Materi Arus Listrik Lengkap

5 min read

Diketahui : Beda potential dan hambatan adalah 20V dan 4Ω.

Ditanyakan: Arus(I) yang mengalir pada rangkaian ?

Jawab:

V = 20V, R = 4Ω
I = V/R
I = 20/4
I = 5

Jawab: Arus yang mengalir pada rangkaian listrik tersebut adalah 5 Ampere.

2. Arus total yang mengalir dalam rangkaian elektronika adalah 50 Amp sedangkan hambatan kabel adalah 14 Ohm. Menggunakan rumus berapa nilai beda potensialnya?

Jawab:

Untuk mencari beda potensial:

I = 50 A, R = 14Ω

Menggunakan rumus arus :

I = V/R
50 = V/14
V = 50 × 14
V = 700

Jawaban: Nilai Beda potensial adalah 700 V.

3. Dalam suatu rangkaian listrik, beda potensial adalah 20 V dan nilai arus masing-masing adalah 5 Amp. Dengan menggunakan rumus arus, cari hambatan rangkaian.

Jawab:

Untuk menemukan resistansi (R) dari rangkaian:

V = 20V, I = 5 Amp
R = V/I
R = 20/5
R = 4Ω

Jawaban: Hambatan dari rangkaian adalah 4Ω.

Kesimpulan :

Rumus arus listrik berdasarkan nilai muatan dan waktu. Pada umumnya, muatan ditunjukkan dengan satuan yang berkaitan dengan kapasitas elektron dan satuannya adalah coulomb atau C. Selanjutnya, muatan tersebut berpindah per satuan waktu sehingga dinyatakan dengan Ampere.

Baca Juga : Kabel Fiber Optik

Anda dapat mengerti mengenai konsep ini setelah berlatih contoh soal kuat arus listrik. Bentuk soal membantu untuk menghitung Ampere setelah nilai muatan dan waktu diketahui. Perlu Anda ketahui, muatan berbanding lurus tetapi tidak dengan waktu. Semakin lama arus mengalir maka kekuatannya akan melemah.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page