Pengertian Media Pembelajaran, Fungsi dan Contohnya

5 min read

Agar lebih jelas lagi untuk memahami pengertian media pembelajaran, berikut ada beberapa pengertian media pembelajaran menurut para ahli, sebagai berikut :

  1. Menurut Azhar

Pegertian media pembelajaran merupakan alat bantu di dalam proses belajar baik di dalam atau di luar kelas, sedangkan lebih lanjutnya dijelaskan bahwa media pembelajaran merupakan kompenen sumber belajar ata wahana fisik yang isinya materi intruksional di lingkungan para murid yang bisa merangsang sisiwa supaya belajar.

  1. Menurut Rayanda Asyar

Pengertian media belajar bisa dipahami menjadi semua hal yang bisa menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber dengan terencana, maka terjadi lingkungan belajra yang kondusif yang mana penerimanya bisa melakukan proses belajar dengan efisien dan efektif.

  1. Menurut Munandi

Pengertian media pembelajaran adalah semua ha yang bisa menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber dengan terencana sampai terciptanya lingkungan belajar yang kondusif yang maan penerimanaya bisa melakukan peroses belajar dengan efisien dan efektif.

  1. Menurut Miarso

Pengertian media pembelajaran adalah semua hal yang dipakai untuk menyalurkan pesan dan bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sampai bisa mendorong terjadinya proses belajar.

  1. Menurut Gerlacah dan Ely

Pengertian media pembelajaran mempunyai cakupan yang begitu luas, yakni termasuk manusia, materi atau pembahasan yang membangun suatu kondisi yang membuat para murid bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Media pembelajaran tentang seluruh sumber yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi di dalam pebelajar, jadi bentuknya dapat berupa perangkat keras, contoh media pembelajaran seperti computer, TV, Projector, dan perangkat lunak yang dipakaikan ke perangkat keras.

  1. Menurut Jhon D. Latuheru

Jhon mengatakan bahwa sebelum kata media atau istilah yang menjadi popular di dalam dunia pendidikan sekarang ini khususnya di dalam interaksi belajar mengajar.

Istilah yang lebih mempunyai pengertian yang  awalnya dikenal orang dengan istilah audio visual aids atau alat pandang dengar, kemudian disebut intuctional material, dan sekarang yang biasanya dipakai di dalam dunia pendidikan nasional adalah media pendidikan atau media pembelajaran .

  1. Menurut Gerlach

Media pembelajaran itu terdiri dari orang, bahan, peralatan, atau aktivitas yang menciptakan kondisi yang mungkin saja para murid mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan dan juga wawasan, mengubah sikap  para murid, atua untuk menambah keterampilan.

  1. Menurut Battner Doris

Media pembelajaran atatu yang biasa disebut dengan alat peraga begitu penting untuk digunakan di dalam setiap pelajaran, karena para murid bisa mengingat 50 % dari bahan pelajaran yang terlihat, tapi kira kira hanya 10 % dari bahan pelajaran lisan.

Media pembelajaran yang biasa dipakai untuk siswa yaitu gambar, papan tulis, benda alam, bagan, papan flannel, peta dan temple.

Fungsi Media Pembelajaran

fungsi media pembelajaran

Fungsi media pembelajaran yang utama adalah untuk menunjang aktifitas belajar mengajar para guru dan siswa dalam menyampaikan materi baik secara verbal, visual, audio maupun secara daring (online).

Selain fungsi utama diatas, media pembelajaran juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, berikut ragam fungsi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar :

  1. Fungsi atensi

Fungsi ini adalah inti, yaitu yang menarik dan mengarahkan perhatian para siswa agar berkonsentrasi ke isi pelajaran yang berhubungan dengan arti visual yang ditampilan atau menyertakan teks materi pelajaran. Tak jarang di awal pelajaran siswa tikda tertarik dengan materi pelajaran itu

  1. Fungsi afektif

Media visual bisa dilihat dari tingkat kenikmatan siswa saat belajar teks yang ada gambarnya. Gambar atau lambang visual bisa menarik emosi dan sikap siswa, seperti informasi yang mengenai masalah sosial atau ras.

  1. Fungsi kognitif

Fungsi ini terlihat dari temuan penelitian yang mengatakan bahwa lambang visual atau gambar melancarkan pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang ada di dalam gambar.

  1. Fungsi kompenatoris

Fungsi ini terlihat dari hasil penelitian jika media visual yang memberi kontek untuk memahami teks membantu sisiwa yang kurang dalam hal membaca untuk mengorganisasikan informs di dalam teks dan mengingat kembali.

Kata lainnya, media pembelajaran memiliki fungsi untuk mengakomodasikan siswa yang kurang dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang diberikan dengan teks atau diberikan dengan verbal.

Manfaat Media Pembelajaran

media pembelajaran

Secara umum, media pembelajaran memiliki banyak manfaat dalam proses belajar mengajar, diantaranya adalah :

  1. Memperjelas pemberian pesan supaya tidak begitu memiliki sifat yang verbalistis ( di dalam bentuk kata kata tertulis atau lisan yang berkala )
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan juga daya indera, contohnya seperti :
  • Objek yang begitu besar, dapat digantikan dengan kenyataan, gambar, film bingkai, film, atau model.
  • Objek yang kecil dibantu dengan proyektor mikiro, film bingkai, atau gambar.
  • Gerak yang begitu lambat atau begitu cepat, bisa dibanu dengan timelapse atau high speed photography.
  • Objek yang begitu kompleks bisa diberikan dengan model, diagram, dan yang lainnya.

Jenis dan Contoh Media Pembelajaran

contoh media pembelajaran

Media pembelajaran juga mempunyai beberapa jenis dan di dalam klasifikasi media pembelajaran abad 21 juga sudah ada, jadi media pembalajaran ini sudah ada sejak jaman dahulu, berikut ini adalah jenis media pembelajaran  beserta contoh media pembelajaran yaitu :

  1. Media visual

Media visual memiliki fungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dibentuk ke dalam beragam bentuk visual.

Tak hanya itu fungsi media visual juga memiliki fungsi untuk menarik perhatian, memperjelas menyajian ide, menggambarkan fakta yang bisa saja dengan mudah untuk diterima dan diingat apabila diberikan di dalam bentuk visual. Berikut contoh media pembelajaran dari jenis media visual yaitu :

  • Gambar / foto
  • Sketsa
  • Diagram
  • Bagan
  • Grafik
  • Kartun
  • Poster
  • Peta atau globe
  • Papan planet
  • Papan buletin
  1. Media audio

Media audio merupakan jenis media pembelajaran yang memiliki hubungan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan diberikan disajikan ke dalam bentuk lambang lambang auditif. Berikut adalah contoh media pembelajaran dari jenis media audio yaitu :

  • Radio
  • Alat perekam ata tape recorder
  1. Media proyeksi diam dan audio visual

Jenis dari media proyeksi diam adalah :

  • Film bingkai
  • Film rangkai
  • OHT
  • Opaque projector
  • Mikrofis
  1. Media proyeksi gerak dan audio visual

Berikut adalah contoh media pembelajaran dari jenis dari media proyeksi gerak dan audio visual adalah :

  • Film gerak
  • Film gelang
  • Program TV
  • Video
  1. Multimedia

Menurut Vaughan, Multimedia meruapan semua kokminasi yang terdiri dari teks, seni grafik, bunyi, animasi, dan video yang diterima oleh pemakai lewat komputer.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page