Mengenal Biografi Tokoh Penemu Televisi

5 min read

Pasti kalian tidak asing lagi kan dengan televisi dan pastinya disetiap rumah sudah mempunyai satu televisi minimalnya. Lalu siapakah penemu televisi? Apakah kalian sudah mengerti siapakah penemu televisi yang pertama kali?

Jika kalian belum mengerti siapakah menemu televisi, nah! pada kesempatan kali ini akan membahas penuh dari penemu televisi hingga sejarah bagaimana televisi ditemukan tidak lupa dengan penemu televisi.

Tapi sebelum membahas jauh mengenai biografi dari penemu televisi alangkah lebih baiknya membahas sejarah televisi terlebih dahulu.

Sejarah Televisi (TV) & Perkembangannya

sejarah tv

Televisi ( TV ) merupakan sebuah media telekomunikasi yang sangat terkenal dan juga mempunyai fungsi untuk penerima siaran gambar yang bergerak dan juga bersuara, walau pun yang monokrom atau yang sudah mempunyai warna.

Istilah televisi adalah gabungan dari kata tele yang berasal dari bahasa yunani memiliki arti jauh dan visio dari bahasa latin yang memiliki arti pengelihatan. Jadi televisi bisa diartikan sebagai alat komunikasi jarah yang memakai media visual atau penglihatan.

Di masa awal perkembangan televisi, televisi masih memakai gabungan teknologi optic, mekanik, dan juga elektronik yang bertugas untuk merekam, menampilkan, dan juga menyiarkan gambar visual.

Walau bagaimanapun, di akhir tahun 1920 an, sistem pertelevisian yang hanya memakai teknologi optic dan elektronik saja sudah melakukan perkembanga, yang mana seluruh sistem televisi modern telah menetapkan teknologi ini.

Meskipun sisitem mekanik pada akhirnya tidak dipakai lagi, pengetahan yang diperoleh dari pengembangan sistem elektromekanis memang sangat peting di dalam pengembangan sistem televisi elektronik penuh.

Konsep TV Mekanik

sejarah perkembangan tv

Gambar pertama yang sudah dikirimkan dengan elektrik dengan melalui mesin facsimile mekanik yang sederhana, seperti pantelegraf yang dilakukan perkembangan di akhir abad ke 19.

Konsep pengiriman gambar bergerak yang memakai daya elektrik awalnya dijelaskan di tahun 1879 sebagai teleponoskop  yaitu kosep gabungan telepon dan gambar bergerak, tak lama kemudian penemuan telepon.

Di saat itu, para penulis fiksi ilmiah sudah membayangkan bahwa pada suatu hari nanti cahaya pastinya juga akan bisa dikirimkan lewat medium kabel, sama halnya seperti suara.

Ide yang untuk memakai sistem pemindaian gambar untuk mengirim gambar awalnya di praktekkan di tahun 1881 memakai pantelegraf, yaitu memakai mekanisme pemindaian pendulum.

Setelah saat itu, beragam teknik pemindaian gambar sudah dipakai di hampir semua teknologi pengiriman gambar, termasuk televisi juga. Ini konsep yang memiliki nama perasteran, yakni proses yang merubah gambar visual menjadi gelombang elektrik.

Di tahun 1884, “Paul Gottlieb Nipkow”, adalah seorang mahasiswa yang berumur 23 ahun di jerman, telah mematenkan sistem televisi elektromekanik yang memakai Cakram Nipkow.

Cakram nipkow merupakan cakram yang berputar dengan seperangkat lubang yang telah disusun secara spiral ke pusat cakram yang dipakai di dalam proses perasteran.

Pada setiap lubang cakram akan diposisikan dengan selisih baut yang sama supaya di dalam setiap putarannya cakram itu bisa meneruskan cahaya lewat setiap lubang sampai mengenai lapisan selenium peka cahaya yang akan menghasilkan denyut elekrik.

Berjalan dengan peletakan posisi gambar yang difokuskan dipusat cakram, di setiap lubang akan memindai setiap iris horizontal dari semua gambar.

Alat buatan nipkow ini tidak sungguh sungguh bisa dipraktekkan sampai adanya kemajuan di dalam teknologi tabung penguat. Tapi, alat itu hanya bisa memancarkan gambar halftone karena lubang dengan posisi tertentu dan ukuran yang berbeda beda lewat kabel telegraf atau telepon.

Desain selanjutnya adalah dengan memakai pemindai mirror durm berputar menjadi perekam gambar dan juga tabung sinar katode atau CRT menjadi perangkat tampilan.

Di tahun 1907, ada ilmuwan asal rusia yang bernama boris rosing, telah menjadi penemu pertama yang memakai CRT di dalam perangkat penerima dari sistem televisi eksperimental.

Dia telah memakai pemindai mirror drum untuk mengirimkan gambar geometric sederhana ke CRT. Tapi, untuk merekan gambar bergerak masih tidak bisa dilakukan, dikarenakan kepekaan detektor selenium yang begitu rendah.

Teori teori keilmu diatas itulah yang ahirnya melahirkan konsep TV untuk pertama kalinya yang berhasil dikembangkan di kota Lonon.

Tokoh Penemu Televisi

penemu tv

Tokoh penemu televisi adalah ilmuwan asal Skotlandia bernama John Logie Baird. Ia menemukan konsep tv untuk pertama kalinya melalui metode pemancaran gambar bayangan yang bergerak di London tepatnya pada tahun 1926.

Cakram pemindai baird bisa menghasilkan gambar yang memiliki resolusi 30 baris yang cukup untuk melihatkan wajah manusia dari lensa dengan spiral ganda.

Demonsrasi oleh baird ini sudah disetujui secara umum oleh dui menjadi demonstrasi televisi yang pertama, walupun selalipun televisi mekanik tidak dipakai lagi.

Di tahun 1927, baird juga telah menemukan sistem rekaman video pertama di dunia, yakni phonovision,yakni dengan memodulasi siyal output kamera TV nya ke dalam kisaran jangkauan audio, dia bisa merekam sinyal itu di cakram audio 19 inci yaitu 25 cm dengan memakai teknologi rekaman audio biasa.

Walau hanya sedikit rekaman phomovision baird yang masih ada dan beberapa rekaman yang masih ada itu lalu diterjemahkan dan diproses menjadi gambar yang bisa dilihat di tahun 1990 memakai teknologi pemrosesan sinya digital.

Di tahun 1926 ada seorang insinyur dari hungaria, yaitu bernama kalman tihanyi, telah mendesain sistem televisi dengan menggunakan perangkat pemindaian dan tampilan yang secara penuh elektronik dan memakai prinsip penyimpanan isi di dalam tabung pemindai atau kamera.

Di tahun 1927, ada seorang penemu televisi dari rusia, yaitu bernama leon theremin, telah melakukan perkembangan sisiem televisi dengan mirror drum yang memakai sistem video terjalin agar menghasilakn resolusi gambar 100 baris.

Di tahun yang sama, ada seorang yang bernama Herbert E. Ives dari bell labs telah berhasil mengirimkan gambar bergerak dari sebuah cakram 50 tingkap yang dapat menghasilkan 16 gambar permenitnya melewati medium kabel dari wasingon, D. C. ke new york city, dan jgua melwewati gelombang radio dari whippyany, new jersey.

Ives memakai layar penayang yang bersarnya 24 x 30 inc atau dalam versi cmnya 60 x 75 cm. subjek rekamannya termasuk kedalam salah satunya. Sekretaris perdangan amerika pada saat iyt, Herbert hoover.

Di tahun yang sama juga, philo Farnsworth telah berhasil membuat sistem di dunia dengan menggunakan pemindai elektronik di keuda perangkat tampilan dan pickup, yang mana temuannya ini pertama kali dia demonstrasikan di depan para media pers pada tanggal 1 september 1928.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *