik kWh (kilo watt hour) meter ini umumnya disediakan oleh PLN ketika anda melakukan instalasi kelistrikan dirumah.

Meteran listrik memiliki peran yang sangat penting dalam kelistrikan rumah anda. Selain karena dapat mengukur besarnya daya yang digunakan, meteran listrik juga berfungsi sebagai kontroler PLN pada setiap rumah.

Fitting Lampu

fitting lampu
Gambar fitting lampu

Alat kelistrikan berikutnya yang pasti ada di setiap rumah adalah Fitting lampu. Fitting ini terdiri dari beberapa model, mulai dari yang menggantung diplafon hingga yang menempel pada dinding.

Fiting lampu berperan sebagai wadah atau media yang menyambungkan arus listrik rumah dengan lampu yang terpasang. Anda bisa mendapatkan alat ini di toko toko elektronik terdekat dengan rumah anda.

Multiplug/ Terminal Listrik

terminal listrik
Gambar terminal listrik

Salah satu alt kelistrikan yang sederhana namun memiliki peran cukup besar adalah terminal listrik atau sering kita kenal dengan istilah multiplug. Alat ini menyediakan beberapa cabang colokan listrik yang bisa anda gunakan secara bersama.

Selain memiliki kapasitas penyambung listrik yang banyak, alat ini juga bersifat flexibel karena bisa anda pindah pindah tempat sesuai dengan kebutuhan listrik anda.

Fuse/ Pengaman Lebur

fuse listrik
Gambar fuse

Fuse adalah alat kelistrikan yang berfungsi untuk melindungi arus yang berlebih. Alat ini umumnya terpasang didalam rangkaian listrik. Fuse akan bekerja ketika aliran arus melebihi beban maksimumnya.

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, ada baiknya anda memiliki fuse pada tiap rangkaian listrik dirumah khususnya yang memiliki arus besar. Hal ini untuk menjaga keamanan listrik anda dari lonjakan arus yang terjadi.

Arde/ Grounding

arde listrik
Gambar arde listrik
Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

15 Replies to “Macam Macam Alat Listrik dan Fungsinya”

  1. It is not myy first time to go to see ths website, i am browsing
    this web site daily and get fastidious information from
    here all the time. Sukses bro!

  2. Ini adalah kunjungan pertama saya di sini dan saya benar-benar terkesan membaca beberapa artikel anda. Benar benar bermanfaat kak azka.Thx

  3. Trimakasih atas gagasan yang telah dituliskan om admin wikielektronika. Sangat membantu sekali

  4. Wah, ternyata ada 3 alat listrik penting yang baru aku kenal lewat artikel ini. Good job kak, sukses selalu!

  5. Sebegitu banyaknya alat kelistrikan yang ada di rumah gw cuma 2 biji doank xd. Sadness, Anyway thanks infonya bray!

  6. Hi I am so excited I found your weblog, I really found you by error, while I
    was looking on Yahoo for something else, Regardless I
    am here now and would just like to say kudos for a tremendous post and a all round thrilling blog (I
    also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at the minute but I have bookmarked it and also
    added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep
    up the awesome job.

  7. Ι absolutely love your Ƅlog and find many of your
    post’s to be just what I’m looking for. can you offer guest writers to write content for youгself?
    I wouldn’t mind cօmposing a post or elаborating on some of the subjects you write in relation to here.
    Again, awesоme ᴡeb lօց!

  8. Hi і ɑm kavin, its my first occasion to сommenting anyplace, when i read this article i thought i could also make comment due to this good post.

  9. I have been browsing online more than 3 hours today, yet I
    never found any interesting article like yours.
    It’s pretty worth enough for me. Personally, if all web owners and
    bloggers made good content as you did, the internet will be
    much more useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page