Pengertian dan Fungsi PCB (Printed Circuit Board)

Posted on

PCB Adalah ?☑️ Pengertian Printed Circuit Board, jenis jenis dan fungsi Papan PCB pada rangkaian elektronika☑️

Setiap jenis alat elektronik membutuhkan energi dari listrik agar bisa bekerja. Agar sumber daya listrik yang dialirkan melalui rangkaian-rangkaian tertentu sehingga bisa membuat alat-alat elektronik tersebut bekerja, diperlukan rangkaian yang sifatnya rumit.

Nah, berikutnya ini peran PCB adalah untuk mengorganisir rangkaian listrik tersebut. Supaya lebih mudah dalam memahami apa itu PCB, berikut kami paparkan detail ulasannya untuk anda.

Pengertian PCB (Printed Circuit Board)

pcb adalah
Gambar PCB

Printed Circuit Board (PCB) adalah papan yang berfungsi sebagai wadah untuk menghubungkan komponen-komponen elektronika melalui lapisan jalur konduktor. Bentuknya berupa papan dengan warna hijau terdiri atas beberapa komponen.

Kepanjangan PCB adalah Printed Circuit Board.  Jenis komponen-komponen yang dapat saling terhubung pada PCB bisa saja sama ataupun berbeda. Konstruksi PCB terdiri dari jalur trek, socket, garis dan jalur untuk menghubungkan komponen elektronik yang berbeda secara elektrik.

Sebelum bisa digunakan, PCB melalui proses bernama etching. Proses etching PCB adalah proses penyablonan atau pembuatan jalur-jalur konduktor yang nantinya menghubungkan tiap komponen pada papan.

Prinsip kerja PCB yaitu komponen elektronika dihubungkan secara elektrik dengan papan PCB menggunakan dua metode berbeda yang disebut teknologi through-hole dan teknologi surface mount.

Struktur Lapisan PCB

komponen PCB

Jika dilihat sekilas, papan PCB memang terlihat hanya seperti papan biasa. Kenyataannya, papan tersebut dibuat dengan berbagai lapisan dan material berbeda-beda. Nah, berikut adalah struktur lapisan pembentuk PCB yang kami rangkum dari wikipedia.org.

  1. Lapisan Standar (Substrat)

Lapisan pertama merupakan lapisan dasar disebut dengan substrat. Lapisan ini bisa berupa Flame Resistant (FR2) dan FR4. FR” terbuat dari sehelai kertas yang diserapi dengan resin plastik.

Sedangkan FR4 terbuat dari bahan anyaman fiberglass yang sudah diberi lapisan resin epoksi. FR4 ini memiliki daya serap air lebih rendah yang membuatnya menjadi isolator tinggi dan tahan hingga temperature 140°C.

  1. Tembaga

Lapisan kedua dari PCB adalah tembaga. Tembaga ini bentuknya pipih dan direkatkan pada substrat dengan proses laminasi pada temperature tertentu. PCB ada dua jenis sehingga jumlah lapisan tembaga ini juga bergantung pada jenisnya.

Misalnya pada single sided PCB hanya dilapisi dengan satu lapisan tembaga dan ditempatkan di salah satu sisi substrat saja. Sedangkan double sided PCB dilapisi tembaga di kedua sisinya.

  1. Soldermask

Ini adalah lapisan setelah tembaga. Fungsinya adalah menjaga supaya lapisan tembaga serta jalur konduktornya tidak mengalami kontak secara tidak sengaja. Soldermask ini juga berfungsi mencegah agar tidak terjadi solder short.

  1. Silkscreen

Lapisan terakhir adalah silkscreen. Fungsi dari lapisan ini adalah untuk memberi tanda (sebagai indikator) bagi komponen elektronika yang dirangkai pada PPCB. Dengan begitu proses perangkaian jadi lebih mudah.

Jenis Papan PCB

jenis pcb

Papan Printed Circuit Board memiliki berbagai macam varian yang bisa digunakan. Pembagian macam macam PCB ini diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yaitu jenis pcb berdasarkan jumlah struktur lapisan dan berdasarkan tingkat flexibilitasnya.

Sebelumnya sudah sedikit disinggung bahwa ada berbagai jenis papan PCB. Pertama adalah jenis PCB berdasar jumlah lapisan. Selain dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jumlah lapisannya, PCB juga dibagi beberapa jenis berdasarkan fleksibilitas.

  1. Single Sided PCB

Single sided PCB adalah jenis PCB yang hanya punya satu lapisan komponen tembaga pada salah satu sisi substratnya. Jenis PCB ini lebih banyak digunakan pada rangkaian elektronik yang sederhana.

  1. Double Sided PCB

Jenis berikutnya ini adalah PCB yang memiliki dua lapisan tembaga pada masing-masing sisi substrat. Pada jenis ini biasanya terdapat lubang-lubang yang fungsinya adalah menghubungkan kedua lapisan tembaga.

  1. Multilayer PCB

Jenis ini memiliki lapisan tembaga lebih dari 2 lapis. Ada lapisan insulator yang memisahkan antar lapisan tembaga. Jenis ini biasanya digunakan pada rangkaian elektronik yang kompleks.

  1. Aluminium Backed PCB

Aluminium Backed PCB adalah jenis papan PCB dimana Substrat dalam PCB yang didukung aluminium terbuat dari bahan aluminium. PCB jenis ini mempunyai komponen bahan isolasi yang memiliki ketahanan termal tinggi sehingga terhindar dari suhu panas saat melakukan transfer data.

  1. High-Frequency PCB

High Frequency PCB adalah jenis PCB yang dirancang untuk transmisi data yang tinggi. PCB ini mampu mentransmisikan sinyal lebih dari satu GHz. Umumnya, material yang digunakan dalam high frequency PCB berupa polifenilen oksida, Teflon, dan laminasi epoksi yang diperkuat kaca.

  1. Rigid PCB

Rigid PCB adalah jenis yang papan rangkaiannya kaku dan tidak bisa dilenturkan. Contoh paling mudah kita temukan pada Rigid PCB adalah motherboard sebuah komputer atau laptop.

Motherboard adalah PCB multilayer yang dirancang untuk mendistribusikan listrik dari catu daya dan membantu menciptakan jalur konduksi antara berbagai bagian komputer termasuk CPU, RAM, dan GPU.

  1. Flex PCB

Flex PCB adalah jenis papan PCB yang bisa dibengkokkan tanpa merusak. Berbeda dari rigid pcb yang menggunakan bahan fiberglass, material yang digunakan pada flexible PCB umunya berbahan plastik.

Bahan konduktor yang digunakan dalam PCB ini sebagian besar terdiri dari poliester, poliamida atau PEEK (Polyether ether ketone).

  1. Rigid-flex PCB

Rigid-flex PCB adalah gabungan dari keduanya. Umumnya, beberapa rigid PCB dihubungkan dengan flex PCB. Jenis PCB Rigid Flex ini umumnya memiliki harga yang lebih mahal dan sulit untuk dirancang dibandingkan dengan PCB Rigid atau Flex PCB.

Fungsi Papan PCB

fungsi pcb

Fungsi utama PCB adalah sebagai wadah untuk menghubungkan komponen-komponen elektronika agar saling terhubung melalui lapisan jalur konduktor.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kegunaan PCB ini tidak dapat digantikan. Berikut adalah fungsi fungsi lain dari papan PCB.

  1. Sebagai Media Tempat Penyusun Komponen

Ini adalah fungsi utama PCB, yaitu sebagai media penyusun komponen elektronika. Dengan begitu, setiap komponen yang ada di dalamnya bisa saling terhubung dan terpasang dengan lebih rapi serta terorganisir.

  1. Mampu Menghubungkan Antar Komponen

Setiap komponen yang ada pada papan PCB jenisnya bisa sama ataupun berbeda. Meski demikian, masing-masing komponen tersebut bisa saling terhubung. PCB juga bisa saling menghubungkan antara komponen aktif dan komponen pasif sehingga bisa lebih efisien.

  1. Pengganti Kabel

Fungsi terakhir dari papan PCB adalah sebagai pengganti kabel. Maksudnya, setiap komponen yang ada pada rangkaian elektronika umumnya harus dihubungkan dengan media transisi, seperti kabel. Namun dengan adanya PCB komponen-komponen tersebut bisa otomatis terhubung tanpa kabel melainkan melalui jalur sirkuit.

Baca Juga : Pengertian UPS

Sekarang sudah tahu bukan apa itu PCB dan segala hal berkaitan tentang komponen elektronika ini. PCB merupakan komponen yang memiliki peran sangat penting karena wadah penyusun komponen elektronika. Tanpa adanya papan ini, maka komponen elektronika pun tidak akan bisa bekerja.

5/5 - (1 vote)
Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *