Pengertian Media Pembelajaran, Fungsi dan Contohnya

5 min read

Sementara menurut Heinich dkk multimedia adalah penggabungan atau pengintegrasian dua atau lebih format media yang padu antar seperti teks, grafik, animasi, dan video yang membentuk peraturan informasi ke dalam sistem komputer.

  1. Media Benda dan Lingkungan

Jenis berikutnya adalah media pembelajaran melalui benda benda dan juga lingkungan. Benda benda yang terdapat di alam, di sekitar juga bisa dipakai untuk media pembelajaran, baik itu benda asli atau benda tiruan.

  1. Media Pembelajaran Interaktif

Setelah memahami tentang media pembelajaran, lalu apa sih media pembelajaran interaktif itu? Selanjutnya akan menjelaskan mengenai media pembelajaran interaktif, simak penjelasannya sebagai berikut.

Kata interaktif secara umum mempunyai arti komunikasi dua arah atau lebih dari komponen kompenen komunikasi. Untuk lebih sederhananya lagi interaktif mempunyai arti komunikasi aktif antar komunikator dan komunikan. Tidakada satu pihak yang pasif.

Jika secara umum media interaktif mengarah ke produk multimedia dan layanan digital di sistem IT yang merespon tidakan pemakai dengan memberikan konten ausio, konten visual atau konten audiovisual.

Jadi kemudian akan bisa ditarik kesimpulan bawa pengertian dari media pembelajaran interaktif adalah alat bantu yang berbasis multimedia yang bisa menjelaskan pesan atau informasi dari guru kepada para siswa yang di dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif dua arah.

Komunikasi antar multimedia dengan pemakai atau para siswa ini yang memiliki tujuan untuk memudahkan peroses dalam pembelajaran.

  1. Media Pembelajaran Daring

Menurut Sofyana & Abdul, 2019, media pembelajaran daring adalah perangkat perantara pembelajaran tatap muka secara digital (aplikasi) untuk membantu proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa meskipun berada pada jarak yang jauh (tidak satu tempat).

Di jaman digital saat ini, guru seharusnya sudah mudah untuk bisa mendapat media pembelajaran daring yang interaktif. Guru bisa mendownload dan menggunakan aplikasi daring untuk proses belajar mengajar dengan gratis ataupun yang berbayar.

Contoh media pembelajaran daring yang umum digunakan seperti aplikasi Zoom, Google Meet, Google classroom, Animaker, Edmodo, Edpuzzle, Whatsapp video call, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, terdapat beberapa jenis media pembelajaran daring yang bisa dengan mudah ditumuikan di internet, diantaranya seperti multimedia pembelajaran interaktif dengan berbasis e-learning, media pembelajaran website pendidikan situs belajar online serta media interaktif berbasis aplikasi.

Ulas Juga Materi Belajar Lainnya :
Pengertian Sistem Bilangan Pengertian Analisis
Pengertian Sistem Pengertian Sistem Informasi

Demikian pejelasan mengenai media pembelajaran, di era yang canggih ini sudah banyak tersebar materi media pembelajaran ini di internet, baik media pembelajaran PDF, word atau pun beragam jurnal media pembelajaran yang juga sudah banyak tersebar.

Semoga penjelasan mengenai media pembelajaran yang wiki elektronika ulas di atas dapat diterima dengan mudah, sehingga semua inforamasi yang terkandung dapat tersampaikan dengan sempurna.  Sehingga dapat membantu dalam menambah wawasan, informasi, maupun pengetahuan bagi para pembaca

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page