Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

7 min read

Mikrometer Sekrup Adalah ?☑️ Berikut panduan cara menghitung mikrometer sekrup dilengkapi contoh soal & cara menghitungnya☑️

Dalam dunia elektronika, terdapat banyak sekali varian alat ukur yang sering digunakan dalan studi penelitian. Salah satu alat ukur yang tidak asing adalah Mikrometer Sekrup. Dalam ulasan kali ini, tim Wikielektronika.com akan mengulas materi seputar mikrometer sekrup secara kompleks dan detail.

Mikrometer Sekrup Adalah?

mikrometer sekrup adalah

Mikrometer sekrup adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran dimensi suatu benda yang terdiri atas sekrup terkalibrasi serta mempunyai tingkat kepresisian senilai 0.01 mm atau setara dengan 10-5 m. Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda berukuran kecil, seperti diameter, panjang, dan ketebalan.

Benda ini pertama kali digunakan sebagai pengukur jarak di antara sudut pada bintang serta benda langit yang lain dengan bantuan teleskop.

Mikrometer sekrup pertama kali ditemukan di abad 17 oleh seseorang yang bernama Willaim Gascoigne. Keberadaan alat ini sebagai solusi karena diperlukannya sebuah alat dengan fungsi yang jauh lebih presisi dibandingkan dengan jangka sorong.

Walaupun “mikro” melekat pada nama alat ini, tidak berarti bahwa benda ini digunakan sebagai media pengukuran sesuatu yang berskala mikro. Angka ketelitian mikrometer sekrup adalah 0,01 mm atau setara dengan 10-5 m.

Gambar & Komponen Mikrometer Sekrup

mikrometer sekrup
Gambar Mikrometer Sekrup

Berikut ini merupakan contoh gambar mikrometer sekrup beserta bagian bagian mikrometer. Dengan mengamati gambar diatas, Anda bisa memahami di mana saja letak setiap komponen yang ada pada alat ukur di ini.

  1. Sleeve

Pada bagian inilah seseorang dapat melihat skala pengukuran yang sedang dilakukannya. Sisi tersebut merupakan bagian yang bersifat statis dan memiliki bentuk lingkaran. Pada alat ini, terdapat dua jenis skala, yakni skala nonius dan skala utama. Satuan ukuran yang diterapkan yakni dalam satuan mm.

Pada sleeve terdapat angka-angka di bagian atas yang dimulai dari angka 1 sedangkan pada bagian bawah terdiri atas angka yang meliputi 0,5, 1,5, 3,5, dan seterusnya. Dengan demikian, jarak yang ada pada dua buah skala terkecil adalah 0,5 mm.

  1. Thimble

Thimble menjadi komponen yang berfungsi sebagai penggerak. Supaya alat ini bisa bergerak maka perlu dibantu dengan tangan seseorang yang sedang menggunakannya.

Bagian terbuat dari logam yang berbentuk batang. Ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan sleeve. Pada bagian inilah terdapat angka-angka yang nantinya menunjukkan hasil pengukuran.

Skala nonius yang ada pada bagian thimble menunjukkan ukuran 1 sampai 50, dengan angka kelipatan 5. Apabila thimble diputar sekali secara penuh, baik mundur maupun maju, maka pada bagian skala utama akan berkurang ataupun bertambah senilai 0,5 mm. Dengan demikian, jarak antara dua buah skala yang terkecil adalah 0,01 mm.

  1. Poros Geser (Poros Spindel)

Bagian yang satu ini merupakan poros yang bergerak yang mana bentuknya berupa komponen silindris. Ketika alat ini sedang digunakan thimble akan menjadi media yang mampu menyebabkan komponen tersebut bergerak. Gerakannya bermacam-macam seperti menjauh dan mendekat ataupun mundur dan maju.

  1. Poros Tetap (Anvil)

Anvil merupakan salah satu dari bagian-bagian mikrometer sekrup yang mana sebagai poros yang tak bergerak. Dengan kata lain, komponen ini merupakan bagian yang digunakan untuk penahan.

Ketika akan mengukur suatu objek tertentu, maka benda tersebut ditempelkan pada bagian anvil. Sedangkan pada sisi poros geser diposisikan supaya dekat dan dapat menjepit benda tersebut.

  1. Pengunci (Lock Nut)

Supaya gerakan yang ada poros geser dapat terkunci, maka bagian inilah yang sangat berguna untuk membantunya. Sehingga ketika Anda sedang menggunakan alat ini, pastikan Anda mengerti fungsi dari setiap bagian, termasuk di dalamnya pengunci (lock nut).

  1. Rangka (Frame)

Komponen yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf C maupun U. Bagian ini berfungsi untuk menyatukan bagian poros tetap dengan komponen yang lain pada alat ukur ini. Komponen yang satu ini terbuat dari sebuah logam mempunyai sifat mampu menahan panas.

Pada bagian frame memang sengaja didesain lebih tebal dibanding sisi yang lain. Hal ini bertujuan supaya kokoh serta dapat menjaga benda yang diukur agar tidak bergeser ataupun berubah bentuk, misalnya pemuaian panjang. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat mengacaukan proses pengukuran yang sedang dilakukan.

Di samping itu, rangka ini juga mempunyai pelapis yang terbuat dari plastik. Lapisan ini berguna sebagai pencegah panas yang merambat dari pengukur menuju logam ketika proses pengukuran.

  1. Ratchet

Ratchet menjadi komponen yang mampu membantu mengupayakan gerakan dari poros geser agar bisa bergerak dengan lebih perlahan apabila dibandingkan dengan menggerakkan thimble. Komponen ini menjadi bagian-bagian mikrometer sekrup yang terakhir dari alat ukur tersebut.

Bagian ini juga dapat berfungsi sebagai pengencang poros geser apabila sudah mengenai obyek. Caranya mengencangkannya yakni dengan cara memutarnya searah putaran jarum jam.

Putarlah sampai Anda mendengar suara logam yang berketuk (tik). Agar bisa memastikan bahwa ujung poros telah melekat dengan sempurna, maka ratchet dapat diputar 2 – 3 kali.

Fungsi Mikrometer Sekrup

gambar mikrometer sekrup

  1. Mengukur Ketebalan Benda Berukuran Kecil

Fungsi mikrometer sekrup yang pertama yakni untuk mengukur tingkat ketebalan serta diameter dari sebuah benda tertentu. Fungsi ini didukung dengan adanya tingkat kepresisian yang mencapai 10 × lipat dibandingkan jangka sorong.

Dengan demikian mikrometer sekrup bisa digunakan untuk mengukur objek yang ukurannya lebih kecil dengan ketelitian 0,01 mm.

  1. Mengukur Diameter

Alat ukur ini juga bisa digunakan untuk mengukur diameter benda tertentu. Akan tetapi, hanya dapat diukur diameter bagian luarnya saja.

Beberapa benda yang dapat diukur diameternya menggunakan alat ini yaitu kawat, peluru, kabel, dan benda yang lain.

  1. Mengukur Garis Tengah

Fungsi selanjutnya yaitu untuk mengukur panjang garis tengah dari suatu benda yang berlubang. Namun, benda yang dapat diukur hanyalah benda yang berukuran kecil.

Hal ini disebabkan karena alat ukur ini memiliki batas ukuran tertentu. Sehingga jika ingin mengukur benda yang lebih bisa besar bisa menggunakan jenis alat ukur yang lainnya.

  1. Mengukur Tingkat Kedalaman

Jika Anda ingin mengetahui tingkat kedalaman dari suatu benda, maka alat ini bisa menjadi media yang bisa digunakan. Contoh benda yang diukur menggunakan alat ini yaitu pipa yang berukuran kecil.

Jenis Mikrometer Sekrup

jenis mikrometer sekrup

Terdapat beberapa jenis mikrometer sekrup yang bisa anda gunakan untuk aktifitas pengukuran. Varian tersebut terbagi menjadi 2 jenis yaitu berdasarkan skala dan juga berdasarkan fungsinya. Lebih detailnya silahkan lihat dibawah ini :

3 Replies to “Cara Menghitung Mikrometer Sekrup”

  1. Trimakasih untuk materi yg dituliskan kak, sangat membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan saya

Leave a Reply

Your email address will not be published.