Neraca Ohaus

Posted on

Neraca Ohaus adalah?☑️ Pengertian Fungsi dan jenis Neraca Ohaus (Dilengkapi Gambar) serta contoh soal perhitungan cara membacanya☑️

Anda mungkin tidak asing dengan pemakaian alat ukur berat berupa neraca/ timbangan dalam kehidupan sehari-hari, paling banyak ditemukan dalam bidang dagang tradisional.

Penggunaan neraca dipakai untuk menimbang suatu barang agar mendapatkan ukuran yang sesuai. Salah satu neraca yang sering dipakai adalah neraca ohaus dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Lalu apa itu neraca Ohaus?

Pengertian Neraca Ohaus

gambar neraca ohaus
Gambar neraca ohaus

Neraca Ohaus adalah jenis alat ukur yang dapat menghitung berat (massa) suatu benda berdasarkan lengan dan penunjuk skala yang ada. Neraca ohauss digunakan untuk mengukur berat beban (massa) sebuah benda dengan kapasitas beban maksimal 311 gram dan tingkat ketelitian 0,01 gram.

Sejarah nama neraca ohaus berasal dari salah satu brand produksi dari sebuah perusahaan di Amerika bernama OHAUS Corporation. Perusahaan yang berdiri pada tahuyn 1907 inilah yang menjadi peolor timbangan (neraca) untuk laboratorium, pendidikan, dan industri farmasi.

Jenis alat ukur yang satu ini umumnya digunakan pada pengukuran yang ada pada laboratorium. Umumnya perhitungan menggunakan neraca ohaus menggunakan satuan Gram.

Prinsip dan cara kerjanya cukup sederhana, ia hanya perlu membandingkan dua benda, yakni benda yang digunakan sebagai pengukur dan benda yang diukur beratnya agar sesuai dengan media pengukur.

Anda bisa mengubah kemampuan pengukuran neraca ini dengan menggeser posisi anak timbangan, yang terletak di sepanjang lengan neraca.

Apabila dilakukan secara bertahap dan kontinyu, melakukan pengukuran dengan neraca jenis ini bisa dilakukan dengan lebih cepat, presisi, dan minim kesalahan. Agar Anda bisa menggunakan neraca jenis ini secara mudah, Anda bisa mulai dengan mengerjakan contoh soal neraca ohaus dan melakukan pengukuran.

Bagian Bagian Neraca Ohaus :

bagian bagian neraca ohaus
Gambar bagian neraca ohaus Via : Ebiologi.net

Neraca ini juga memiliki beberapa bagian, yang dibagi dalam  lima bagian dengan fungsi yang berbeda, diantaranya adalah:

1. Load Container (Tempat Beban)

Load Container merupakan bagian neraca yang digunakan untuk meletakkan benda yang hendak diukur. Material pada tempat menaruh beban ini umumnya berbentuk seperti piringan logam.

2. Calibration Screw (Sekrup Kalibrasi)

Calibration Screw merupakan bagian yang dipakai untuk melakukan kalibrasi ketika neraca tersebut tidak digunakan untuk melakukan pengukuran. Letak dari Sekrup ini berada di bawah lempengan logam tempat beban atau load container.

3. Lengan Neraca

Komponen ini merupakan bagian bagian neraca ohaus yang digunakan untuk meletakkan anting atau pemberat neraca untuk pengukuran.

4. Anting pemberat

Alat ini terletak pada lengan neraca, bisa di satu sisi atau dua sisi tergantung dengan jenis neraca yang dipakai. Ia berfungsi sebagai penunjuk hasil pengukuran neraca.

Anting pemberat ini dibagi menjadi tiga, yakni Hundred Scale Shear dengan skala 0, 100, 200, 300, 400, 500 gram, kemudian Tens Scale Shear dengan skala 0, 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80, 90, 100 gram. dan juga Unit Scale Shear dengan skala 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10.

5. Titik Nol (Zero Point)

Komponen yang satu ini merupakan garis keseimbangan untuk menentukan titik seimbang antar dua benda yang hendak diukur.

Cara Kerja Neraca Ohaus :

Prinsip kerja Neraca ohaus menggunakan asas keseimbangan, sehingga satu benda yang diukur memiliki beban yang setara dengan benda yang dijadikan media pengukur.

Untuk mendapatkan berat yang tepat, Anda bisa memajukan atau memundurkan anak timbangan tersebut, hingga mendapatkan berat yang tepat.

Cara kerjanya mengikuti prinsip momen gaya, dimana lengan gaya dikalikan dengan gaya yang digunakan secara tegak lurus. Ketika sistem pada neraca ohaus dalam keadaan seimbang, maka didapatkan persamaan (rumus) berikut ini :

  • RB x wB = RP x wP
  • RB x mB x g = RP x mP x g
  • mB = (RP x mP)/RB
  • Torsi benda = Torsi pemberat
  • Lengan beban x berat beban = lengan pemberat x berat pemberat

Karena cara kerja neraca ohaus yang cukup akurat, ia sering digunakan dalam berbagai pengukuran. Apabila mengukur barang menggunakan neraca ini, kemungkinan kesalahan pengukuran bisa diminimalisir.

Baca Juga : Alat Ukur Waktu

Jenis Neraca Ohaus

neraca ohaus

Sebagai neraca pada umumnya, neraca ini juga memiliki beberapa jenis yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari manusia, diantaranya adalah:

  1. Neraca Ohaus Digital

Ia bisa mengukur berat barang secara otomatis, tanpa perlu melakukan penggeseran lengan atau anak timbangan neraca ini. Jenis ini biasanya menggunakan baterai sebagai media untuk mengaktifkan timbangan.

Terdapt dua varian neraca ohauss digital yang seringkali digunakan pada kebutuhan laboratorium maupun farmasi. Diantara kedua jenis neraca tersebut adalah :

a. OHAUS Scout Portable Balances – Model SPX 2202 dengan kapasitas 2220 gr (2.2 kg), Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.02 gr, Pan size 170 × 140 mm, Net Weight 1 kg.

b. OHAUS Scout Portable Balances – Model SPX 422 dengan kapasitas 420 gr, Readability 0.01 gr, Repeabilty 0.01 gr, Pan size diameter 120 mm, Net Weight 1 kg.

  1. Neraca Ohaus Dua Lengan

Jenis lainnya adalah ohaus dengan dua lengan, lengan bagian depan memiliki anting logam yang dapat digeser sesuai kebutuhan, dari 0 sampai 100 gram. Selain dua lengan, neraca ohaus jenis ini juga memiliki dua skala, yakni skala utama dan skala nonius.

  1. Neraca Ohaus Tiga Lengan

Untuk jenis ohaus tiga lengan, ia memiliki skala dengan ketelitian mencapai 0,01 gram, sehingga sering digunakan untuk berbagai keperluan. Terdapat tiga lengan di ohaus jenis ini, yang tiap lengannya memiliki ketelitian yang berbeda.

  1. Neraca Ohaus Empat Lengan

Sesuai dengan namanya, jenis neraca ohaus yang satu ini memiliki empat lengan yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan. Terdapat satu timbangan di salah satu sisi neraca, yang bisa diseimbangkan dengan lengan yang ada di neraca tersebut.

Fungsi Neraca Ohaus

Fungsi neraca ohaus yang utama adalah sebagai media pengukur dan pembanding massa sebuah benda dengan beban maksimal 311 gram. Alat ukur ini umumnya digunakan pada industri farmasi dan laboratorium.

  • Selain fungsi utama diatas, neraca ohaus juga memiliki ragam fungsi dan kegunaan lainnya, diantaranya bisa anda simak pada ulasan dibawah ini :
  • Alat untuk Menimbang massa Obat pada Industri farmasi (Apoteker)
  • Alat untuk mengukur kadar emas dan juga logam mulia.
  • Membandingkan massa dua buah logam untuk mendapatkan besaran berat yang sama

Cara Membaca Neraca Ohaus

YouTube player

Sumber : Channel Rumah Belajar Q

Sebagian dari anda mungkin sudah mengenal dengan jenis neraca yang satu ini. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara membaca dan menggunakan neraca ini.

Agar Anda bisa menggunakan kalibrasi neraca tersebut sesuai dengan fungsinya, berikut adalah panduan dan cara membaca/ menghitung neraca ohaus dengan benar :

  1. Lakukan kalibrasi pada neraca ohauss anda
  2. Letakkan objek yang akan diukur diatas Load Container (piringan logam pada neraca)
  3. Putar sekrup di atas piringan neraca, geser ke kanan atau ke kiri untuk mendapatkan posisi seimbang. Kedua lengan harus berada di posisi yang seimbang, sehingga beban bisa diukur dengan tepat.
  4. Geser anting lengan pemberat dari skala terbesar ke skala yang paling kecil sampai mencapai titik keseimbangan.
  5. Jika ternyata masih belum mencapai titik kesetimbangan, geser anting lengan pemberat yang memiliki skala lebih kecil dari sebelumnya secara berurutan sampai mencapai titik keseimbangan.
  6. Jika sudah terdapat garis yang sejajar, anda tinggal membaca skala yang didapatkan dari pengukuran tersebut. Cara membaca neraca ohaus adalah dengan membaca dari skala yang paling besar atau utama, menuju skala nonius atau hasil penjumlahan dari angka yang ditunjukan tiap anting lengan pemberat.
  7. Langkah terahir ialah dengan menghitung massa benda yang ditunjuk oleh jarum skala menggunakan rumus Σ Angka pada Lengan (menjumlahkan semua angka yang ditunjuk oleh jarum skala)

Untuk lebih mudah dalam mempelajari bagaimana cara membaca neraca ohaus, perhatikan contoh ilustrasi dibawah ini :

Terdapat satu karung kecil beras yang ditimbang menggunakan neraca Ohauss tiga lengan. Ketiga posisi lengan tersebut berada dalam posisi seimbang seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

membaca neraca ohaus

Berapakah massa/ berat satu karung kecil beras yang ditimbang tersebut ?

Pembahasan :

Dari hasil pengukuran 1 karung kecil beras diatas, didapatkan skala berikut ini :

  • Skala Lengan Depan  adalah 2,4 gram
  • Skala Lengan Tengah adalah 500 gram
  • Skala Lengan Belakang  adalah 40 gram

Dari ketiga skala yang ditunjukkan diatas, diperoleh hasil massa beban pada 1 karung kecil beras tersebut adalah 542,4 gram atau 0.54 Kg.

Contoh Soal Menghitung Neraca Ohaus

Setelah anda memahami bagaimana cara menggunakan neraca ohaus beserta cara membaca skala pengukurannya, berikut kami hadirkan ragam contoh soal neraca ohaus supaya anda lebih matang lagi dalam memahami cara perhitungannya.

1. Sekantung garam ditimbang menggunakan neraca ohaus 3 lengan dan diperoleh hasil seperti gambar dibawah ini.

contoh soal neraca ohaus

Berapakah masa benda sekantung garam yang ditimbang tersebut ?

A.  528,2 gram

B.  417,9 gram

C.  456,5 gram

D.  401,8 gram

E.  500,2 gram

Pembahasan :

Langkah awal dalam menentukan berapa berat sekantung garam yang ditimbang diatas ialah dengan membaca hasil skala yang ditunjuk oleh jarum pada masing masing lengan :

  • Lengan 1 menunjuk angka 400 sehingga massa yang diukur adalah 400 gram
  • Lengan 2 menunjuk angka 50 sehingga massa yang diukur adalah 50 gram
  • Lengan 3 menunjuk angka 6.5 sehingga massa yang diukur adalah 6.5 gram

Maka, massa total pada satu kantung garam tersebut adalah 400 + 50 + 6,5 gram = 456,5 gram. Jadi jawaban yang benar adalah C yaitu 456,5 gram

2. Mahasiswa teknik elektro Universitas Brawijaya Malang melakukan riset dengan menimbang satu buah logam pada neraca Ohauss tiga lengan dan mendapatkan hasil pengukuran seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini!

contoh soal neraca ohaus 2

Berapakah massa pada logam yang ditimbang tersebut ?

A.  221 gram

B.  190 gram

C.  245 gram

D.  194,4 gram

E.  180,5 gram

Pembahasan :

  • Lengan 1 menunjuk angka 200 sehingga massa yang diukur adalah 200 gram
  • Lengan 2 menunjuk angka 20 sehingga massa yang diukur adalah 20 gram
  • Lengan 3 menunjuk angka 1 sehingga massa yang diukur adalah 1 gram

Sehingga diperoleh massa pada logam tersebut adalah 200 + 20 + 1 = 221 gram. Jadi jawaban yang benar adalah A yaitu 221 gram

3. Sebuah Batu yang disinyalir memiliki kandungan emas ditimbang menggunakan neraca ohauss dan memperoleh hasil skala pengukuran sebagai berikut (lihat gambar!)

contoh soal neraca ohaus 3

Berapakah massa pada batu yang ditimbang tersebut ?

A.  321 gram

B.  390,4 gram

C.  345,7 gram

D.  300,4 gram

E.  373,4 gram

Pembahasan :

  • Lengan 1 menunjuk angka 70 sehingga massa yang diukur adalah 70 gram
  • Lengan 2 menunjuk angka 300 sehingga massa yang diukur adalah 300 gram
  • Lengan 3 menunjuk angka 3.4 sehingga massa yang diukur adalah 3.4 gram

Sehingga diperoleh massa pada logam tersebut adalah 70 + 300 + 3.4 = 373.4 gram. Jadi jawaban yang benar adalah E yaitu 373.4 gram

Itulah penjelasan mengenai neraca ohaus dari wiki elektronika, mulai dari jenisnya hingga bagaimana cara menggunakannya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang masih kesulitan untuk menggunakan neraca jenis ohauss.

Anda bisa mendapatkan jenis neraca ini dengan mudah, harganya juga bisa disesuaikan dengan kualitas dan jenis yang dimiliki. Dan untuk menambah wawasan anda seputar perangkat pengukuran, jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai alat ukur waktu dan alat ukur suhu yang telah kami ulas sebelumnya.

5/5 - (1 vote)
Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *