Sumber Energi Listrik pada Baterai

Posted on

Pembahasan lengkap apa itu Baterai ☑️ Penemu Baterai, Fungsi, jenis ☑️ dan sumber energi listrik pada Baterai yang wajib kamu tahu☑️

Pengertian baterai dapat Anda pahami sebagai sebuah daya yang dimiliki sebuah alat elektronik agar dapat digunakan oleh manusia. Baterai ini dapat diibaratkan seperti manusia yang membutuhkan makanan agar tetap bertahan hidup.

Itulah mengapa hampir semua alat elektronik memiliki baterai agar bisa hidup dan berfungsi dengan baik. Tanpa adanya baterai tentu akan cukup menyulitkan. Sumber energi listrik pada baterai sendiri merupakan daya yang dihasilkan dari konversi zat kimia menjadi listrik.

Pengertian Baterai

pengertian baterai

Pengertian baterai dapat dipahami sebagai sebuah komponen yang mampu merubah energi kimia menjadi sebuah energi listrik. Pada umumnya, baterai adalah komponen yang digunakan pada alat-alat elektronik, diantaranya handphone, remote control, laptop, senter, dan lain-lain.

Penggunaan baterai memberikan kemudahan agar tidak perlu repot mencari sumber listrik untuk menggunakan beberapa alat elektronik yang ada. Sebab, tidak semua tempat selalu menyediakan sumber listrik, melainkan hanya di tempat-tempat tertentu saja, terutama yang sudah berbentuk bangunan rumah maupun gedung.

Tokoh Penemu Baterai

Sosok yang pertama kali dikenal sebagai penemu baterai adalah Alessandro Volta. Beliau merupakan ahli fisika yang asalnya dari negara Italia. Beliau hidup di zaman abad 18. Tak hanya menjadi fisikawan, dirinya juga sekaligus menjadi ahli ilmu kimia, bahkan turut menjadi pelopor kelistrikan. Dirinya sudah menjadi ahli fisika sejak usianya 29 tahun.

Faktor yang menjadi penyebab dirinya mampu menjadi tokoh yang besar dalam bidang keilmuan ini yakni ketertarikannya yang sangat tinggi pada bidang listrik. Penemuan baterai ini berawal dari eksperimen yang dilakukan Volta terhadap sebuah logam.

Walaupun sempat mendapatkan pertentangan dari ilmuwan yang lain, tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap melakukan penelitian. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, terbuktilah pendapat volta dan menjadi cikal bakal penemuan baterai.

Karena kepraktisan dari baterai yang ditemukan tersebut, maka menjadikan ilmu tersebut dengan cepat dikenal percobaan listrik dan ilmu sains. Karena Volta menjadi orang yang menemukan baterai, maka tak heran jika satuan listrik dikenal dengan istilah volt.

Jenis Baterai

jenis baterai

  1. Baterai Sekali Pakai (Baterai Primer)

Sesuai dengan namanya, baterai ini hanya bisa digunakan sekali, sehingga ketika dayanya sudah habis, sudah tak bisa digunakan kembali. Jenis baterai ini merupakan baterai yang kerap ditemukan di toko-toko. Bahkan hampir semua penjual baterai dan peralatan elektronik pasti menjualnya.

Hal tersebut disebabkan karena pemakaiannya yang cukup luas serta harganya cenderung lebih murah. Tegangan yang dimiliki baterai primer pada umumnya 1,5 volt. Di samping itu, ada pula baterai primer dengan dua jenis tegangan, yaitu baterai 6 volt dan baterai 9 volt. Kedua baterai tersebut memiliki bentuk lain, tak seperti baterai yang lain, yaitu kotak.

  1. Baterai Isi Ulang (Baterai Sekunder)

Seperti dengan namanya, jenis baterai ini dapat diisi ulang, sehingga ketika dayanya telah habis masih bisa dipakai kembali. Walaupun demikian, sebenarnya kinerja arus listrik yang terdapat pada baterai sekunder maupun primer tidaklah berbeda. Hanya saja, pada baterai sekunder, reaksi kimianya bersifat reversible.

Ketika baterai ini digunakan, yakni saat beban terhubung dengan terminal baterai, maka akan terjadi aliran electron yang berawal dari kutub negatif menuju kutub positif. Berbeda dengan ketika sedang discharge, maka aliran electron dimulai dari kutub positif ke kutub negatif, sehingga terjadilah pengisian daya baterai.

Sumber Energi Listrik pada Baterai

sumber energi listrik pada baterai

Sumber energi listrik pada baterai berasal dari hasil konversi energi kimia menjadi energi listrik melalui proses reaksi perubahan energi . Zat zat kimia yang ada didalam baterai melalui suatu reaksi  sehingga menyebabkan perubahan energi kimia menjadi energi listrik yang hasilnya adalah sebuah daya listrik.

Pada proses perubahan kimia menjadi listrik tersebut tidak memerlukan sambungan listrik secara langsung. Dengan demikian, beberapa peralatan elektronik yang memerlukan energi listrik dapat digunakan di mana saja Anda berada memanfaatkan daya listrik pada baterai ini.

Energy kimia tersebut tersimpan dalam sebuah karbon yang berbentuk batangan. Biasanya karbon tersebut dibungkus menggunakan serbuk yang berwarna hitam. Serbuk inilah yang kemudian dapat menghantarkan daya listrik, sehingga peralatan elektronik bisa digunakan tanpa tersambung dengan saklar.

Fungsi Baterai

fungsi baterai

  1. Sebagai Sumber Energi

Ketika mesin sedang tidak bisa menyala, maka baterai bisa menjadi solusi agar peralatan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, hal ini tidak berlaku pada semua peralatan elektronik, melainkan hanya pada beberapa benda saja, seperti penerangan dalam bentuk senter, radio dengan baterai, dan asessoris tertentu.

  1. Sebagai Stabilizer

Ketika mesin sedang dinyalakan, maka di sini baterai berfungsi sebagai stabilizer, khususnya pada proses penyuplaian listrik pada kendaraan. Ketika mesin menyala, maka akan membutuhkan alternator tertentu sebagai sumber penyeimbang.

  1. Menghidupkan Starter

Kita tahu bahwa sumber energi listrik pada baterai merupakan pengolahan dari zat kimia menjadi listrik yang menghasilkan sebuah daya. Ketika sebuah perangkan akan dinyalakan maka membutuhkan adanya daya baterai. Sebuah sistem starter tidak akan menyala tanpa baterai jika tidak tersambung langsung dengan arus listrik.

Info Elektronika Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Trafo Pengertian dan Fungsi Dioda
Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pengertian dan Fungsi Relay

Setelah Anda mengerti banyak hal tentang baterai, mulai dari pengertian baterai sampai manfaat dan sumber energi lsitrik pada baterai, maka dapat menambah wawasan Anda tentang baterai. Bahkan Anda kini sudah mengerti asal usul penamaan satuan daya baterai, yakni berasal dari seseorang yang diketahui sebagai penemu dari baterai.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *