Pengertian dan Fungsi Potensiometer

4 min read

rangkaian potensiometer
Gambar Rangkaian Potensiometer

Potentiometer terhubung ke sirkuit melalui tiga terminalnya. Dua terminal yang dipasang tetap terhubung ke kedua ujung elemen resistif dan yang lainnya akan terhubung ke wiper.

Bisa anda lihat pada contoh gambar rangkaian potensiometer diatas yang menunjukkan suplai tegangan yang terhubung melintasi dua terminal tetap dan terminal tengah terhubung ke wiper.

 

Rangkaian potensiometer biasanya berbentuk parallel karena harus tersambung di bagian wiper. Anda dapat membuat percabangan terpisah tetapi tetap menyatu ke sumber listrik yang sama.

Fungsi bagian ini sebagai kontrol sehingga user dapat mengatur nilai hambatan. Selanjutnya, Anda membuat rangkaian seri yang tersambung dari satu kaki ke lainnya tanpa wiper. Yang menarik, alat ini tetap berfungsi sebagai resistor biasa jika bagian wiper tidak dipakai.

Contoh Menghitung Tegangan Menggunakan Potensiometer

potensiometer 10k

Perhatikan rangkaian potensiometer diatas. Cara mengukur tegangan menggunakan alat ini tergolong sederhana, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pertama tama kita harus menentukan rheostat untuk mengatur arus yang melalui resistor sehingga menyebabkan drop tegangan tertentu per satuan panjang resistor.
  2. Selanjutnya menghubungkan salah satu ujung cabang ke awal resistor dan ujung lainnya terhubung ke kontak geser resistor melalui galvanometer.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan menggeser kontak geser pada resistor sampai galvanometer menunjukkan defleksi nol.
  4. Ketika galvanometer mencapai kondisi nol, lihat posisi ujung kontak geser pada skala resistor dan disitulah kita dapat mengetahui nilai tegangan yang melintasi cabang rangkaian elektronika.

Kelebihan dan Kekurangan Potensiometer :

Demikian halnya komponen elektronika pada umumnya, sebuah perangkat elektronika tentunya memiliki sisi keunggulan dan kelemahan tersendiri, termasuk juga pada Potentiometer. Berikut daftar kelebihan dan kekurangannya yang perlu anda ketahui :

Kelebihan :

  1. Sensitivitas potentiometer berbanding lurus dengan panjang resistansi
  2. High Reliability
  3. Ukuran yang kecil dan praktis
  4. Disipasi daya yang rendah

Kekurangan:

  1. Suhu disekitar akan memberi pengaruh besar pada kinerja Potentiometer
  2. Tidak ada faktor eksternal yang memengaruhi input dan output rangkaian.
Info Elektronika Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Trafo Pengertian dan Fungsi Switch
Pengertian dan Fungsi Transistor Pengertian dan Fungsi Fiber Optik

Anda telah mengetahui berbagai hal terkait potentiometer. Jika ingin menggunakannya, kenali fungsi dan cara kerja. Selain itu, pilih tipe komponen yang sesuai agar memberikan hasil optimal saat dipasang pada rangkaian elektronika.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page