Pengertian dan Fungsi PCB (Printed Circuit Board)

3 min read

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kegunaan PCB ini tidak dapat digantikan. Berikut adalah fungsi fungsi lain dari papan PCB.

  1. Sebagai Media Tempat Penyusun Komponen

Ini adalah fungsi utama PCB, yaitu sebagai media penyusun komponen elektronika. Dengan begitu, setiap komponen yang ada di dalamnya bisa saling terhubung dan terpasang dengan lebih rapi serta terorganisir.

  1. Mampu Menghubungkan Antar Komponen

Setiap komponen yang ada pada papan PCB jenisnya bisa sama ataupun berbeda. Meski demikian, masing-masing komponen tersebut bisa saling terhubung. PCB juga bisa saling menghubungkan antara komponen aktif dan komponen pasif sehingga bisa lebih efisien.

  1. Pengganti Kabel

Fungsi terakhir dari papan PCB adalah sebagai pengganti kabel. Maksudnya, setiap komponen yang ada pada rangkaian elektronika umumnya harus dihubungkan dengan media transisi, seperti kabel. Namun dengan adanya PCB komponen-komponen tersebut bisa otomatis terhubung tanpa kabel melainkan melalui jalur sirkuit.

Baca Juga : Pengertian UPS

Sekarang sudah tahu bukan apa itu PCB dan segala hal berkaitan tentang komponen elektronika ini. PCB merupakan komponen yang memiliki peran sangat penting karena wadah penyusun komponen elektronika. Tanpa adanya papan ini, maka komponen elektronika pun tidak akan bisa bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page