Pengertian Penelitian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Jenisnya

8 min read

Penelitian Adalah?☑️ Penjelasan lengkap mengenai Pengertian, Jenis jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contoh desain penelitian☑️

Secara umum, penelitian merupakan salah satu aktivitas ilmiah yang dilakukan secara aktif, sistematis dan tekun. Anda bisa melakukan penelitian untuk menciptakan, menemukan, menginterpretasi dan merevisi data yang ada.

Nah untuk anda yang kebetulan sedang mempelajari materi mengenai penelitian ilmiah, berikut coba wikielektronika ulas secara lengkap dan detail untuk bahan refrensi belajar anda semuanya.

Pengertian Penelitian

penelitian adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian penelitian adalah proses penyelidikan sistematis yang memerlukan pengumpulan, analisis, serta interpretasi data berdasarkan metodologi yang ditetapkan untuk menguji hipotesis atau memecahkan masalah tertentu.

Adapan tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengumpulkan pengetahuan dan temuan substantif, mengevaluasi validitas hipotesis, penemuan dan interpretasi fakta, serta menghasilkan rumusan masalah untuk pertanyaan lebih lanjut.

Sederhananya, penelitian adalah proses analisis dan penciptaan pengetahuan baru/ yang telah ada dengan cara baru dan kreatif sehingga menghasilkan konsep, metodologi, dan pemahaman baru.

Kemudian jika kita merujuk pada Kamus Daring Merriam-Webster, secara bahasa kata penelitian (research) berasal dari bahasa Prancis Tengah “recherche”, yang berarti “pergi mencari”.

Istilah itu sendiri berasal dari bahasa Prancis Kuno “recerchier” yang merupakan kata majemuk dari “re” + “cerchier”, atau “sercher”, yang berarti ‘pencarian’.

Beberapa orang sering menyebut penelitian sebagai tindak penyelidikan.  Proses penyelidikan tersebut terjadi pada suatu teori, peristiwa, tingkah laku, hukum, data survei dan sumber informasi lainnya.

Anda bisa terjun langsung ke lapangan untuk meneliti suatu objek. Bahan yang diteliti dapat menyesuaikan dengan topik penelitian Anda sendiri.

Tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mengajukan sebuah penelitian di mata publik. Seperti menganalisis data, mengembangkan dan melakukan evaluasi hipotesis.

Setiap membuat laporan, Anda harus mengikuti pola penelitiannya agar runtut dan sistematis.

Arti Penelitian Menurut para Ahli

Definisi penelitian itu luas, banyak tokoh terkemuka yang memberikan pendapatnya. Dengan berbagai pendapat para ahli, Anda bisa memahami apa itu penelitian yang sesungguhnya. Di bawah ini beberapa tokoh terkemuka yang memberikan pendapatnya.

  • Sugiyono

Menurut Sugiyono (2013:2), penelitian adalah proses ilmiah yang dilakukan untuk memperoleh data dan pengetahuan baru sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah tertentu.

  • Earl Robert Babbie

Menurut pakar Sosiolog Amerika Earl Robert Babbie disebutkan bahwa pengertian penelitian adalah penyelidikan sistematis untuk menggambarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan fenomena yang diamati.

  • Kerlinger

Kerlinger menyatakan bahwa pengertian penelitian adalah aktifitas pencarian informasi yang dilakukan secara sistematis dan terkontrol berdasarkan hipotesis dan teori teori ilmiah.

  • McMillan dan Schumacher

Menurut McMillan dan Schumacher, definisi penelitian adalah proses pencarian data/ informasi yang dilakukan melalui proses analisis data secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Soerjono Soekanto

Beranggapan bahwa penelitian itu jadi suatu kegiatan ilmiah, dilakukan secara sistematis, konsisten dan metodologis untuk mengungkapkan suatu kebenaran. Nantinya kebenaran itu akan menjadi manifestasi keinginan manusia atas hal yang pernah dialaminya.

  • Menurut Soetrisno Hadi

Penelitian adalah sebuah usaha untuk menemukan segala sesuatu yang dapat mengisi kekosongan dan kekurangan. Dengan cara mengenal dan menggali lebih dalam objeknya, peneliti bisa menemukan kebenaran yang masih sempat diragukan.

  • Hadi Sutrisno

Berpendapat jika penelitian itu sebuah usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran dari suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah.

  • Parson

Menurut parson, penelitian adalah suatu pencarian terhadap objek yang dilakukan secara sistematis. Penelitian dilakukan untuk dapat menekankan pencarian pada suatu masalah yang sedang dihadapi.

  • Sukmadinata

Beliau menjelaskan bahwa penelitian masuk dalam proses pengumpulan, analisis dan juga pengolahan data yang dilakukan secara sistematis serta logis. Tujuan penelitiannya untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

  • Winarno Surachmand

Penelitian ialah suatu metode studi yang harus dilakukan secara hati-hati dan mendalam. Data itu berbentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah guna membuat pemecahan maslah sesuai penelitiannya.

  • Donald Ary

Menyebutkan bahwa penelitian itu suatu penerapan pendekatan ilmiah terhadap suatu pengkajian masalah agar mendapat sumber informasi yang berguna serta hasil untuk bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya.

Jenis Jenis Penelitian

jenis penelitian

Ada beberapa jenis metode penelitian yang bisa Anda gunakan nanti. Untuk mengetahui jenis penelitian yang ada, lihatlah poin-poin penjelasan di bawah ini yang mengulas macam macam jenis penelitian beserta contohnya.

  1. Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian ilmiah yang menekankan pada pengumpulan dan analisis data yang tidak dapat diukur secara numerik, menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen.

Tujuannya untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana orang memandang dunia dan bagaimana mereka mengalami fenomena yang diteliti. Penelitian kualitatif sering digunakan dalam bidang sosiologi, antropologi, dan ilmu sosial lainnya.

Contoh penelitian kualitatif misalnya Analisis pengaruh bimbingan konseling dalam sistem pendidikan.

  1. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian ilmiah yang menggunakan angka-angka dan statistik untuk mengukur fenomena yang sedang diteliti. Tujuannya untuk menemukan hubungan kausal antara variabel.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page