Pengertian Noise (Derai) dan Jenisnya

3 min read

Noise Adalah ?☑️ Berikut Penjelasan Arti Noise (Derai) Lengkap dengan Jenis Jenis dan Cara Mengatasi Gangguan Noise☑️

Dalam komunikasi, dikenal dengan istilah noise. Noise disebut juga sebagai derau dan menjadi hal yang tidak diinginkan selama komunikasi berlangsung.

Jika terdapat noise, maka pesan, gambar atau suara tidak bisa dikirimkan dengan baik. Lalu apa sebenarnya arti noise itu ? Berikut adalah pengertian dan jenis jenis noise yang perlu anda ketahui.

Apa itu Noise ?

noise artinya

Pengertian Noise adalah gangguan sinyal suara (elektris & elektronis) yang membatasi jangkauan sistem dan tidak diinginkan pada rangkaian elektronika. Noise terjadi selama pengiriman sinyal dari pihak pengirim ke pihak yang menerima.

Secara umum, noise merupakan sinyal sinyal yang tidak diinginkan selama melakukan komunikasi. Jika terdapat noise, maka kualitas penerimaan sinyal bisa terganggu, yang menyebabkan sinyal atau pesan komunikasi tidak tersampai dengan baik.

Noise juga bisa membatasi jangkauan sistem, membuatnya lebih pendek dibandingkan dengan ukuran sebenarnya. Meski begitu, noise sebenarnya bisa dicegah ataupun diatasi dengan cara cara tertentu, sehingga hasil komunikasi menjadi lebih baik.

Lalu apa arti kata noise menurut kamus besar bahasa Indonesia ? Berdasarkan KBBI, Noise merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, secara terjemah Bahasa Indonesia, Noise artinya “Derau”, atau dalam ilmu komunikasi noise artinyal sinyal yang mengganggu.

Noise ini umumnya memberikan efek gangguan sinyal pada sistem komunikasi, diantara dampak gangguan noise tersebut adalah :

  1. Sistem komunikasi menjadi tidak efisien dengan adanya gangguan sinyal suara tersebut.
  2. Sistem dapat mengalami kegagalan ketika proses pengiriman dan penerimaan sinyal.
  3. User sebagai pendengar sistem komunikasi menjadi tidak bisa mendengarkan sinyal suara asli yang dikirimkan.
  4. Sinyal suara asli menjadi hilang tergantikan dengan frekuensi suara noise.

Gangguan sinyal noise bisa disebabkan karena beberapa faktor internal maupun eksternal pada komponen elektronika, misalnya seperti karena faktor udara, catu daya, resistor, LDO, regulator switching, dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Noise

noise adalah

Ada beberapa jenis noise yang paling sering terjadi, ada noise internal dan noise eksternal. Berikut ini adalah rincian dan penjelasan dari masing-masing noise yang ada.

a. Noise Internal

Merupakan jenis noise yang ada atau dibangkitkan dari sistem komunikasi itu sendiri. Noise ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

  1. Noise thermal, lebih dikenal sebagai derau termal. Noise ini bisa ada karena dibangkitkan dengan thermal acak dari pembawa muatan. Biasanya merupakan sebuah konduktor yang menghalangi sinyal.
  2. Noise shot, atau derau tembakan, merupakan penghalang potensial yang bisa terjadi di perangkat elektronik, khususnya yang masih aktif. Komponen yang sering mengalami noise shot adalah diode atau transistor.
  3. Flicker noise, merupakan noise yang berada di bawah frekuensi kilohertz. Derau ini akan semakin meningkat intensitasnya apabila makin turun frekuensinya.
  4. Transite time noise, adalah jenis transit yang dibutuhkan oleh muatan tertentu untuk berpindah dari bagian input ke bagian outpu.

b. Noise Eksternal

Jenis noise lain yang harus diketahui adalah noise eksternal, derau ini bisa terjadi karena berasal dari luar rangkaian komponen elektronik. Derau ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  1. Derau atmosfer, merupakan derau yang berasal dari hal hal alami, misalnya karena atmosfir bumi atau cuaca alam.
  2. Derau industri, merupakan derau yang dihasilkan oleh manusia, umumnya karena menghidupkan peralatan yang mengganggu sinyal. Contoh dari derau industri yang sering terjadi adalah derau karena motor listrik.
  3. Derau luar angkasa merupakan derau yang paling akhir, derau ini berasal dari sinyal elektris yang berasal dari luar atmosfer bumi. Ini bisa terjadi karena panas matahari atau dari galaksi.

c. White Noise

White noise merupakan istilah yang mirip dengan suara deburan ombak, mesin penyejuk ruangan ataupun jangkrik. Suara ini sering digunakan oleh manusia untuk membantu lebih nyenyak tertidur. Suara ini juga direkomendasikan jika Anda susah tidur.

d. Pink Noise

Noise adapula yang memiliki warna, ini disebut dengan pink noise. Noise ini merupakan suara yang memiliki frekuensi rendah, namun terdapat suara suara yang bisa didengar oleh telinga. Pink noise juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

e. Noise Cancelling

Untuk meredam noise, biasanya digunakan noise cancelling. Noise cancelling merupakan peredam bising yang menggunakan teknologi audio. Dengan menggunakan noise cancelling, Anda bisa mendapatkan keheningan dan ketenangan. Produk ini berguna jika Anda sering terganggu dengan noise.

f. Noise Texture

Derau memiliki tekstur yang disebut sebagai noise texture, derau ini dibuat bertekstur untuk kepentingan visual. Ada banyak noise tekstur yang bisa Anda temukan di internet atau perpustakaan. Biasanya noise tekstur berupa gambar yang akan disematkan bersamaan dengan noise tertentu.

g. AWGN Noise

AWGN Noise merupakan singkatan dari Additve White Gaussian Noise yang artinya sebuah noise yang terjadi pada jaringan Nirkabel. AWGN Noise ini memiliki 3 karakteristik khusus yang diantaranya adalah :

Gaussian yaitu nilai besaran tegangan pada noise mempunyai rapat peluang terdistribusi gaussian, kemudian White yang artinya noise memiliki sifat kerapatan daya yang konstan dan tidak tergantung pada operating system (sistem operasi. Selanjutnya adalah Additive yaitu noise AWGN ini merupakan hasil penjumlahan dari sinyal sinyal yang ada.

Cara Menghilangkan Noise

Ada beberapa metode atau cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan gangguan sinyal noise pada rangkaian listrik , Foto, maupun Video. Diantara cara tersebut akan kami ulas melalui tutorial dibawah ini.

1. Cara Menghilangkan Noise Pada Video

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi noise pada video, diantaranya adalah:

  • Menggunakan aplikasi, ada banyak aplikasi yang bisa membuat video menjadi hilang noisenya. Adobe Premier bisa menjadi aplikasi yang menarik untuk dicoba.
  • Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda bisa menggunakan noise reducer untuk membuat kualitas video menjadi lebih baik.

2. Cara Menghilangkan Noise Di Audacity 

Caranya sama jika Anda ingin menghilangkan noise pada audicty, Anda bisa menggunakan aplikasi yang support dengan perangkat Anda. Saat ini sudah banyak panduan yang bisa Anda gunakan untuk membuat noise menghilang dari audicty.

Dengan menghilangkan noise, bukan tidak mungkin audicty yang Anda buat akan lebih berkualitas. Cukup mudah bukan ? Silahkan anda coba pada perangkat anda masing masing.

Materi Pembelajaran Lainnya :
Pengertian Mikroprosesor Pengertian Multiplexer
Pengertian Kalibrasi Pengertian RFID

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian noise, cara menghilangkan dan jenis jenisnya. Anda bisa membaca penjelasan lebih lanjut mengenai noise dengan membaca sumber lain yang relevan.

Semoga informasi yang wikielektronika.com paparkan dapat membantu belajar Anda, terutama yang masih kesulitan untuk memahami apa itu noise dan bagaimana cara untuk mengurangi atau menghilangkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page