Pengertian Paralel dan Contohnya

Posted on

Paralel Adalah ?☑️ Penjelasan lengkap apa itu paralel menurut bahasa dan istilah (KBBI) serta Contoh penggunaannya pada struktur kalimat☑️

Menurut KBBI, definisi paralel merupakan kata sifat yang memiliki arti sejajar atau mirip, yang merupakan makna literal dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut merupakan contoh dari penggunaan kata paralel dalam berbagai kalimat.

Penggunaan kata paralel banyak diaplikasikan dalam berbagai topik dan bidang, salah satunya pada studi rangkaian elektronika. Kata paralel bersifat homonim karena memiliki lafal dan ejaan sama tetapi memiliki makna yang berbeda tergantung penggunaannya pada sebuah kalimat.

Pengertian Paralel

paralel adalah
Ilustrasi Gambar Paralel Via : Youtube.com

Apa itu Paralel ? Secara bahasa, arti kata paralel adalah Sejajar. Sedangkan menurut istilah, pengertian paralel adalah sesuatu yang tersusun dalam arah dan jarak yang sama. Penggunaan kata paralel bisa digunakan untuk berbagai konteks, misalnya rangkaian paralel, dunia paralel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kata paralel, selain memiliki makna sebagai sesuatu yang sejajar, ia juga memiliki arti sebagai garis lintang apabila diartikan dalam konteks geografis.

Kata Paralel juga sering digunakan dalam konteks kalimat dimana predikat memiliki arti yang sejalan, khususnya dalam penggunaan kalimat majemuk. Misalnya dalam kalimat, “pengumuman yang dibicarakan telah didengar dan dipahami dengan baik.”

Contoh Penggunaan Kata Paralel

contoh paralel

Selain digunakan dalam pemakaian kalimat, kata paralel juga sering digunakan dalam dunia pendidikan ilmu pengetahuan, misanya rangkaian paralel. Jika digabungkan dengan kata rangkaian, maka ia memiliki arti sebagai komponen dimana beban listriknya dirangkai secara berderet atau berjajar.

Hal tersebut tentu masih berkaitan dengan makna paralel sebagai sesuatu yang sejajar sebagaimana pengertiannya dalam KBBI. Rangkaian yang menggunakan sistem paralel akan memiliki sumber tegangan yang sama, sehingga masing-masing beban bisa membagi tegangan dan digunakan secara bersamaan.

Contoh penggunaan kata paralel bisa anda lihat pada kalimat berikut ini : “Kedua anggota Dewan tersebut telah melakukan investigasi paralel selama lebih dari tiga tahun.”

Contoh penggunaan kata paralel lainnya juga bisa ditemukan dalam kalimat yang predikat maupun subjeknya bersambung antara satu dengan yang lain, sehingga menghasilkan susunan kalimat majemuk yang setara, efektif, dan memiliki hubungan yang sama, contohnya, “makin berumur seseorang, harusnya ia makin bijak dan makin mawas diri.”

Contoh Penggunaan Kata Paralel pada Rangkaian Listrik :

Setelah mengetahui pengertian rangkaian paralel, ada baiknya Anda juga memahami mengenai sifat dan penggunaan dari rangkaian listrik tersebut. Rangkaian paralel biasanya diketahui dari susunan cabangnya yang memiliki lebih dari satu jalur, jadi jika satu jalur diambil rangkaiannya masih bisa digunakan.

Rangkaian paralel adalah rangkaian yang sering diaplikasikan pada lampu, dimana ia memiliki kelebihan akan membuat banyak lampu menyala dengan sama terang, meskipun jumlah lampunya cukup banyak. Ini karena masing-masing lampu diberi tegangan yang sama, sehingga beban listrik terbagi secara merata.

Ada beberapa contoh alat elektronika rumah tangga yang menggunakan rangkaian listrik paralel, diantaranya adalah:

  1. Penggunaan lampu lintas di jalan raya.
  2. Penggunaan keyboard untuk computer atau laptop.
  3. Pemasangan lampu rumah khusus untuk seri paralel, sehingga jika satu lampu mati maka yang lain masih bisa hidup.

Contoh rangkaian listrik paralel tersebut bisa memberikan gambaran untuk Anda terkait dengan penggunaan dan pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari. Kebalikan dari rangkaian paralel adalah rangkaian seri, dimana ia sering dipakai untuk pemakaian lampu senter.

Contoh Penggunaan Struktur Kalimat Paralel :

Struktur paralel (juga disebut paralelisme) adalah pengulangan bentuk tata bahasa yang dipilih dalam sebuah kalimat. Dalam penggunaan bahasa, kata paralel adalah kata yang memiliki makna sejajar, begitu pula jika ia digunakan dalam struktur kepenulisan.

Jika digunakan dalam rangkaian bahasa, maka kalimat yang dipakai harus saling bersambung satu sama lain tanpa adanya kesenjangan.

Anda bisa melihatnya dalam penggunaan contoh kalimat dengan struktur paralel berikut, “Ani membeli komputer, memasangnya di kamar, kemudian menghidupkannya.” Dari kalimat tersebut, terlihat bahwa penulis menggunakan kata kerja dalam setiap kalimat, sehingga ia memiliki struktur yang paralel.

Dunia Paralel

dunia paralel
Via : www.harpercollins.com

Selain digunakan untuk menjelaskan mengenai rangkaian listrik dan penggunaan struktur bahasa Indonesia, kata paralel juga sering diidentikkan dengan dunia paralel atau sering dikenal dengan Paralel Universe.

Dunia paralel juga dikenal sebagai alam semesta alternatif atau realitas alternatif. Dunia paralel adalah sebuah dunia yang sejajar dengan realita yang dialami oleh seseorang.

Artinya, di samping kehidupan yang dijalani oleh manusia sekarang, ada pula kehidupan lain yang berjalan bersamaan dengan kehidupan manusia saat ini. Jumlah dari semua alam semesta paralel potensial yang membentuk realitas sering disebut “multiverse”.

Dunia paralel mungkin sering dikaitkan dengan imajinasi manusia, namun ia memiliki fakta menarik yang sebaiknya Anda ketahui, yakni:

  1. Diluar Kemampuan Manusia

Anda tidak bisa begitu saja melihat bagaimana dunia paralel berjalan, sebab ia tidak bisa dijangkau oleh dimensi manusia saat ini. Contohnya ketika Anda berlayar di tengah lautan, Anda yang sedang naik kapal tidak bisa melihat kapal lain, kecuali ia tampak dalam pandangan.

  1. Kemungkinan Multi Universe

Jika dianalogikan seperti listrik paralel, dunia dengan model paralel bisa dimaksudkan sebagai dunia dalam satu universe. Sedangkan dunia lain memiliki universe yang berbeda, dan sulit diperhatikan dengan seksama karena jagat raya terus berkembang sejak pertama kali ada.

  1. Teori Kuantum

Dunia model paralel dengan teori kuantum memiliki arti bahwa proses kuantum acak yang terjadi di dunia, bisa menghasilkan dunia tersebut. Nantinya akan terbuka cabang lain dari dunia yang dihuni oleh manusia, dan kemungkinan tersebut akan terus terjadi.

Demikianlah informasi dari wiki elektronika mengenai penggunaan kata paralel serta bagaimana penggunaannya dalam kalimat. Paralel adalah hal yang sejajar, sehingga penggunaannya tidak jauh dari kesejajaran dan kemiripan antar satu dengan yang lain.

5/5 - (1 vote)
Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *