Pengertian Paralel dan Contohnya

3 min read

Contoh Penggunaan Struktur Kalimat Paralel :

Struktur paralel (juga disebut paralelisme) adalah pengulangan bentuk tata bahasa yang dipilih dalam sebuah kalimat. Dalam penggunaan bahasa, kata paralel adalah kata yang memiliki makna sejajar, begitu pula jika ia digunakan dalam struktur kepenulisan.

Jika digunakan dalam rangkaian bahasa, maka kalimat yang dipakai harus saling bersambung satu sama lain tanpa adanya kesenjangan.

Anda bisa melihatnya dalam penggunaan contoh kalimat dengan struktur paralel berikut, “Ani membeli komputer, memasangnya di kamar, kemudian menghidupkannya.” Dari kalimat tersebut, terlihat bahwa penulis menggunakan kata kerja dalam setiap kalimat, sehingga ia memiliki struktur yang paralel.

Dunia Paralel

dunia paralel
Via : www.harpercollins.com

Selain digunakan untuk menjelaskan mengenai rangkaian listrik dan penggunaan struktur bahasa Indonesia, kata paralel juga sering diidentikkan dengan dunia paralel atau sering dikenal dengan Paralel Universe.

Dunia paralel juga dikenal sebagai alam semesta alternatif atau realitas alternatif. Dunia paralel adalah sebuah dunia yang sejajar dengan realita yang dialami oleh seseorang.

Artinya, di samping kehidupan yang dijalani oleh manusia sekarang, ada pula kehidupan lain yang berjalan bersamaan dengan kehidupan manusia saat ini. Jumlah dari semua alam semesta paralel potensial yang membentuk realitas sering disebut “multiverse”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page