Pengertian dan Siklus PDCA

2 min read

Salah satu contoh penerapan PDCA dalam manajemen misalnya penerapannya di Puskesmas. Contoh kasus PDCA di Puskesmas misalnya. Puskesmas yang masih belum maksimal pelayanannya bisa diatasi dengan menerapkan PDCA. Pertama dimulai dengan tahap identifikasi masalah yang menyebabkan pelayanan tidak maksimal.

Setelah menemukan sumber permasalahan kemudian dilakukan tindakan sesuai dengan yang sudah disusun di tahap perencanaan. Dalam tahap pelaksanaan ini tidak boleh ada penundaan setiap tindakan sebagaimana yang sudah direncanakan.

Saat tahap pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan tahap pemantauan dan evaluasi. Pemantauan dilakukan untuk memastikan apakah proses berjalan sesuai rencana atau tidak. Kemudian dilanjutkan dengan tahap evaluasi.

Untuk contoh format laporan menggunakan siklus PDCA bisa anda download melalui link berikut ini : Ejournal.unuja.ac.id

Contoh Konsep & Metode Terkait :
Metode Gerbang Logika Metode Rumus Slovin
Metode Skala Likert Metode Distribusi Frekuensi

Nah, itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang metode manajemen dengan konsep PDCA. PDCA adalah sebuah metode dalam manajemen perusahaan atau organisasi yang dilakukan secara siklus atau berulang-ulang. Metode manajemen dengan konsep ini diklaim dapat memberikan peningkatan dan perbaikan manajemen yang lebih efektif.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page