Pengertian Maintenance dan Contohnya

4 min read

Contoh maintenance dapat kita lihat pada perawatan sebuah sistem/ alat agar tidak ada bagian yang rusak. Maintenance akan menjaga mesin tersebut dari kerusakan ataupun hal hal yang tidak diinginkan.

Tujuan Maintenance

Menurut (John D. Campbell dan Andrew K.S. Jardine: 2001, 12), tujuan maintenance yang utama adalah untuk menjaga sebuah aset (sistem, mesin atau alat) dapat bekerja dengan efektif dan selalu dalam keadaan optimal dalam melaksanakan setiap proses kerja..

Ada beberapa tujuan melakukan maintenance, selain menjaga performa dari mesin ataupun peralatan tersebut, ada beberapa tujuan lain, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan keamanan dalam proses operasional.
  2. Memberikan nasihat pada akuisisi, operasi mesin dan bagian instalasi terkait dengan kondisi mesin.
  3. Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas produk.
  4. Memastikan perlindungan wilayah di sekitarnya terkait dengan kerusakan mesin dan juga infrastruktur.
  5. Melaksanakan perbaikan dadakan apabila terjadi kerusakan untuk meminimalisir kerugian.

Alur Proses dalam Kegiatan Maintenance

Dari beberapa pengertian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa proses maintenance merupakan usaha untuk melakukan perawatan (pembersihan, kontrol, perbaikan, penggantian suku cadang) sebuah mesin atau sistem agar dapat berjalan efektif sesuai fungsinya.

Ada beberapa alur proses yang umum dilakukan pada aktifitas maintenance yaitu diantaranya :

  1. Pengecekan fungsionalitas alat. Pada tahap pertama ini petugas maintenance menganalisis apakah alat/ sistem berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.
  2. Pencarian minor deffect. Petugas maintenance mulai melacak apakah ada kesalahan kesalahan yang bersifat minor/ kecil yang mengganggu proses kerja alat. Jika ada maka harus segera dibenahi.
  3. Jika didapati terdapat kerusakan baik itu minor maupun mayor, petugas maintenance harus menentukan langkah langkah apa yang akan diambil sebagai solusi untuk mengatasinya.
  4. Contoh maintenance bisa Anda ketahui dengan metode RCM, metode ini sering digunakan untuk melakukan checking pada suatu mesin, sehingga mesin dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Fungsinya adalah menimimalisir pengeluaran dan kerugian yang mungkin terjadi jika mengalami kerusakan.
  5. Setelah dirasa kerusakan teratasi semua, petugas harus memastikan setiap peralatan yang beroperasi apakah sudah waktunya pergantian suku cadang ataukah tidak. Jika ada maka harus segera diganti dengan suku cadang yang baru.
  6. Pada tahap ahir, petugas maintenance menguji dan memastikan kembali alat/ sistem berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya sebelum peralatan dioperasikan kembali.

Pengertian Maintenance Menurut Para Ahli

maintenance artinya
Via : slideplayer.com

Agar lebih rinci memahami maintenance, Anda bisa memahaminya dari beberapa penjelasan yang diberikan oleh ahli berikut ini, diantaranya:

  1. Menurut Mehmet Savsar

Mehmet menjelaskan bahwa maintenance merupakan pemeliharaan sebagai suatu isu sentral. Pemeliharaan ini dilakukan pada aktivitas operasional yang melibatkan peralatan, mesin ataupun benda dan objek secara fisik.

  1. Menurut Benjamin S. Blanchard, Dinesh Verma dan Elmer L. Peterson: 1994,1

Maintenance adalah serangkaian kebijakan yang diperlukan untuk mempertahankan atau mengembalikan suatu barang dalam keadaan operasional yang efektif sesuai standarisasi operasional kerja.

  1. Menurut Mikael Anderson

Anderson menyatakan bahwa maintenance merupakan sebuah piramida sistem yang kompleks. Dalam piramida ini, proses maintenance melibatkan berbagai aktivitas yang saling bersinggungan dan tidak bisa dilakukan secara tunggal.

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

KBBI juga memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai maintenance atau pemeliharaan. Menurut KBBI, maintenance merupakan sinonim penjagaan atau perawatan. Penjelasan lanjutan biasanya melibatkan kedua aspek tersebut.

  1. Menurut Caramesin

Caramesin menjelaskan bahwa maintenance merupakan langkah pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan untuk menjaga kondisi. Caramesin berlaku untuk mesin, peralatan ataupun aspek yang berkaitan agar memiliki fungsi yang baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Menurut Jey Heizer

Menurut Jey, maintenance merupakan keseluruhan aktivitas yang dilakukan agar semua peralatan dapat berjalan dengan baik. Tidak ada sistem yang bermasalah atau menghambat penggunaan dari mesin dan aspek yang di maintenance.

Jenis Jenis Maintenance

jenis maintenance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page